5 Barang Wajib Bawa Saat naik Bus ke Luar Kota



Hai, nggak terasa sudah masuk bulan Desember, berarti akan segera berganti tahun. Sudah mulai menyusun resolusi? atau sudah mengevaluasi resolusi tahun 2018? Jujur saya nggak menyusun resolusi apa-apa. Saya melakoni hidup, seperti air yang mengalir, ya berjalan begitu saja. Idih nggak punya target? Bukan nggak punya target, saya sudah tidak menarget apa-apa. Buat saya sekarang, hidup ini hanya mengisi waktu sampai waktu akhir tiba.

Ih kok pesimis banget? Nggak juga. Justru saya bisa berkonsenterasi melakukan apapun dengan tujuan yang sama, mensyukuri hidup. jadi apapun yang saya kerjakan adalah bagian dari bersyukur. Nah tahun 2019, rencananya mau eksplore Sumatera. Sebetulnya itu resolusi beberapa tahun lalu. Tahun 2017, sudah ke Lampung. Sayangnya, beberapa kegiatan terkonsenterasi masih di Jawa, Jadi ke Sumateranya tertunda dulu.

Nah 2019, niat ke Sumatera dihidupkan kembali. Terdekat Februari mau ke Palembang. Soalnya mau coba jalan tol dari Lampung ke Palembang dan mau coba MRT. Kalau bilang mau eksplore Sumatera, saya ingin ke Sumatera Utara dan Pulau Sabang di Aceh.

Tahukan kalau Kemenpar tengah menghidupkan Destinasi 10 Bali baru, salah satunya Danau Toba. Ini danau sisa letusan gunung yang indah luar biasa. Tapi karena sarana dan prasarana  belum baik, jadi agak sulit mengunjungi Danau toba. Sejak ada program Destinasi 10 Bali baru, kini danau Toba sudah berubah. Selain sarana dan prasarana di sekitar Danau toba sudah diperbaiki, termasuk penginapan, tempat wisata, tempat makan, sarana jalan dan angkutanpun di perbaiki. Bahkan sudah ada lapangan terbang.

Naik pesawat memang enak, cuma kalau buat saya yang punya waktu agak banyak dan senang menikmati perjalanan, pesawat tidak jadi pilihan. Saya memilih naik bus. Kok Bus? hei, kalian belum tahu ada Bus Sempati Star yang harganya terjangkau tapi fasilitasnya premium.



Nggak ribet pesan tiketnya? Nggak kan ada Traveloka. Tiket Bus Sempati Star ini, bisa dipesan lewat aplikasi Traveloka. Sama saja seperti kalau kita pesan tiket pesawat atau tiket kereta api.Tahukan kalau Traveloka memberikan layanan all in. Mulai dari transportasi sampai penginapan?

Sempati Star berada dalam naungan sepakat Maju Group yang sudah ada sejak tahun 2012. Fokusnya pada segmen AKAP-Antar Kota Antar Propinsi. Bermarkas di Kota Medan, menyediakan berbagai kelas layanan. Mulai dari first class, patas executive, super executive, patas VIP, Super VIP dan non stop. untuk layanannya yang ok Bus Sempati Star mendapat prediskat BUS AKAP bintang Empat dari Dirjen Hubdar Kemenhub tahun 2016. 



Fasilitas Bus  sempati Star dengan layanan first class:
Desain kabin premium dan memiliki formasi kursi 2 - 1, lengkap dengan kursi yang dapat disandarkan (reclining seat), sandaran kaki, dan sandaran tangan. Perjalanan penumpang first class juga semakin nyaman dengan tersedianya fasilitas selimut, dua buah bantal, mini bar, bagasi kabin, TV LCD personal, dan toilet.

Fasilitas Bus sempati star kelas super VIP

memiliki konfigurasi kursi 2 - 2 dengan kursi yang dapat disandarkan (reclining seat), sandaran kaki, dan sandaran tangan. Fasilitasnya juga cukup lengkap, meliputi toilet, bagasi kabin, bantal, selimut, dan TV LCD personal.

Namun jangan khawatir, selain dua kelas di atas, Bus sempati Star tetap memberikan layanan yang ok, dengan jaminan tiba lebih cepat dengan selamat. Makanya nggak ada lagi yang ribet. Semua bisa dipesan dari genggaman tangan di manapun kita berada selama, ada jaringan internet dan smartphone. Apapun bisa dikendalikan, kan kita sudah ada di zaman digitalisasi. Jadi nggak ada lagi yang susah.

Maka ini 5 Barang Wajib Bawa Saat naik Bus ke Luar Kota.

1. Smartphone, Powerbank, kabel data, headphone/airphone.
rasanya ini nggak perlu dituliskan sudah pasti diingat. Wajib dipastikan terbawa dan baterai dalam keadaan full.

2.Air minum
Pastikan selalu ada air minum karena bus tidak berhenti disembarang tempat. Jika bus berhenti, pastikan persediaan air minum selalu terisi. Saat duduk cukup lama, maka kita perlu air putih agar kerja ginjal tidak terganggu.

3. Cemilan
Percaya deh, bete banget kalau melakukan perjalanan nggak punya cemilan. Jadi pastika makanan ringan ini selalu ada. walau cuma keripik/chips dan permen.

4. Buku bacaan/buku sketch
Walau ada kawan seperjalanan kadang ada saatnya saya diam. Jika tidak tidur maka saya mengisinya dengan membaca. walau ada smartphone tapi membaca buku tetap saya perlukan untuk menambah gizi otak. kalau yang suka gambar, boleh juga bawa buku sketch.

5. Camera.
Fungsinya ada ditelepon genggam tapi kalau anda penyuka foto, benda ini wajib di bawa. Karena hasilnya tetap jauh lebih "bercerita" ketimbang hasil dari telepon genggam. Karena opsional, ya boleh bawa, boleh nggak. kalau perjalananannya nggak beresiko, artinya nambah beban satu camera tidak merepotkan, baiknya dibawa. tapi seandainya terasa berat, ya nggak perlu.

Ke 5 benda tersebut bakal jadi teman perjalanan yang seru saat naik bus. Kita bisa mengabadikan sepanjang jalanan atau perhentian yang dilalui. Ada baiknya mengambil gambar sebanyak-banyaknya, karena gambar-gambar ini bisa membantu mengingatkan kita pada titik-titik perjalanan yang kadang terlupakan.


10 comments:

  1. Setuju banget dengan 5 hal yang perlu dibawa saat berada dalam bus.. penting banget mengabadikan moment sepanjang perjalanan, bisa jadi memori atau kenangan indah dikemudian hari.. dan tambahan lagi buncha, obat-obatan pribadi, jadi kalo kurang fit bisa langsung minum obat, supaya perjalanan semakin menyenangkan

    ReplyDelete
  2. 5 hal ini kudu wajib dan harus deh zaman now hahaha. Aman nyaman dalam perjalanan yang lumayan tanpa melewatka moment yang banyak berkesan ini.

    ReplyDelete
  3. Lima hal yang memang penting banget dibawa kalau ingin berpergian. Apalagi kalau Antar Kota Antar Provinsi. Aku pun ingin eksplore Sumatera dan Kalimantan.

    ReplyDelete
  4. Wah asyik mau eksplor sumatera nih..setuju kelima barang iru memang sptnya memang stndar yg hrs dibawa ya hehe..

    ReplyDelete
  5. Mau pergi luar kota saya juga bawa 5 barang di list ini bun😀 biar ngga bosan di perjalanan ^^ memang kadang tas jadi berat tapi daripada bengong di jalan hehe

    ReplyDelete
  6. Wah barang-barang ini selalu aku bawa bun setiap keluar kota, secara aku anak rantauan yg hampir sebulan sekali pulang dr jkt ke Ciamis. lumyan 8jam dan skrg krena bnyak proyek jalan malah nambah sekitar 10-11 jam .
    Klo ke medan harus bgt nih cobain bus sempati star, agar perjalanannya lbh nyaman

    ReplyDelete
  7. 5 benda yang Buncha sebutkan juga selalu ada di tas saya selama perjalanan. Terutam kamera, karena momen selama traveling itu jarang bisa ditemukan pada hari-hari biasa. Happy traveling to Sumatera ya, Buncha. Semoga lancar perjalanannya.

    ReplyDelete
  8. Iyess power bank wajib banget ya mba.. meski di beberapa bus tersedia colokan tapi kan ga asyik ga bisa buka hape sambil ngecharge..

    ReplyDelete
  9. Saya suka pusing kalo baca2 pas di dalam kendaraan yang sedang berjalan. Jadi nomer 4 tdk utk saya bunda.

    ReplyDelete
  10. betul sekali Buncha. 5 barang tersebut bisa dibawa untuk menemani perjalanan. Semoga liburan awal tahunnya menyenangkan yaa*

    ~ selamat berlibur ~

    ReplyDelete