Google Adsense

MANGGA SEBAGAI SARAPAN PAGI



Siapa yang tidak suka mangga? Uh kasihan banget deh, kalau tidak suka makan buah mangga. Soalnya buah mangga selain enak rasanya, juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Sekarang ini masih musim mangga, dalam sehari saya bisa memakan 2-3 buah mangga. Terutama mangga harumanis. Sejak mengetahui bahwasannya buah baik di makan sebelum karbohidrat, saya bisa makan mangga sebagai sarapan pagi. Ini sudah saya lakukan sejak dua tahun lalu.

Hingga sekarang, saya terbiasa mengkonsumsi buah sebelum makan. Baik saat pagi, siang atau malam. Selain mangga, saya juga bisa sarapan pagi dengan pisang, jeruk dan pepaya. Buah yang dimakan sebelum menyantap karobhidrat, kandungan vitamin dan mineralnya diserap lebih cepat oleh tubuh ketimbang dimakan sesudah karbohidrat. Karena perut yang penuh dengan karbohidrat ditambah buah yang mengandung serat hanya mempercepat proses pembuangan. Akibatnya vitamin dan mineral yang belum terserap tubuh sudah dibuang.

Saya termasuk  yang suka semua jenis mangga. Ternyata mangga ini mempunya  banyak sekali jenis. Saya tahunya cuma harumanis, indramayu, gedong, apel, golek, Manalagi. Semua jenis mangga di atas, kalau matang umumnya berasa manis. Kalau setengah matang, alamak asemnya jangan di tanya. Kecuali mangga manalagi, yang memang tidak ada rasa asemnya.

Mangga gedong (gincu), biarpun matang kadang rasa asemnya masih ada. Emang segar tapi mampu membuah liur meleleh karena asamnya. Buah-buah mangga yang punya rasa asem ini, pas untuk di buat rujak. Di makan dengan bumbu yang pedas manis. Pasti maknyus.

Buah ini termasuk jenis yang dibudidayakan. Termasuk jenis tanaman besar, di perkebunan tingginya bisa mencapai 40 meter. Kalau di pekarangan rumah cuma sekitar 10 m. Jika dipelihara di pekarangan rumah selain buahnya bisa dinikmati. Pohon yang tinggi, besar dan berdaun rindang bisa menjadi peneduh halaman.
Sayangnya mangga belum menjadi komoditi perdagangan. Kebanyakan mangga masih dikonsumsi sendiri. Tahun 1985, total produksi mangga di seluruh dunia sekitar 15 juta ton tapi yang diperdagangkan di tingkat dunia  hanya 90.000 ton. Mangga di hasilkan oleh Negara-negara seperti india, Thailand, Indonesia, Brasil, Filipina, Tiongkok dan Banglasdeh.

Kita musti banyak mengkonsumsi buah terutama mangga, sebelum buah-buahan itu tidak bisa lagi dimakan. Sekarang ini perawatan wajah, rambut dan tubuh sudah banyak menggunakan bahan dasar buah-buahan. Kalau tidak menikmati buah sebagai konsumsi makanan sekarang, suatu hari nanti kita hanya akan menikmati buah-buahan di losion badan atau shampoo. Jadi yuk, kita perkenalkan aneka buah yang ada pada anak-anak kita. Selain agar mereka mau mengkonsumsi buah-buah yang memang baik bagi tubuh. Kita juga turut melestarikan buah-buahan tersebut. Semakin banyak yang mengkonsumsi, maka buah-buahan tersebut akan terus dibudidayakan.


1 comment:

  1. Waw, jadi pengen sarapan pagi pakai mangga bu :)

    ReplyDelete