Google Adsense

Buat Introspeksi Diri

Foto di alun-alun selatan Jogja. 
Menurut cerita hanya orang yang berhati bersih yang bisa melewati gerbang beringin ini dengan mata tertutup. Saya nyoba 3 kali. 3-3 nya berbelok. Padahal perasaan saya, saya jalannya lurus loh! apa iya hati saya tidak bersih?)

Catatan buruk perilaku manusia
Dikompilasi oleh KH Rusyad Nurdin

(1). Mengagungkan harta di atas segalanya yang berarti menghambakan diri kepada harta. Harta adalah sarana bagi manusia untuk mempertahankan derajat atau meningkatkan dirinya sebagai makhluk Tuhan yang mulia dan bukan sebagai tujuan. Kalau kita sudah menjadi hamba atau budak harta maka kita akan sanggup melakukan apa saja, halal atau haram sekalipun.

(2). Kita cenderung melakukan manipulasi; yakni berbuat curang, tidak jujur, menyalahgunakan kekuasaan dan mengkhianati amanah sehingga terdapat korupsi di mana-mana. Untunglah pemerintah sudah mengambil tindakan terhadap hal ini walaupun belum berhasil secara tuntas. Harapan kita semoga cepat tercipta pemerintah yang bersih dan berwibawa. Inilah harapan yang tulus sebagai warga negara. Orang yang memperkaya diri dengan menyalahgunakan kekuasan adalah orang yang berhati kosong dan tak punya rasa cinta kepada rakyat kecil yang notabene adalah sebagian besar penduduk Indonesia.

(3). Kita cenderung pada sikap fragmentasi; yaitu menghargai orang dengan kekayaan dan jabatan yang disandangnya, tidak sebagai pribadi yang utuh. Sikap ini menimbulkan tindakan sewenang-wenang terhadap rakyat kecil dan tidak mencerminkan sila kedua Pancasila.

(4). Bersifat individualis; yakni meletakkan kepentingan diri sendiri di atas segalanya. Biar orang lain rugi asal diri sendiri beruntung. Biar negara morat-marit asal diri sendiri kaya dan mendapat harta yang bertumpuk, kalau perlu sampai tujuh turunan tidak habis. Perbuatan ini bertentangan dengan sila pertama dan sila kelima Pancasila.

http://gedehace.blogspot.com/2006/06/kh-rusyad-nurdin.html

2 comments:

  1. Hallo Icha,
    Saya senang dengan tulisan2nya, terutama yg ttg Mama Bunga. Pengalamannya sangat menarik dan ditulis dengan indah. Ayo kita kenalan. Saya juga teman Oom Sobron bahkan sdh ke Paris dan bermalam beberapa hari di flatnya dan jg mengunjungi keluarganya di Belanda. Silakan berkunjung ke Website saya http://gamelanmagazine.blogspot.com/ semua ada 11 blog. Dijawab ya!
    Salam,
    Theresa - Sydney

    ReplyDelete
  2. This site is one of the best I have ever seen, wish I had one like this.
    »

    ReplyDelete