Terselamatkan panggilan telephone.

Gambar foto adalah kamar Andre, sesudah gempa


Gambar diambil saat saya melakukan penelitian kualitatif di Kulon Progo, Gunung Kidul dan Bantul dalam Riset Komunikasi pasca bencana gempa di Jogja.

Gempa yang melanda Jogja dan Jawa Tengah, turut mengejutkan kami di Polling center. Karena 27 Mei itu field kami sedang berjalan di Jogja dan Jateng. Untuk Project LGSP. Andreas adalah salah seorang TL kami untuk daerah Jogja dan Jawa Tengah.

Beberapa menit sebelum gempa terjadi Field Manajer PC (Muchtar) membangunkan Andre yang pagi itu masih terlelap. Suara panggilan telephone dari Muchtar membangunkan Andre sekaligus m,enjadi penyelamat!

Muchtar membangunkan Andre karena ia harus melakukan check and re check dilapangan agar jangan ada interviewer yang curang. Biasanya Andre bangun sekitar pukul 7 atau 8 pagi. Lantaran sampai jauh malam biasanya ia masih melakukan edit kuesioner.

Sehabis Muchtar menutup telephone, Andre ke kamar mandi dan saat di kamar mandi itulah gempa yang hanya beberapa detik (55 detik) Meluluhkan seisi desa Andre di Bantul. Atap rubuh, dinding hancur maka kebun di samping kamar langsung menjadi permandangan. Puji Tuhan tetap terserukan karena Andrea dan keluarga semua selamat!

.

No comments:

Post a Comment