Berbagi Kasih dengan Panti Piatu Amal Wanita


Panti Asuhan mempunyai peran penting dalam peningkatan SDM. Itu keseimpulan yang saya tarik usai Kang MT-Matahari Timoer berbagi pengalaman di Panti Piatu Amal Wanita. Minggu lalu bersama Komunitas ISB- Indonesia Social Blogpreneur. yang digagas Blogger Senior Ani Berta. Kang MT, mengatakan bahwa bersyukur banget anak-anak bisa masuk Panti, sehingga ada keluarga pengganti. Sedangkan Kang MT, menghabiskan masa remaja di jalanan. Bertarung adalah cara untuk tetap hidup. Panti memberi kesempatan anak-anak hidup lebih baik.


Bersyukur adalah cara menghargai kehidupan yang kini saya jalani. Terlahir dalam keluarga besar yang tidak berlebihan, saya tahu betul rasanya harus menggunakan barang bersama-sama. berbeda dengan anak-anak di Panti yang punyai pengalaman tidak menyenangkan. Bukan saja dalam hal materi tapi juga perhatian dan kasih sayang keluarga. Dulu, kalau salah satu dari kami dimarahi orangtua. baik kakak atau adik akan saling menghibur. Nah anak-anak panti walau tidak sedarah tapi melakukan hal yang sama. Jika ada yang bersedih karena satu dan lain hal. mereka saling menghibur.

Anak-anak di panti, tergiring boleh nasib dan takdir bergabung di Panti. Tak ada anak yang minta dilahirkan tapi sungguh menjadi peristiwa tragis ketika kedua orangtua menolak. Begitulah pengalaman sebagian anak-anak panti yang awalnya atas nama kemiskinan di kirim ke panti tapi dikemudian hari, orangtuanya malah lepas tangan.



Tak ada luka kepedihan yang melebihi pedihnya ditolak orangtua sendiri. namun hal itu tak membuat anak-anak di panti berhenti mendoakan kedua orangtuanya. Sungguh anak-anak yang Soleh dan Soleha. Panti Amal Wanita ini berdiri sejak tahun 1964. dengan kemampuan mengasuh 35 anak. Puluhan anak-anak silih berganti datang dan pergi. Ada kakak yang keluar dan kembali mengirim adiknya. sebagian bekerja di LN dsan dari mereka alumnus Panti, tetap menjaga silaturahmi dengan tetap datang dan menjenguk adik-adiknya, berbagi kisah kehidupan mereka semasa di panti dan pengalaman kini saat mereka bekerja. Kisah alumni panti menginspirasi adik-adik untuk tetap semangat berjuang dalam menjalani kehidupan.





Komunitas ISB, hanya sebagian kecil dari masyarakat yang ada. Membawa sedikit berkat untuk membantu biaya sekolah adik-adik. Rp. 6,7 jt dalam bentuk cash money diberikan ke Panti. Kedatangan Komunitas ISB bersama salah satu finalis Indonesia Idol 2014, Windhy Gemari. Ini kali kedua Windhy datang berbagi kasih dengan anak-anak Panti. Selain sedikit uang, jajanan berbuka, Windhy juga membagi kisah hidupnya yang diawali juga dengan kisah prihatin, Kesabaran, doa dan kerja keras menghantarkan Windhy pada posisi sekarang. Lelah, kesabaran dan doa-doanya menghasilkan kehidupan dan materi yang mencukupi. Semoga kami yang diberikan berkat lebih banyak bisa terus menggarap ladang-ladang amal di depan mata.

Mudik Lancar Guyub Rukun


Mudik adalah salah satu kegiatan tahunan yang melibatkan semua komponen bangsa. Saya pernah membaca, kegiatan mudik sebuah kegiatan ritual yang terkait banyak aspek emosi dan sosial. Mudik biasanya terjadi jelang hari raya Idul Fitri. 7 hari sebelum dan sesudah idul Fitri menjadi kegiatan yang menghebohkan seluruh bangsa Indonesia.

Menurut cerita kawan-kawan, mudik itu bukan sekedar agar bisa berkumpul dengan sanak keluarga dan orangtua. Tapi menikmati keseruan mulai dari hunting tiket bus,kapal laut, kereta hingga pesawat, sampai menjalani perjalanan mudiknya. Termasuk persiapan oleh-oleh untuk di kampung.

Saya berkesempatan bertemu dengan Mentri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan jajarannya. Di acara Ngobrol dan Bukber bersama Menhub, seputar persiapan mudik. Sama seperti beberapa tahun terakahir pemerintah lewat kementrian perhubungan memfasilitasi MUDIK GRATIS dengan Moda transportasi Kapal Laut, Bis dan Kereta Api. Pemerintah baik banget ya? Tujuan mudik gratis ini, sebagai upaya pemerintah memfasilitasi kebutuhan masyarakat dan meminimalkan kecelakaan. 

Acara dibuka oleh Sekjen Kemenhub Djoko sasono yang mengatakan Acara Bukber dan Ngborol kemenhub dengan Influencer diperlukan karena Influencer baik blogger/netizen maupun Vloger mempunya akses untuk menginformasikan ke masyarakat. Dengan bantuan Influencer, kemenhub berharap informasi seputar mudik maupun sarana jalan dan transportasi bisa didistribusikan dengan baik.

Dilanjutkan dengan tausiah dari ustad yang juga vloger dan gaul. Tausia berisi bagaimana kita menjaga puasa dan disampaikan dengan gaya yang menyenangkan. alhasil nggak berasa tau-tau tiba saat berbuka. maka kamipun menyerbu takjil dan makanan yang sudah disiapkan. Sampai akhirnya, acara dilanjutkan dengan Ngobrol barenga Pak menhub Budi karya Sumadi.

Pemerintah memfasilitasi mudik bukan cuma penumpang tapi juga untuk motor. masyarakat pasti belum lupa, tingginya kecelakaan pemudik yang menggunakan motor. Maka memfasilitasi pengiriman motor ke tujuan mudik untuk mengurangi kecelakaan.  Pokoknya masyarakat, silahkan naik Kapal laut. Bis atau Kereta Api dan di sana motornya juga akan tiba. Jadi untuk menghemat di kampung tetap bisa  menggunakan motor. Baik banget sih pemerintah.

Itu karena Pemerintah ingin masyarakat menikmati mudik yang lebih baik. Menurut Menhub Budi karya Sumadi: "Tahun ke tahun, pemerintah terus melakukan evaluasi dan koordinasi untuk memfasilitasi masyarakat agar dapat  mudik nyaman dan lancar. Apalagi tahun ini Seluruh Jawa sudah tersambung dengan jalan tol. Dengan adanya jalan tol, jalanannya enak karena mulus dan lurus dan itu berdampak dengan waktu tempuh jadi lebih singkat. Waktu tempuh yang singkat akan meminimalkan kelelahan sehingga resiko kecelakaan karena faktor manusia juga bisa dikurangi".

Pada kesempatan ngobrol dan bukber, Menhub Budi karya S, juga berbincang-bincang dengan Kapten Pilot Pesawat Udara, Kapten Kapal laut, dan Masinis. Umumnya berbicara kesiapan angkutan jelang mudik. Sayang saya orang jakarta, jadi nggak mudik tapi saya bertekad suatu hari akan mencoba tol seluruh Jawa. Nggak mudik gak apa-apa. Masih ada kesempatan lain. Mudik nyaman, bikin masyarakat juga bisa menikmati mudik sebagai kegiatan berwisata. Bisa foto-foto maupun mencoba berbagai kuliner, pasti asyik dan seru. 



Oh ya pemerintah juga memfasilitasi mudik buat saudara-saudara kita penyandang disabilitas, baik ke Lampung maupun ke Jawa. memang masih terbatas karena transportasi yang digunakan ramah anak dan disabilitas. termasuk toilet di rest area di sepanjang jalan tol. Menhub Budi Karya Sumadi juga menjelaskan bahwa Kemenhub juga sudah memperkerjakan penyandang disabilitas. 

BKS, biasanya begitu penyebutan nama menhub dikalangan kawan-kawan blogger. memang mentri yang keren dan gaul. Beliau aktif di Sosmed, suka bernyanyi tergabung di Elek yo band yang anggota para mentri kabinet Jokowi dan hobi ngevlog. silakan subcribe youtube chanel, beliau untuk melihat aktiftasnya.




Oh Ya Pak BKS juga merekomendasikan kawan-kawan yang mau mudik ke Sumatera, wajib coba Tol Terbangi-Kayu Agung. Dulu Lampung-Palembang ditempuh jalan darat 15 jam, lewat tol cuma 7 jam. Wajib dicoba karena masih fungsional dan gratis.

Oh  iya, sebelum mudik persipakan segala sesuatu dengan teliti. Persiapan kondisi fisik dan mental tetap sehat. Kalau membawa kendaraan roda empat, pastikan kondisinya ok, Cek kebengkel agar tidak terjadi kerusakan yang bisa mengganggu perjalanan mudik. jangan lupa berbagi keseruan mudik kalian di sosmed ya. selamat mudik

Aku Memandikan Ibuku

Ini kali pertama aku memandikan Mama. Perempuan yang sudah melahirkan aku dan 10 saudara perempuanku yang lain. Ya, kami bersaudara, kakak-adik perempuan semua. Mama melahirkan 10 kali, anak ke 10 kembar 2. Jadi kami ber 11.

Siapa diantara kalian yang pernah memandikan orangtua dalam keadaan sehat. Satu minggu terakhir ini, aku menginap di rumah Mama, karena kakak sulungku yang tinggal dan merawat Mama, sedang kurang sehat. Maka aku menawarkan diri untuk tinggal sementara di rumah Mama.

Seumur hidupku, baru kali ini, aku memandikan Mama. Awalnya, saat mempersiapkan air hangat untuk mandi, menyiapkan baju dan pakaian dalam, perasaanku, biasa-biasa saja. Ketika aku membuka semua baju Mama dan melihat tubuh tua di depan mata, perasaan ini campur aduk. inikah tubuh perempuan yang sudah melahirkan aku dan ke 10 saudara-saudaraku? Keriput di seluruh tubuh, buah dadanya sudah turun dan layu. 90 tahun usianya bulan Sept 2019.

Buah dada yang menjadi sumber kehidupan aku dan  saudara-saudaraku. Kami ber 9 semua mendapat ASI selama 18 bulan, Lalu Mama memberikan kami nasi lunak. Itu cerita Mama. Kecuali kembar bungsu. Mama melahirkan diusia yang sudah tua (42 th) Maka si kembar mendapat susu formula. Karena ketika kembar pulang, Mama masih harus tinggal untuk recovery.

Mama sangat senang jalan-jalan, maka kalau lihat lini masaku, banyak foto mama saat jalan-jalan karena itu kesenangannya. Dan kami  bersyukur masih diberi kesempatan menyenangkan Mama.



Mama masih bisa berdiri dan menyiram tubuhnya sendiri dengan gayung. Cipratan air membaurkan airmata di wajahku. Memberikan shampoo di kepala yang rambutnya menipis dan sudah berganti menjadi warna putih, aku mengusap perlahan, seiring nafas yang mendadak sesak. Menyabuni tubuh renta di hadapanku, sungguh mengacau balaukan perasaanku. Antara takljub, sedih, bingung dan bersyukur. Tuhan masih memberikan aku kesempatan dan mengalami, memandikan Mama, saat tubuh Mama masih hangat dan hidup. Banyak kawan-kawanku yang punya kesempatan memandikan orangtua tapi disaat tubuhnya sudah dingin alias sudah meninggal.

Aku jadi teringat satu adegan dalam Film Ambu yang di mainkan Widyawati, Laudia Cyntia Bella dan satu pemain muda dalam peran Nenek, Anak dan cucu. Tiga orang mewakili 3 generasi dengan konflik horizontal, yang memaksa aku ikut berpikir seandainya aku, dalam salah satu peran. Nenek yang kecewa karena anak semata wayangnya menikah dan pergi meninggalkannya. Lalu si anak gagal dalam berumah tangga, pulang dengan membawa anak. Bukan cuma anak tapi juga penyakit kanker payudara.

Nenek yang masih marah karena ditinggal tapi punya rasa rindu yang dalam. Anak yang ingin mengadu dan kembali ke pelukan ibu, namun membawa masalah penyakt dan beban ingin menitipkan anak karena tahu usianya terbatas. Sementara anak alias cucu yahg marah, melihat nenek sulit memaafkan Ibunya (Anak si nenek) masalah demi masalah berakhir dengan kepasrahan untuk saling memaafkan.

Satu bagian ketika si cucu ingin memandikan Ibunya. ketika membuka baju ibu, si anak terkejut melihat payudara yang sudah termakan kanker. Si anak menjerit panik "Ibu, bagaimana memandikannya?: tiba-tiba muncu Si nenek dan berkata "Biar Ambu yang memadikan". Ambu mengambil alih dan mulai menyiram serta mengusap sambun dari lengan.

Pada adegan ini, aku rasakan langsung saat menyambuni tubuh Mama. Tangisku pecah dalam diam. Usai meyambuni dan menyiram air untuk menghapus sabun, tidak menghentikan airmataku. Kuambil handuk dan mulai mengeringi rambut dan tubuh Mama. mengusap lengan, tubuh, dada, bokong hingga kaki, menjadi pekerjaan terlama dan terpanjang karena aku tidak ingin berhenti.


Aku menikmati keintiman ini dengan rasa syukur dan bahagia. Terima kasih Tuhan , untuk kesempatannya. Usai tubuh Mama kering, aku memakaikan celana dalam, baju atasan dan bawahan lalu menyisiri rambutnya. Berulang-ulang aku menciumnya seraya berseru. Terima Kasih Tuhan untuk, perempuan yang Kau pilih menjadi Ibuku.



Maltofer, Suplemen Zat Besi Rasa Coklat Swiss dari Combiphar

 Maltofer, Suplemen zat besi rasa coklat Swiss dikenalkan Combiphar lewat serangkaian seminar, dua diantaranya di Jakarta tanggal 2 dan  3 Mei 2019. Saya berkesempatan hadir, Jumat 3 Mei 2019 Di Graha Pengayoman, Jakarta. Di selenggarakan oleh  
Dharma Wanita Persatuan dan PERNAKES 
Kementrian Hukum dan Ham RI
Bekerjasama dengan
maltofer
Woman Community

Peran Penting Zat Besi
Dalam 1000 Hari  Kehidupan Pertama
(Golden Age)




Menghadirkan nara Sumber: dr.Herbowo A.F Soetomenggolo, Sp.A (K).



Acara di mulai dengan berbagai sambutan dari
Ketua Dharma Wanita Kementrian Hukum dan HAM RI, Ibu Wiwik Bambang Rantam
Ketua Pernakes, Drg. Diana Ekadesy
Perwakilan kementrian Kesehatan RI: Punto Dewo, SKM, M.Kes
Perwakilan Combhipar: Ibu Ni Ketut Sukartiwi
Dilanjutkan dengan pemberian cinderamata.



Bicara tentang pentingnya  1000 hari kehidupan pertama, bukanlah informasi baru buat saya. Tapi bicara Peran Penting Zat Besi
Dalam 1000 Hari  Kehidupan Pertama, banyak informasi baru yang mencerahkan sekaligus mengagetkan.

Selama ini jika bicara kekuarangan zat besi maka identik dengan anemia. mendengar anemiapun belum semua masyarakat paham, kalau anemia itu berarti kurang darah, ditandai dengan HB kurang dari 12. Karena masih ada yang memahami  anemia sebagai darah rendah. Padahal kurang darah dan darah rendah ada pada situasi dan kondisi yang sangat berbeda.




Jika darah rendah bisa diketahui dengan pengukuran tensi. Sedangkan anemia atau kurang darah harus di cek /di tes darahnya. Anemia sendiri terbagi dua. Anemia karena kekurangan zat besi dan anemia karena kekurangan vitamin. 

"Anemia adalah suatu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Dengan kondisi tersebut, penderita biasanya akan merasa letih dan lelah, sehingga tidak dapat melakukan aktivitas secara optimal.
Anemia dapat terjadi dalam jangka waktu pendek maupun panjang, dengan tingkat keparahan ringan sampai berat. Pengobatan kondisi ini bervariasi tergantung pada penyebabnya. Anemia dapat diobati dengan mengonsumsi suplemen secara rutin atau prosedur pengobatan khusus." (Sumber)

Nah saat seminar, Combiphar menyediakan fasilitas cek darah untuk mengetahui anemia atau tidak. Jika kedapatan  HB  di bawah 12 berarti anemia karena yang tidak anemia atau sehat HB berada pada rentang 12-14. Apa sih yang harus dilakukan kalau anemia? ya, harus diatasi, selain memperbaiki gaya hidup dan pola makan,  bisa juga dengan menambah suplemen zat besi seperti maltofer.



Siapa sih yang harus mendapat tambahan suplemen zat besi? Secara keseluruhan, rata-rata masyarakat indonesia kekurangan zat besi karena pola makan yang kurang baik, jika tidak mau dikatakan sebagai pola makan yang salah. Ternyata kebiasaan minum teh, sebuah kebiasaan yang kurang baik. Karena teh menjadi salah satu penghambat serapan zat besi dalam tubuh. Selain teh, susu yang bukan susu formula juga terindikasi menjadi penghambat serapan zat besi. Nah, bagaimana saya nggak terkaget-kaget? selama ini saya mempunyai pemahaman, susu sudah pasti bagus.

Karena anak-anak saya sudah remaja, saya memberikan mereka susu UHT, kadang-kadang suus murni. Ternyata salah. Menurut dokter Herbowo, jauh lebih baik memberi anak-anak nmakanan dengan porsi cukup sesuai usia dengan kandungan gizi lengkap (Mikro dan makro nutrien)

Tapi iya juga sih, kalau anak pola makannya bagus, cukup kelengkapan makro dan mikro nutriennya, nggak perlu ditambah susu. Nah jadi pekerjaan rumah bagi saya dan semua orantua, apakah sudah memberikan asupan makanan yang cukup dan memenuhi makro dan mikro nutrien? 

Nutrisi Makro adalah nutrisi yang menyediakan kalori atau energi bagi tubuh kita. Nutrisi adalah unsur yang dibutuhkan untuk pertumbuhan badan, metabolisme tubuh dan juga fungsi tubuh. Makro nutrisi dibutuhkan dalam jumlah banyak oleh tubuh kita, dan kita dapat mencukupi semuanya dari makanan. Yang tergolong nutrisi makro adalah karbohidrat, protein, dan lemak.

Nutrisi mikro adalah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh manusia dalam jumlah yang kecil untuk membantu tubuh dalam mencukupi kebutuhan hariannya. Dalam sehari setiap orang membutuhkan sekitar 100 miligram nutrisi mikro. Yang termasuk dalam nutrisi ini adalah zat besi, magnesium, garam, vitamin, dan masih banyak lagi. (Sumber:)

Kekurangan Nutrisi mikro jangka panjang sangat membahayakan tumbuh kembang termasuk pertumbuhan otak/kecerdasan anak. Saya yakin, setiap orangtua menginginkan anak-anak tumbuh sehat dan cerdas. Dan sebagai orangtua, memang wajib memberikan ak dasar anak selain tempat tinggal dan pakaian, juga makan, kesehatan dan pendidikan. Maka memberikan makanan bergizi lengkap adalah hak anak untuk mendapatkannya.

Bukan cuma kekurangan nurtisi mikro saja yang berbahaya, kekuarangan nutrisi makropun berbahaya. Persoalan kekuarannya nutrisi makro bisa teridentifikasi dengan mata telanjang. salah satunya pertumbuhan fisik yang kurang. Baik kurang tinggi maupun kurang berat badannya. Sedangkan kekurangan nutrisi mikro agak susah teridentifikasi dengan mata telanjang. 

Kekurangan nutrisi mikro lebih terlihat pada gejala, seperti 
- Conjungtiva pucat, 
- Mudah lelah, 
- Mudah marah, 
- Ujung jari jika di tekan terlihat pucat, 
- Sakit kepala,
-  kurang nafsu makan, 
- Pica. 
dari ke 7 gejala di atas, saya baru tahu PICA, yaitu suka ngemil seuatu yang nggak umum. Seperti gigit-gigit ujung kuku, ngunyah es batu bahkan remahan dinding. Nah ngemil remahan dinding bukan remahan rengginang saya kaget banget. Salah satu adik saya, sewaktu balita suka banget bolongin dinding dan remahan pasirnya di makan. Ternyata itu salah satu ciri kurang zat besi.


Zat besi ini dibutuhkan sejak masih janin hingga dewasa. Mulai dari pertumbuhan janin juga untuk pertumbuhan otaknya. Pada anak-anak, baik balita, pra sekolah, usia sekolah hingga remaja, zat besi penting untuk pertumbuhan fisik, otak dan emosional. Pada remaja putri yang sudah mengalami menstruasi, zat besi sangat dibutuhkan untuk menjaga sirkulasi darah dan kebutuhan HB buakn cuma untuk masa sekarang tapi juga untuk persiapan saat menikah, hamil dan melahirkan.

Sebagai orangtua, saya tidak memperhatikan gangguan emosional pada anak bisa jadi karena kekurangan zat besi. saya pikir, hal biasa pada anak remaja kalau bad mood alias ogah-ogahan. Ternyata bukan hal biasa, karena jika dibiarkan akan menjadi gangguan emosioal yang bisa berdampak buruk saat anak bersosialisasi.

Jadi zat besi itu 
mempunyai peranan penting 
sebagai transportasi oksigen ke seluruh tubuh 
untuk menghasilkan energi.

Makanan sumber zat besi terbagi dua. 
Pada hewan: daging sapi, ayam, hewan laut, telur.
Pada tumbuhan: bayam, kacang-kacangan, tomat juga kentang

Makanan Sumber Zat Besi
Sumber:


Namun sumber zat besi dari tumbuhan seringkali penyerapannya terhambat terutama pada orang-orang yang sering mengkonsumsi teh. Untuk mempercepat penyerapan zat besi dibutuhkan vitamin C. karena itu buah-buahan mutlak diperlukan dalam porsi makan.

Karena kebanyakan masyarakat Indonesia kekurangan zat besi, maka perlu penambahan suplemen/vitamin zat besi. Saat saya mengikuti Kunjungan Kerja Mentri Kesehatan RI, ibu Nila Moeloek, Tahun 2018 ke Gorontalo, salah satu program kerjanya adalah melihat proram yang sudah berjalan di salah satu SMAN Gorontalo, yaitu pemberian vitamin zat besi kepada murid-murid perempuan. Ini merupakan program awan tahun belajar yang sudah dilakukan bertahun-tahun. Para murid perempuanpun sudah paham, mengapa mereka perlu mendapat tambahan suplemen/vitamin zat besi ini.

Waktu saya hamil, selain kalk saya juga mendapat tambahan vitamin zat besi. Jujur nih, vitamin ini bikin mual. Cuma demi kehamilan yang sehat dan janin bisa bertumuh dengan baik, maka dengan perjuangan dan doa vitamin zat besi ini yang diminum juga. Enak nih buat masyarakat sekarang karena Combiphar meluncurkan maltofer. Vitamin penambah zat besi yang rasanya enak banget. tahukan coklat swiss yang terkenal itu, yup maltofer meluncurkan vitamin zat besi dalam bentuk chewi (kenyal-kenyal) dengan rasa coklat swiss. Makan maltofer serasa makan coklat.

Menurut Brand Manajer Maltofer, Deloni: Rasa swiss coklat ini untuk mematahkan kesan vitamin zat besi nggak enak dan jadi susah mengkonsumsinya. Dengan rasa swiss coklat, maltofer enak dikonsumsi. Pada saat seminar, Deloni mendemostrasikan bagaimana vitamin zat besi merk lain tidak larut ketika di camur dengan teh. Sebaliknya maltofer mudah larut. Bukti bahwa maltofer tidak akan tergangu serapannya walaupun mengkonsumsi teh.


 Vitamin zat besi merk lain ketika di campur teh, warnanya menjadi lebih gelap, cenderung kehitam-htaman, sedangkan maltofer tetap berwarna coklat.

Kekurangan zat besi dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik, otak dan prilaku. Jadi kalau Ada anak bayi, mudah tantrum,  susah makan, berat badannya kurang, ada baiknya konsultasi ke dokter. Tapi nggak ada salahnya juga diberikan vitamin zat besi. Karena bisa jadi susah makannya disebabakan kekurangan zat besi.

Loh, emangnya sejak usia berapa boleh diberi vitamin zat besi? menurut dokter Herbowo, sejak usia 6 bulan sudah boleh di beri vitamin zat besi. Bahkan para dokter jika menghadapi anak susah makan dan berat badan kurang tidak otomatis menyarankan menambah susu formula tapi memberikan vitamin zat besi.

Susu formula memang sudah ditambahkan sejumlah vitamin termasuk zat besi untuk melengkapi kecukupan gizi. Namun susu formula hanya disarankan pada bayi-bayi yang karena satu dan lain hal, tidak mendapat ASI. jika Ibu sehat dan mempunyai ASI baik, tidak ada alasa tidak memberikan ASI pada bayinya.

Maltofer dengan motto Body- friendly Iron mengeluarkan 4 varian untuk target konsumen yang berbeda-beda.


Maltofer 30 ml drops untuk bayi
Maltofer  150ml Sirup, untuk balita
Maltofer Tablet Kunyah, untuk remaja dan dewasa
Maltofer Fol Tablet Kunyah, untuk remaja dan dewasa

Maltofer adalah suplementasi zat besi oral untuk mencukupi kebutuhan zat besi pada anak-anak, remaja, dan dewasa. Banyak orang mengalami defisiensi zat besi karena tidak mendapatkan zat besi yang cukup dari asupan makanan yang dikonsumsi, sehingga kadar zat besi dalam tubuh menjadi rendah.

Maltofer terbukti secara klinis memperbaiki kadar zat besi 
dengan efek samping yang jarang  dan minimal dibandingkan 
sediaan suplementasi zat besi lain

Mengapa perlu mengkonsumsi maltofer? karena maltofer memiliki banyak kelebihan dibanding vitamin zat besi merk lain. Zat besi yang terkandung dalam Maltofer, yaitu Iron Polymaltosa Complex (IPC) diserap secara aktif dan terkontrol sehingga tubuh hanya menyerap zat besi sesuai kebutuhan masing-masing individu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi Maltofer mengalami: Efek samping yang minimal seperti konstipasi dan rasa mual.
Koreksi kadar zat besi dalam tubuh yang tepat.
Rasa nyaman dalam mengonsumsi suplemen zat besi bersamaan dengan makanan dan minuman lainnya.

Tidak ada interaksi jika diminum bersamaan dengan obat-obatan (hubungi dokter atau apoteker untuk informasi lebih lengkap dan informasikan obat yang anda gunakan bersamaan dengan Maltofer.

Seminar ditutup dengan sesi Doodle, oleh Tanti Amelia.



Seminar ini bermanfaat banget, dapat ilmu dan informasi yang keren-keren termasuk saat kawan bloger saya, Tanti Amelia, yang kini naik kelas menjadi seorang motivator. Ketrampilannya dalam hal oret-oret alias doodle memberinya kesempatan berbagi yang lebih luas.

Jadi menurut Tanti, doodle ini aslinya dikenalkan tentara Jerman. doodle sendiri berarti oret-oret atau coret-coret. Jaman perang dunia pertama, komunikasikan susah. banyak pembawa pesan, mati sebelum pesannya sampai. Dikisahkan saat perang dunia tersebut ada tentara yang dalam kebosanannya, jadi oret-oret di kertas. Kawannya melihat dan bertanya, apa an tuh. ternyata di balik oret-oret itu si tentara ingin menyampaikan sesuatu. Jadi semacam pesan tersembunyi. maka digunakanlah model doodle ini untuk mengirimkan pesan.

Pada masa sekarang doodle adalah salah satu kegiatan yang banyak disukai. bahkan terkadang lewat doodle, bisa terbaca sifat seseorang. Dan inilah yang dilakukan Tanti. Tanti mengundang salah satu peserta seminar untuk menggambar apa saja dan Tanti bisa membaca karakter orang tersebut., keren ya. 

Menurut Tanti, metode ini sering ia gunakan saat berhadapan dengan anak-anak atau orang-orang yang kesulitan mengungkapan perasaannya. Maka lewat menggambar Tanti ingin anak-anak atau orang-orang yang tak bisa mengungkapkan perasaan lewat kata-kata bisa mengungkapkan lewat gambar. bahkan terkadang anak-anak atau orang-orang yang menggambar tidak sadar kalau mereka sudah mengeluarkan perasaannya.

Mengeluarkan/ mengungkapkan perasaan adalah salah satu upaya mengurangi beban/tekanan/stress. dengan lepas dari tekanan umumnya orang mampu berpoduktifitas dengan optimal.

Sebagai Ibu yang memiliki remaja putri, wawasan saya jadi bertambah. saya akan menjaga putri saya sebaik mungkin, termasuk memperhatikan pertumbuhan, emosionalnya, asupan gizi dan porsi makanan sehari-hari termasuk pola hidup sehat. Memasukkan jadwal olahraga dan penambahan maltofer akan jadi agenda tetap saya.


Film Ambu; Kasih Ibu Tak Terbatas


Film dengan tema Ibu, digarap dengan berbagai versi, selalu sukses menguras air mata. Mungkin karena semua manusia terlahir dari Ibu. Banyak anak yang marah, kesal bahkan membenci ibu. tapi setiap ibu pasti mencintai anaknya. walau dengan cara yang berbeda-beda. Banyak kasus pembunuhan anak yang dilakukan ibu kandungnya atas nama cinta. Kebanyakan karena kemiskinan yang memkasa sang ibu membunuh anak kandungnya, kemudian sang ibu bunuh diri dengan alasan, terlalu berat hidup di dunia.

Atau bayi-bayi yang dibunuh Ibu karena Sang ayah tak bertanggung jawab. daripada kelak si anak hidup terhina sebagai anak haram, maka ibu membunuhnya agar sang anak tak menderita. Emang sih ada juga Ibu yang membunuh karena hal lain tapi yang pasti semua ibu mencintai anaknya. Dah gitu aja, lebih kurang pesan dalam film AMBU.

Film ini bercerita tentang 3 perempuan. Nenek/Ambu Misnah diperankan Widyawati, Anak/Ibu, Fatma diperankan Laudya Cyntia bella dan Anak/cucu diperankan Luthesa sebagai Nona. Film yang disutradari Farid Darmawan yang juga Suami dari Bupati Lebak, Iti Oktavia Jayabaya. Tak heran jika Film Ambu mengambil  latar belakang film, Kawasan Baduy. Konflik 3 perempuan dari 3 generasi mewakili ego masing-masing. Kunci penyelesaiannya cuma komunikasi.

Menurut saya ini cara yang jitu mempromosikan kawasan Baduy, yang terkenal karena alam dan tradisi budayanya. Sepanjang menonton film ini, saya mensyukuri nikmat karena sudah pernah berkunjung ke sana. saya jadi serasa ada di sana. Usai menonton, beberapa kawan langsung berencana untuk datang ke Baduy. 

Widyawati pemeran Ambu, gak perlu diragukan lagi. Kualitas piala citra, jempolan. Sementara yang karakternya juga mencuri perhatan adalah Hapsa, yang diperankan Endhita. Karakter Hapsa, sebagai perempuan dusun  yang menerima kehidupannya, membuatnya selalu ceria. padahal saya dan kawan-kawan yang menonton sosok karakter tersebut terkaget-kaget. Karena keluguan/kepolosan dan punya cucu banyak akibat nikah muda.






Film Ambu akan tayang serentak mulai 16 Mei. pastikan anda menyaksikannya dan jangan lupa bawa tisue yang banyak. Saya yakin nggak lelaki nggak perempuan pasti akan banjir air mata. Tak ada hati yang tak tergetar melihat pergolakan bathin perempuan yang sudah melahirkan kita. Nggak boleh spoiler jadi pastikan saja anda menontonnya.

Latar belakang Kawasan Baduy akan menggetarkan kalbu kita. Masih ada daerah dengan tradisi yang mengingatkan kita perlunya menjaga bumi. Suku Baduy mengklaim sebagai penjaga bumi, padahal sesungguhnya menjaga bumi tugas kita semua.

Satu lagi, selembut apapun seorang ibu akan berubah menjadi Singa yang paling ganas demi dan untuk membela anaknya. Widyawati sangat pas memerankan karakter ini.

Judul film: Ambu
Pemain: Laudya Cynthia Bella, Widyawati, Baim Wong, Endhita, Adri Mashadi, dan Lutesha.
Sutradara: Farid Darmawan
tayang: Mulai 16 Mei 2019


Maria Walanda Maramis, Kartini, dari Sulawesi Utara

Sumber


Maria Walanda Maramis, Kartini, dari Sulawesi Utara. Maria Walanda Maramis, Kartini dan Aku, Kami sama-sama perempuan yang hidup di zaman yang berbeda. Berbeda pula dengan latar belakang kedaeraan. Kartini berasal dari Jawa, Sedangkan Maria walanda maramis dan  aku keturunan dari Orangtua yang berasal dari Manadao.

Manado dan Jawa mempunyai kultur yang sangat berbeda. walau sama-sama menganut paham Patrilineal, garis keturunan ayah tapi kami memiliki latar budaya dan peran perempuan yang berbeda. selain Kartini di tanah Jawa yang memperjuangkan kesempatan pendidikan bagi kaum perempuan, di Sulawesi Utara sudah ada perempuan bernama Maria Maramis, namun kemudian Ia menikah dengan JF Caselung Walanda, maka dikemudian hari dikenal dengan nama Maria Walanda Maramis.

Maria Walanda mMramis, dilahirkan, 1 Desember 1872, sedangkan Kartini 21 April 1879. Kartini menjadi populer karena sifatnya yang berbeda dengan kebanyakan perempuan di masanya. Bahkan bisa dibilang Kartini "pemberontak". Sayang kiprahnya di dunia sangat singkat. Kartini meninggal diusia 25 tahun. Namun dalam hidupnya yang singkat Kartini telah mengungkapkan pemikirannya lewat surat-surat kepada sahabatnya, Kel. Abendanon. Kelak dibukukan dan pemikiran Kartini telah membukakan pemikiran banyak orang yang sadar, perempuan memiliki hak yang sama untuk berkembang dan maju.

Jika kartini terlahir dari keluarga Bangsawan , berbeda dengan Maria Walanda Maramis yang terlahir dariu orang biasa. Jika Kartini meningal diusia muda, Maria Walanda Maramis, dan kedua kakaknya ditinggal meninggal kedua orangtuanya saat mereka masih anak-anak. maria walanda maramis baru berusia 6 tahun ketika menjadi Yatim Piatu. Maria dan kedua kakaknya dibesarkan Sang Paman yang menjabat sebagai hukum Besar (Setara Kepala Desa) di Maumbi yang memberikan pendidikan Sekolah Melayu Maumbi. itulah satu-satunya pendidikan yang diterima Maria dan kakak perempuannya.

Pernikahan  Maria diusia muda, sama seperti Kartini, menyadarkan Maria pentingnya pendidikan bagi perempuan karena perempuan akan menjadi ibu yang harus mendidik anak-anaknya. kepedulian Maria didukung Sang suami yang berprofesi sebagai guru. jika Kartini lalu memfasilitasi sekolah untuk perempuan, Maria berjuang lewat menulis di koran Tjahaya Siang. Maria menyuarakan pentingnya perempuan memiliki pendidikan dan pengetahuan tentang kesehatan.Lewat tulisannya Maria mengajak perempuan untuk meningkatkan kemampuan diri sebagai bekal berkeluarga. 

Jika kondisi Maria berada di Tanah Jawa, mungkin Ia tidak akan berhasil. Tapi karena Ia dibesarkan di Tanah sulawesi yang banyak mendapat budaya dan pendidikan belanda, Memberikan Maria keleluasaan menyampaikan dan mewujudkan buah pikirnya. Yang membuat Maria menjadi perintis peningkatan harkat dan martabak peremepuan karena di masa masyarakat masih mencari pendidikan yang layak, Maria sudah memikirkan pentingnya Ibu mempunyai modal pengetahuan untuk berkeluarga. Maria sudah melihat perempuan sebagai "Guru/Pendidik" bagi anak-anak.

Jika Kartini meninggal 17 september 1904. Maria Walanda maramis mendirikan PIKAT-Percintaan Ibu Kepada Anak dan Temurunannya pada 17 Juli 1919.. Organisasi ini masih ada hingga sekarang. jika kartini tidak meninggal, bisa jadinya buah pikirnya tidak jauh berbeda dengan Maria Walanda Maramis. Kiprah Walanda Maramis dalam memperjuangkan harkat perempuan tidak sampai pada organisasi PIKAT.  Maria juga lantang bersuara tentang persamaa hak laki-laki dan perempuan. Di tahun yang sama dengan berdirinya PIKAT, Dibentuk badan Perwakilan (Mirip DPR) dengan nama Minahasa Raad. Hanya laki-laki yang boleh menjadi anggotanya. Maria memprotes dan menyuarakan agar perempuan juga berhak menjadi anggota Minahasa Raad. dua tahun kemudian pada tahun 1921, Suara Maria didengar dan peremuan diperbolehkan menjadi anggota Minahasa Raad.

Maria terus berjuang hingga ajal menjemput diusianya yang ke 51 tahun. Organisasi PIKAT yang di masa itu telah berkembnag  ke berbagai penjuru di Indonesia tetap kokoh hingga sekarang. Maria Walanda Maramis, meninggal 22 april 1924, 20 tahun sesudah kematian Kartini. Lewat catatn ini, saya cuma mau bilang bahwa pejuang perempuan dalam menimgkatkan pendidikan dan harkat perempuan di Indonesia bukan cuma Kartini. nasib maria walanda maramis mungkin lebih baik, Maria memiliki 3 anak perempuan yang ketiganya menjadi pendidika. Dua diantaranya dikirim belajar ke tanah Betawi. dari sini sudah terlihat, Maria dan suami memiliki visi yang sama tentang pentingnya pendiidkan.

20 Mei1969,  Maria Walanda Maramis  menerima gelar Pahlawan Pergerakan Nasional. Jika setiap tanggal 21 April, masyarakat Indonesia memperingati hari Kartini, Maka kami masyarakat Sulawesi Utara merayakan hari Walanda Maramis, setiap tanggal 1 Desember. Pemda Sulutpun membangun patung Maria Walanda maramis sebagai bentuk penghormatan di kecamatan tikala Kota manado. Letaknya dekat banget dengan rumah keluarga opaku dari Mama. namanyapun diabadikan di salah satu jalan di kota Manado.



Huk Family Resto, Alternatif Tempat Makan dan Kumpul-kumpul



Huk Family Resto, Alternatif Tempat Makan dan Kumpul-kumpul. Gaya hidup masyarakat terus tumbuh dan berkembang mengikuti dari masa ke masa. Banyak dan padatnya kegiatan, membuat kegiatan makan keluarga  berpindah tempat. Bukan sekedar karena nggak masak tapi makan dan kumpul bersama di luar rumah, adalah menciptakan kebersamaan dengan suasana yang berbeda. Pasangan suami-istri yang beraktifitas di luar rumah kadang memiliki keterbatasan waktu untuk ngobrol santai dengan anak-anak. Nah makan bersama di luar rumah, bisa menikmati makan enak dan tempat yang nyaman, akan menciptakan kebersamaan yang lebih intens.



Menjadikan resto sebagai salah satu tempat membangun kebersamaan keluarga adalah ide awal berdirinya Huk Family Resto dan Bebek Bentu, Jaringan bisnis kuliner milik pasangan suami istri Bapak Bangkit  dan Ibu Zulfa. yang dirintis sejak 12 tahun lalu. Bermula dari resto bebek bentu di kawasan Cempaka Putih, Jakarta pusat. Bisnis ini terus tumbuh dan berkembang hingga menjadi 7 resto.





Saya diundang ke Huk Family Resto di Tangerang. Tepatnya di Pertokoan Acacia Arcade. Di Jalan jombang raya yang menghubungi Ciledug-Bintaro. Huk Family Resto di sini memiliki konsep dua resto di gabung. Ya, anda bisa menemui menu asli Indonesia Khas Resto Bebek Bentu di sini. Walau disain interior lebih menunjukan Huk Family Resto yang berciri Eropa dengan menu Steik, Pizza dan Pasta.



Menurut Pak Bangkit, menghadirkan konsep dua menu resto, untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan. Ini resto pertama yang menggabungkan Huk Family Resto dan Bebek Bentu karena 6 resto lainnya, tidak campur. Buat saya penggabungan ini menyenangkan. Jadi memperbanyak pilihan menu.

Tempatnya nggak terlalu besar, tapi disain ruangannya yang nyaman membuat betah berfoto-foto. Nilai lebih untuk tempat nongkrong masa kini.  Terdiri dari dua lantai, plus teras yang bisa dimanfaatkan para perokok.



Buat saya minimal harus memenuhi 3 standar utuk memilih tempat makan/nongkrong.

1. Rasa.
rasa yang enak dan mempunyai ciri khas membuat konsumen ingin datang kembali.

2. Mudah di akses.
letaknya yang kurang strategis dapat membuyarkan keinginan. artinya tahu rasa yang enak tapi untuk ke sana susah, termasuk susah parkir, bikin males datang lagi,

3. Harga.
saya percaya ada harga ada rupa. Paling kesal harga mahal dan rasa nggak enak. Wuidih, nggak bakal mau balik. Ngasih saran juga nggak mau.

Nah Huk Family Resto ini memiliki rasa menu yang enak, mudah didatangi dan harga yang nggak bikin dompet merana. Menurut Pak Bangkit, mengingat dasar dari ide awal, sebagai resto tempat kumpul keluarga, maka konsep harga disesuaikan. Maksudnya bagaimana harga diperhitungkan jika makan sekeluarga (Ayah-ibu dan 2 anak) tetap dengan harga yang membuat konsumen ingin kembali.

Menu-menu yang disajikan memiliki cita rasa yang enak. 12 tahun dan 7 resto, menjadi jaminan untuk rasa. karena kalau nggak, nggak mungkin berkembang, iya kan?

Menu Huk Family Resto
1. Beef Stroganof
2. Pizza Specisal
3. Sop tahu Bentu
4. Sop Iga Bakar
5. Spagheti AOP Smoked Beef
6. Grilled Beef
7. Chicken Teriyaki
8. Sushi Dragon Roll
9. Sushi makimono Combo
10. Roti Bakar Coklat keju






Menu Bebek Bentu:
1. Bebek Cemeng dada
2. Bebek Cabe ijo Paha
3. Bebek Muda 1/2 ekor Sambel kecombrang
4. Sop Tom yam
5. Nasi Goreng surabaya
6. Ayam bakar paha
7.Gurame Hantu Petir
8. Udang Bakar Saos Bentu
9. Sapo tahu seafood
10. Brokoli Cah sapi




Menu minuman:
1. Es kopi susu
2. Kendondong juice
3. Lemon grass orange
4. Cincau Kelapa selasih
5. Hot capucino
6. Milk shake strawberry
7. Ice Blend capucino
8. Es kopi latte
9. ice blend cookies



Menu yang tersaji benar-benar sudah diperhitungkan bagi lidah-lidah penyuka makanan enak. Penggemar makanan khas Indonesia bisa memilih menu bebek bentu. Menurut saya menjadi ciri adalah sambel. Buat kebanyakan orang Indonesia, sambel menjadi penanda. Bakan tidak sedikit yang menjadikan sambel sebagai acuan. 

Bumbu yang meresap pada bebek dan ayam membuat nggak berhenti mengunyah. Sambel ijo dan sambel kecomberang benar-benar menggugah selera. Nggak lapar pun, tetap ingin makan. Nah kalau yang ini bikin diet gagal.

Gurame hantu petir, Udang saos bentu hmmmm nikmat sampai tetes saos terakhir. Rasa pedas pada gurame saos petir lumayan nampol. 

sementara untuk menu Huk Family resto boleh diacungkan dua jempol. Steik, sop iga bakar, beef stroganof, grilleed beef rasanya nikmat aja. Cuma buat saya daging pada grilled beef agak kurang empuk tapi paduan bumbunya, ok punya. 
pizza, sushi dan roti bakar bikin betah berlama-lama nikmatinya.

Secara keseluruhan rasa pada menu yang siap disajikan, nggak mengecewakan. begitu juga dengan banyaknya menu minuman. Aneka juice, milk shake dan ice blended baik cookies maupun capucino, menyempurnakan santap di Huk Family Resto. Oh ya, nggak harus makan berat untuk berkunjung ke sini. Sekedar ngopi dan menikmati cemilan ringan di ruangan yang nyaman, bikin ngobrol tetap asyik. Coba deh, datang dan buktikan sendiri.





Lactacyd: Share Your Power, Bersama Institut Kapal Perempuan Indonesia

Lactacyd ajak perempuan unjuk kekuatan. Mengangkat tema; Share Your Power, Lactacyd, sebuah brand pembersih area kewanitaan, mengajak perempuan untuk berbagi kekuatan. Sederhana tapi powerfull. Karena sesungguhnya perempuan memiliki banyak talenta tapi tersembunyi karena stigma sosial. Boro-boro bicara kesehatan diri terutama bagian intim seperti area kewanitaan. Menikmati waktu bagi diri sendiri untuk sebagian kaum perempuan bukan hal mudah. Apalagi mereka yang berada dalam kondisi ekonomi belum cukup.



Tapi apakah keterbatasan ekonomi membuat perempuan diam dan berpangku tangan menunggu nasib baik? Heloooo, nasib baik nggak bakal datang karena nasib baik harus diciptakan. Itulah sebabnya perlu membangun jaringan sesama perempuan untuk berbagi dan saling menguatkan. Berbagi pengetahuan, berbagi telinga untuk mendengar dan berbagi hati untuk saling mengasihi. Adalah Institut Kapal Perempuan Indonesia, yang didirikan 8 Maret 2000. Sebuah institusi yang bertujuan: 

 "Membangun gerakan perempuan dan gerakan sosial yang mampu mewujudkan keadilan sosial, kesetaraan dan keadilan gender serta perdamaian di ranah publik dan privat"




Lactacyd, sebuah brand product, pembersih area kewanitaan, menyelenggarakan Gathering dan Talk Show dalam rangka memperingati Internasional Women Day yang diperingati setiap tanggal 8 Maret. Kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan terhadap para wanita/perempuan. 

Menghadirkan nara sumber:

Head of Marketing PT. Sanofi: Ibu Adisti Nirmala
Pendiri dan direktur Institut kapal Perempuan Indonesia: ibu Misiyah
Assisten Deputy Pemenuhan Hak Anak, Deputy Tumbuh Kembang Anak kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: Ibu Rohika Kurniadi Sari
Product Marketing Consultant PT.Sanofi : Jehezkiel Martua 

Masih diperlukan banyak perhatian dan kerja keras untuk memberi ruang bagi para perempuan. Dan ini sudah harus di mulai sejak dini. Pada dasarnya perbedaan gender tidak menjadi alasan perbedaan kemampuan antara perempuan dan laki-laki. Perempuan mempunyai hak yang sama dalam berbagai kesempatan, termasuk dalam hal mengakses informasi. Sehingga perempuan memiliki kesempatan meningkatkan kemampuan dan mengaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari. Termasuk informasi menjaga kesehatan.

Penting bagi para wanita menjaga kesehatan, termasuk area kewanitaan. dalam banyak aktifitas wanita perlu memperhatikan kebersihan,  khususnya area kewanitaan. Kebersihan adalah pangkal kesehatan.  Oh iya, lactacyd sebagai pembersih area kewanitaan boleh digunakan sejak anak wanita  mendapatkan menstruasi. 



Sejak dini anak-anak harus diajarkan kebersihan tubuh. Agar area kewanitaan terjaga kebersihan dan kesehatannya, makanya harus dirawat dan dijaga. 

Tips menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan.
1. Ganti baju dalam minimal 2 x sehari.
2. Gunakan baju dalam berbahan yang mudah menyerap keringat
3. Jika sedang menstruasi, gantilah pembalut 3-4 kali.
4. Cuci dan bilas dengan air bersih setiap sesudah buang air keci dan atau buang air besar.
5. Gunakan Lactacyd setelah bersih, lalu bilas kembali dengan air bersih.

Lactacyd dapat digunakan 2-3 x dalam sehari. Lactacyd terdiri dari dua varian, kemasan berbunga pink dan hijau. Pada dasarnya kandungan manfaatnya sama, cuma yang hijau mengandung bahan-bahan herbal.



Para perempuan dari Institut Kapal Perempuan Indonesia chapter Kali Ciliwung, mempersembahkan penampilan bernyanyi dan memainkan perkusi berbahan limbah, ember dan jerigen bekas. 




Kegiatan gathering dan Talk Show yang mengusung tema: Share Your Power, berlangsung dari pagi hingga sore. Ada Zumba, bazar, produk, beberapa booth ketrampilan seperti Game, Decoupage dan Nail art & Hena art, serta food truck untuk para pengunjung bersantap.


Pada kesempatan Gathering dan Talk Show Lactacyd, Share Your Power, Pihak Lactacyd memberikan bantuan dana senilai Rp. 50 juta kepada Institut Kapal Perempuan Indonesia. Berharap dana tersebut dapat dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan dan memberdayakan para perempuan lebiih banyak lagi.


Wanita, perempuan apapun sebutannya, yuk Share Your Power. Kita mampu memperlihatkan, kita berarti bagi diri sendiri, keluarga dan sesama.