Mudah dan Cepat Buat Pasport di Imigrasi Tangerang


Akhirnya saya dan keluarga buat pasport. Paspor pertama saya tahun 2006, diurus kantor, saya cuma datang untuk foto, lain-lainnya sudah ada orang yang mengurus. Dikemudian hari atau tepatnya beberapa minggu lalu, saya "sadar" itu namanya lewat calo. Kerennya sih disebut "biro jasa". Tahun itu saya membayar sekitar Rp. 650.000. 

Buat yang sudah pernah punya pasport Dan lewat Masa berlakunya dibilangnya bukan perpanjangan tapi buat baru Juga. Cuma jalur mejanya berbeda dengan yang belum pernah buat paspor.

Ternyata Mudah dan Cepat Buat Pasport di Imigrasi Tangerang. Biayanya untuk 48 halaman cuma Rp. 355.000 yang bisa langsung dibayarkan di kantor BRI di atau Mobil pos yang parkir di parkiran. Pasport selesai  3 hari kerja setelah membayar biaya pasport.

Saya sekeluarga ber 4. Saya  bertiga, dengan dua anak (Bas dan Van) membuat pasport di Imigrasi Tangerang (Kota) sedangkan suami saya di Imigrasi BSD Tangerang. Jadi lumayan saya punya pengalaman mengurus pasport di dua imigrasi tersebut.

Sekarang segala sesuatu sudah jauh lebih mudah. untuk mengurus pasport di Tangerang, cuma harus mendapatkan nomor antrian yang bisa di dapat dengan mengirim permohonan antrian lewat no Whats Ap.  

 No WA Imigrasi Tangerang. 0811-8119-000
No WA Imigrasi BSD . 0812-2170-0044

Imigrasi Tangerang menerima pesan WA setiap hari Minggu Pk. 08.00 sd Selasa Pk. 24.00, untuk Layanan Senin sd Rabu.
Sedangkan pesan WA Hari Rabu pk. 08.00-24.00 untuk Layanan Kamis-Jumat 

Imigrasi BDS Tangerang menerima WA setiap hari Jumat Pk. 17.00 sd Minggu pk. 24.00 untuk layanan senin sd Jumat.

Maka yang harus dilakukan pemohon adalah mengirimkan pesan ke no WA Imigrasi yang dituju dengan format:




#Nama#tanggallahir#Waktuyangdipilih

contoh:
#Elisa Koraag#20111965#12092018


Nanti akan ada respon pesan WA dari Imigrasi berisi
No WA
Nama
Tgl lahir
Tgl Layanan
No kode persetujuan 

lihat gambar





Setelah anda mengirim kode persetujuan akan mendapat jawaban 
seperti gambar berikut



Berarti anda sudah mendapat no antrian. Nanti kode booking akan ditanya saat di imigrasi. Datanglah sesuai waktu antrian. Agar tidak terjadi penumpukan. layanan imigrasi sampai pk. 16.00. jadi seumpama tertinggal dokumen, dan bisa diambil, imigrasi masih memberi waktu untuk diselesaikan hari itu.

Anak bungsu saya umurnya baru 15 tahun., walau punya pasport sendiri tapi tetap harus ada surat pernyataan dari orangtua. Nah waktu itu karena saya pikir anak saya didampingi ayahnya, ya cukup fotokopi KTP ayahnya. Ternyata harus ada fotokopi Ayah dan Ibu. Saya yang saat itu sedang ada kerjaan di jakarta, "terbang" menyusul ke imgrasi Tangerang. Waktu itu dapat jadwal antrian pk. 08.00 pagi tapi kelengkapan dokumen ditunggu hingga pk. 15.00.

Saya datang sekitar pk. 13.00 membawa KTP saya, asli dan fotokopi. Duh gemes banget karena masih ada dokumen yang salah. Saya melampirkan dokumen surat nikah gereja yang diperlukan surat nikah catatan sipil. Untung ada si sulung di rumah. Dengan jasa pengiriman online (go send) Surat nikah catatan sipil bisa saya terima sebelum pk, 15.00. Satu hari pengurusan, pasport selesai. Waktu itu hari kamis, saya langsung bayar, dan pasport bisa diambil Selasa depan.


Banyak kawan-kawan yang sampai satu minggu nggak dapat-dapat no antrian. selalu penuh. Sebetulnya kuncinya ada pada waktu pengiriman pesan WA. Jika mengurus di Imigrasi Tangerang, maka pastikan pesan WA dikirim pas pk. 08.00. karena berdasarkan pengalaman, pk. 08.30 antrian hingga Rabu sudah penuh.

Sedangkan untuk Imigrasi BSD agak slow respon seperti Hp yang lemot jadi musti sabar. pesan WA bisa di kirim sepanjang hari Jumat mulai Pk. 17.00 hingga Sabtu pk. 17.00. walau layanan WA di terima hingga Minggu pk. 24.00, Biasanya Sabtu, antrian sudah penuh. 


Berikut Dokumen yang harus disiapkan.
sediakan satu map untuk dokumen asli. nanti akan dapat satu map dari imigrasi untuk dok yang harus dilampirkan.

Untuk yang sudah Menikah
- Form permohonan pasport (dari imigrasi)
- KTP asli dan fotokopi
- Surat nikah, asli dan fotokopi (Surat Nikah catatan sipil buat yang beragama  Keristen)
- Kartu keluarga, asli dan fotokopi
- pasport lama jika pernah punya

Untuk yang belum menikah:
 - Form permohonan pasport (dari imigrasi)
- KTP, asli dan fotokopi
- Kartu keluarga, asli dan fotokopi
- Ijazah/surat baptis (Untuk yang keristen)/akte kelahiran, asli dan fotokopi
- Pasport lama jika pernah punya

Untuk yang belum 17 tahun:
- Surat pernyataan orangtua (blanko dapat di imigrasi)
- Form permohonan pasport (dari imigrasi)
- Kartu keluarga, asli dan fotokopi
- Surat nikah orangtua (Catatan Sipil buat yang Keristen) asli dan fotokopi
- Akte kelahiran, asli dan fotokopi
- KTP Ayah dan Ibu, asli dan fotokopi
- pasport lama jika pernah punya

Saya senang ada reformasi dalam pengurusan dokumen di imigrasi. Memang Mudah dan Cepat Buat Pasport di Imigrasi Tangerang. Saya sudah membuktikannya.


18 comments:

  1. Iya sekarang jd serba lebih cepat dan mudah. Sy wkt itu dibantu teman dr tour dan travel jd lancar banget jg harga pun normal hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, reformasi semacam ini sangat membantu masyarakat

      Delete
  2. Iya sekarang bikin paspor lebih mudah, hanya pas mau ambil antrian online saja jadi agak susah nya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuncinya sabar Dan ikut prosedur

      Delete
  3. Sekarang mah serba enak dan simple ya.
    Apapun bisa dilakukan dengan mudah, diantaranya membuat pasport..

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Waah ternyata praktis dan simple ya Bunda untuk bikin pasport sekarang ini, saya kira rumit caranya, jadi pengen buat juga supaya bisa jalan-jalan ke luar negeri juga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo bust, jadi Kita bisa jalan2 ke LN

      Delete
  5. Pelayanan publik kini semakin menunjukan kemajuan positif ya, apalagi imigrasi yang memang selalu dipadati para pembuat pasport setiap harinya.. 2 tahun lalu saya perpanjang paspor di Imigrasi Jaksel, urus sendiri dan memang harus lebih pagi datangnya, jika agak siang sudah padat. Apresiasi untuk kemajuan imigrasi yang sudah go online, beneran memudahkan masyarakat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat membantu. Masyarakatnya dididik utk ikut prosedur

      Delete
  6. Wah, akhirnya ditulis juga, good info Bund.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar Makin bnyk yg tahu. Bust pasport di Tangerang itu, mudah

      Delete
  7. Internet bikin semua jadi praktis dan mudah, ya. Semoga di kota-kota lain juga gitu. Ngurus Pasport mudah dan tanpa pungli. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Kita sbg masyarakat Juga hrs ikut dng selalu ikut aturannya

      Delete
  8. Waah makasih infonya Buncha, pasport aku sudah habis masa berlakunya nh, jadi mesti buat baru lagi ya, apalagi sekarang udah pindah domisili

    ReplyDelete
  9. Waah.. Ada wa'nya juga ya bun. Jadi makin praktis banget.

    Kebetulan aku sama suami lagi ngerencanain liburan yg agak jauhan, dan langkah pertama yg harus diurus itu ya pasportnya. Makasih banyak buncha infonya..

    ReplyDelete
  10. Wah makasih buncha, kebetulan minggu depan aku mau bikin pasport juga nih, sekarsng jadi lebih mudah ya prosesnya

    ReplyDelete