Google Adsense

CINTA

Kata yang satu ini mengandung banyak makna. Berdiskusi tentang cinta tak kan cukup 1 x 24 jam. Gak percaya? Coba lihat disekeliling anda, begitu banyak orang yang rela gak tidur demi membicarakan cinta atau memikirkan cinta. Dan banyak tragedi yang terjadi akibat cinta. Romeo & Juliet, kisah cinta klasik abadi. Rama dan Sinta dll. Begitu banyak orang berbicara tentang cinta karena saya percaya semua orang pasti pernah menerima dan merasakan cinta dalam kehidupannya.
Begitu banyak definisi cinta, tak ada satupun yang salah. Karena cinta bisa dilihat dari berbagai sudut pandang, sehingga cinta memiliki banyak persepsi. Saya coba membedah makna cinta. Kalau yang baca tidak setuju, silahkan buat versi lain. Karena rasanya tidak ada yang salah. Semakin banyak malah akan semakin bagus. Jadi wacana tentang cinta semakin banyak.
Cinta itu murah hati, jadi kalau ada yang lagi ditaksir, rela membelikan apa saja yang diingini gebetannya (Orang yang ditaksir/diincar). Atau rela berbuat apa saya asal bisa menyenangkan si gebetannya.
Cinta itu sabar, jadi tetap sabar menunggu gebetannya., sekalipun di bawah terik matahari atau di saat hujan deras atau di tengah kemacetan. Sabar menemani gebetan jalan ke mall dari satu toko ke toko yang lain walau kaki terasa dah mau lepas dari tungkainya.
Cinta itu sederhana, gak ribet. Kalau ada yang di gebet langsung di tembak. Di terima syukur, Di tolak segera cari target baru. So simple.
Cinta itu rela menderita. Sedih, kangen, sakit hati, bikin gak enak ngapa-ngapain. Gak bisa tidur saat makan gitu juga gak bisa makan saat tidur. ( He…he…he ya iyalah mana ada orang makan lagi tidur atau tidur sambil makan.)
Tapi ada juga yang beranggpan Cinta itu seperti kupu-kupu yang terbang tinggi, hinggap dimana saja yang dia temui. Artinya cinta memang bisa hinggap pada siapa saja, gak pandang bulu. Mau bulu kaki, bulu ketiak atau bulu kuduk dan lain-lain. Berbulu atau gak berbulu, seseorang bisa dihinggapi cinta.
Ada juga yang mengatakan cinta itu penyakit. Seperti ucapan Mpok Imeh, waktu ditanya anaknya si Jemi.
“ Mak …si babe kenapa?” tanya Jemi saat lihat babenya lagi cengar-cengir depan cermin, pasang aksi kayak model lagi di keker tukang poto. Berdiri miring mandang diri di cermin.
“Biase lagi kena penyakit?” jawab Mpok Imeh sambil mencibir, sampai bimoli alias bibir monyong lima centi.
“Penyakit? Maksud emak penyakit ape? Sakit jiwa?” tanya Jemi bingung.
“Penyakit cinta. Babe loe, gak boleh ngelihat jidat licin. Kost-kostan depan rumah kite ada penghuni baru, makenya babe loe bedandan kayak bocah mau diajak ke pasar malem!’ Jawab Mpok Imeh lagi. Kali ini gak Bimoli.
Kalau mengutip Titik Puspa, Jatuh cinta berjuta rasanya. Itu yang saya maksud gak bisa dijabarkan. Sejuta rasanya. Baru mau menggambarkan 5 rasa dari cinta aja, sudah kehabisan kata-kata. Tapi ada juga orang jatuh cinta, tiba-tiba bisa menjadi pujangga. Puisi atau prosa tentang perasaannya mengalir berkitab-kitab.
Ada juga yang bilang, cinta bikin pusing kepala. Bagaimana tidak akan pusing, kalau gara-gara jatuh cinta tahi kucing di bilang coklat. Padahal baunya tai kucing, uh busuk banget. Berbicara cinta membalikan logika ketitik nadir. Dimana logika jadi tak jalan. Bahkan tak sedikit yang gagal dalam bercinta memilih mengakhiri hidup. Bodoh...?
Jangan cepat ambil kesimpulan. Coba anda renungkan atau berpikir selangkah kebelakang. Apa yang anda rasakan dan anda pikirkan serta anda lakukan ketika anda mengenal cinta atau jatuh cinta. Jangan tersenyum atau sedih. Ayo kita sharing. Reply email ini. Selamat merenung. (Icha Koraag 20 Sept 2010)

4 comments:

  1. Coba pertimbangkan untuk membaca e-book "Jomblo for Dummies", mungkin bisa untuk menggali lebih dalam tentang apa itu cinta.

    ReplyDelete
  2. Anonymous11:45 AM

    salam kenal ibu gaul ya...malam -malam begini saya bisa terhibur baca ulasan tentang cinta versi ibu ,saya sih setuju memang begitulah adANYA CINTA KADANG BUAT KITA SENEWEN GA JELAS JLUNTRUNGANNYA,TAPI KALAU YANG KITA CINTAI TUH ORANG YANG BENER, WAH BISA HEBOOOOH LAGI LHO CERITANYA,JADI KITA NGGA BAKALAN RUGI DEH NGRASAAIN JATUH CINTA ,MESKIPUN BAGI SEBAGIAN ORANG ADA YANG TIDAK MUDAH KOK MENERIME DAN KEJATUHAN CINTA ITU. HE...HE

    ReplyDelete
  3. Anonymous12:04 PM

    CINTA ITU MENJADIKAN SESEORANG BERTAMBAH KUAT,JADI TIDAK MUSTAHIL BAHWA DIA AKAN MENJADI SOSOK YANG SELALU BERFIKIRRRRR TERUS UNTUK BERBUAT SESUATU ,TENTANG DUNIANYA.HAL INI TERJADI KARENA CINTA ITU ADALAH KEKUATAN YANG DAPAT MENGANTARKAN SESEORANG MENJADI PRIBADI YANG SELALU INGIN MEMPERBAIKI APA SAJA ,DILINGKUP HIDUPNYA POKOKNYA INGIN SELALU MENJADI SESUATU YANG BERMANFAAT UNTUK LINGKUNGANNYA ,MAKANYA JANGAN HERAN KALAU DIA BISA MENGHASILKAN PENGETAHUAN YANG HEBAT BERKAT DORONGAN CINTA,MAKSUDNYA MENINGGALKAN JEJAK AGAR DAPAT MENJADI KENANG-KENANGAN BAGI ORANG YANG DICINTAI,BISA MENGADAKAN PENELITIAN,BISA MEMBERIKAN DORONGAN,BISA BERUPA APA SAJA YANG PENTING HAL ITU ADA HUBUNGANNYA ,ATAU MINAT ORANG YANG DICINTAI,BAHAGIANYA JADI SESEORANG YANG BERARTI BAGI ORANG LAIN KHUSUSNYA ORANG YANG MENDAPATKAN CINTA YANG BISA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA SEPERTI INI,SERASA HIDUPNYA TAK SIA-SIA.

    ReplyDelete