Curhatku

Pentingnya Vitamin Ibu hamil agar Ibu dan bayi sehat.

 


Pentingnya Vitamin Ibu hamil agar Ibu dan bayi sehat. Ini erat kaitannya dengan 1000 hari pertama bayi. Karena 1000 hari dihitung sejak bayi dalam kandungan. Maka kecukupan makan  bergizi selama ibu hamil, menjadi penentu, kelahiran bayi yang sehat. Ini juga sejalan dengan program pemerintah dalam penurunan angka stunting. Stunting adalah gagalnya tumbuh kembang anak yang disebabkan kekurangan gizi. Kekurangan gizi selain dapat menyebabkan anak gagal tumbuh, bisa juga menjadi penyebab kematian baik pada bayi maupun ibu hamil. 

Sebenarnya apa sih dibutuhkan ibu hamil? Sama seperti semua manusia, Ibu hamil memerlukan perhatian untuk jiwa & raga. Untuk memenuhi jiwanya,  kebutuhan perhatian dan kasih sayang dari orang-orang terdekat terutama pasangan. Perhatian ini penting karena pada Ibu hamil sedang terjadi perubahan metabolisme, dimana ada janin yang tumbuh  di sana. Pertumbuhan janin mempengaruhi ibu secara hormonal yang bisa berdampak juga pada emosi Ibu hamil. Perhatian dan kasih sayang akan menenangkan dan membuat Ibu hamil merasa nyaman. Jika ibu hamil merasa nyaman, hatinya senang akan beri pengaruh baik bagi bayi yang dikandungnya.

Bagaimana dengan kebutuhan fisiknya?

Berikut ini empat kebutuhan vitamin yang paling penting dan harus dipenuhi ibu selama kehamilan:

  1. Asam Folat. Ibu hamil memerlukan asam folat yang cukup untuk mencegah cacat pada sistem saraf bayi (neural tube defect – NTD). ...
  2. Vitamin D. ...
  3. Kalsium. ...
  4. Zat Besi.


Ke empat vitamin dan mineral bisa dipenuhi dari makanan. Seperti telur, susu,  ikan, ayam dan daging. Vitamin D selain dari sinar matahari, ada juga dalam protein telur, susu, ikan, ayam dan daging. Sebenarnya sinatr matahari bisa memberi vitamin E tapi dengan cuaca yang nggak menetu, maka baiknya vitmin D dipenuhi dari sayurr, buah dan sabahan makanan yag mengandung protein. Bai dari protein hewani maupun dari kacang-kacangan, seperti kedelai. Bisa juga di dapat dari buah kiwi, jeruk, sayur brokoli, bayam atau jamur..

Selain bisa dikonsumsi dari sayur, buah dan protein, ada baiknya Ibu hamil mengkonsumsi Vitamin Ibu Hamil. karena sedikit sekali yang mengerti, apakah jumlah vitamin dan mineral yang dikonsumsi sehari-hari jumlahnya sesuai yang dibutuhkan? Pemenuhan kebutuhan vitamin Ibu Hamil adalah investasi jangka panjang untuk anak tumbuh sehat dan cerdas.










No comments:

Post a Comment