Google Adsense

Pesta Rakyat: Festival Kuliner Serpong antara kenikmatan lidah dan kesehatan


Festival Kuliner Serpong di Summarecon Mall Serpong, digelar 15 Agustus-12 September 2014. Mau memanjakan lidah? Jangan lewatkan acara ini. Lebih dari 60 stand siap mengawal jelajah kuliner anda. Mengangkat tema SULAWESI NYAMANNA...PE SADAP.  Namun bukan hanya makanan dari Sulawesi yang tersedia. Karena seluruh makanan daerah Indonesia tersedia di sini.

Wisata kuliner dalam sepuluh tahun terakhir telah menjadi daya tarik tersendiri. Bukan hanya bagi mereka yang menyukai makan enak tapi juga bagi banyak pihak yang berkepentingan dalam urusan masak-memasak. Bahkan Festival Kuliner Nusantara menjadi agenda rutin beberapa komunitas. Sebenarnya apa sih yang mejadi tujuan Festival Kuliner Nusantara? Secara umum jelas ada nilai ekonomis di sana. Menurut saya, selain nilai ekonomi, ada upaya melestarikan masakan/makanan/resep. Juga usaha memperkenanlkan makanan-makanan nusantara kepada generasi muda. Ini yang juga penting, memperkenalkan aneka kuliner nusantara plus kandungan gizinya. Pasti akan menjadi informasi menarik bagi para ibu atau orangtua dalam memberikan makanan pada anak. Selain makanan enak, melestarikan  kuliner nusantara dan kandungan gizinya jelas.

Mengingat aneka makanan nusantara yang lezat dan penuh lemak, kadang ada rasa bersalah di sudut hati. Sepulang menikmatinya, haruskah meminum beberapa suplemen pencegah darah tinggi ata pengendali kolesterol. Tapi ada yang bilang saat mengunjungi Festival Kuliner tidak boleh berpikir soal pengendali berat badan. lah itu pengendali berat badan bukan pengendali kolesterol. Kan nggak seru loh saat mau memilih makanan, terbayang dampaknya lalu urung makan. Ujung-ujungnya hanya mengenyangkan mata.

Keaneka ragaman masakan nusantara adalah sebuah kekayaan asli Indonesia. Beberapa waktu lalu saya dan sejumlah blogger mengunjungi Festival Kuliner Serpong. mengangkat tema "SULAWESI NYAMANNA...PE SADAP".

Dok: Tanti 

Kebetulan saya berasal dari Sulawesi Utara dan dua hari sebelum saya mengunjungi Festival Kuliner Serpong, Ibu dan beberapa adik-kakak saya sudah lebih dulu mengunjungi. Maklum kami warga Tangerang, jika ada keramaian di salah satu pusat perbelanjaan, keluarga kami selalu ambil bagian. Apalagi kali ini Festival Kuliner Serpong yang mengangkat kenaeka ragaman makanan dari Sulawesi.

Tingginya minat pengunjung ditandai dengan antrian hampir di semua stand. Dikejar waktu membuat saya mengalihkan pilihan dari makanan khas Sulawesi seperti Mie Cakalang dan Tude bakar ke Sate Padang Mak Syukur. Tapi tetap penasaran untuk mencoba. Keesokan harinya, hari minggu, saya sukses merayu suami yang bersedia mengantar saya dan kedua anak saya kembali ke SMS (Summarecon Mall Serpong)

Di tengah area, sebuah replika kapal phinisi berdiri megah. Sementara di pintu masuk area Festival Kuliner Serpong sudah berdiri beberapa tongkonan, rumah khas adat Toraja. Maka mulailah saya mendongeng pada kedua anak saya. Keunikan Kabupuaten Toraja lewat upacara kematian.  Sedangkan Kapal Phinisi adalah kapal yang membawa nama Indonesia dikenal sebagai negara pelaut. Kapal Phinisi dibuat di Bulukumba, salah satu kabupaten di Sulawesi selatan (Keberuntungan saya yang sudah mengunjungi lebih dari 200 kabupaten dan 30 propinsi di Indonesia) membuat saya bisa menginformasikan pada anak-anak. Ini sekaligus memotivasi untuk melebihi karir si mama.



Kami berempat berkeliling dan mencoba beberapa aneka jajanan dari daerah lain. Oh ya, sistem pembayaran menggunakan kartu yang nilainya bisa diisi sesuai keinginan. Dapat ditambah dan dapat dikembalikan. Artinya setelah selesai belanja jika masih ada dana, dana dalam kartu dapat di tukar kembali dengan uang tunai di tempat pengisian kartu. Cara ini sangat efisien untuk mmengetahui dengan pasti perputaran uang selama acara berlangsung Perputaran uang juga menjadi salah satu indikasi keberhasilan sebuah acara Festival Kuliner.

Dok foto

Festifal Kuliner Serpong, selain menjadi alternatif pilihan makan enak, sekaligus menjadi acara yang dapat mendekatkan hubungan antar anggota keluarga. Lewat acara Festifal Kuliner Serpong, saya dan keluarga dapat bersama-sama mengisi waktu  meningkatkan kebersamaan. Semoga akan semakin banyak acara Festifal Kuliner Serpong yang digelar ke depannya dengan aneka tema masakan daerah lainnya.


http://www.malserpong.com/culinary-writing-competition/how-to-join.php


6 comments:

  1. Jalan-jalan dan makan-makan terus ya mak ica..... Bikin pengen jadinya :)

    ReplyDelete
  2. Wuenaaaakk poooollll, mau dong mak, dikirimin maeman mak nyusnya ke surabaya hehehe... Good luck ya mak...

    ReplyDelete
  3. makan lagi yuuuuk kesana :)

    ReplyDelete
  4. Menikmati aneka masakan, mengasyikkan.

    Sukses ngontesnya ya, Mba. . .

    ReplyDelete
  5. Pengen banget nnih ke acara kuliner serpong mumpung lagi ada di Serpong :b

    ReplyDelete
  6. Bagi para pengusaha makanan yang membutuhkan Kemasan Makanan dapat menghubungi kami Greenpack. Salam.

    ReplyDelete