Google Adsense

The Diplomatic City of Asean is Jakarta








Sumber: News.liputan6.com



Indonesia adalah negara terakhir yang dijadikan tema dalam lomba Blog #10DaysforASEAN yang diadakan oleh ASEAN Blogger Chapter Indonesia bersama dengan beberapa sponsor di antaranya US Mission.

Untuk tema kali ini dipilih Jakarta, ibukota negara Indonesia, yang juga menjadi markas ASEAN Secretary bertempat di Jalan Sisingamangaraja 70 A, Jakarta Selatan. Keberadaan markas ASEAN Secretary di Jakarta merupakan suatu kepercayaan bahwa Indonesia bisa menjadi penghubung antar negara-negara anggota ASEAN atau Diplomatic City of ASEAN.



Menurut teman-teman blogger mengapa Jakarta bisa terpilih sebagai Diplomatic City of ASEAN? Apa dampak positif dan negatifnya bagi Indonesia khususnya Jakarta? Kesiapan apa saja yang perlu dilakukan oleh Jakarta sebagai tuan rumah dari Perhimpunan Bangsa-bangsa ASEAN?

Sumber: dekstopwallpaper.net


Saya tidak memiliki sumber informasi langsung dan kemampuan menganalisa saya juga sangat terbatas. Tulisan ini hasil browsing mbah google. Tapi paling tidak untuk membuat tulisan ini, otak saya sedikit dipaksa bekerja ekstra keras.

Pilihan Jakarta sebagai City of ASEAN dikarenakan, Pertama, Jakarta adalah ibukota RI.  Repoblik Indonesia adalah salah satu dari lima negara pendiri dan pemrakarsa Deklarasi Bangkok yang menjadi cikal bakal ASEAN tahun 1967 . Posisi Indonesia terus dianggap penting sebagai inisiator dan menjadi tuan rumah markas besar ASEAN (urat nadi administrasi dan penggodokan substansi) 

Kedua, Indonesia  menjadi tempat  penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pertama ASEAN yang berlangsung di Denpasar, Bali pada tanggal 23 – 24 Februari 1976. Berkaitan dengan hasil KTT Februari 1976 di Bali, maka Indonesia tepatnya di Jakarta pada tanggal 7 Juni 1976 ditunjuk sebagai tempat keduduka Sekretariat Tetap ASEAN.

Ketiga sejak berdirinya ASEAN, RI mampu mempromosikan kehidupan masyarakat regional yang menjunjung tinggi nilai-nilai saling menghormati, tidak mencampuri urusan dalam negeri dan mengutamakan konsensus.  Konsep Komunitas ASEAN yang terdiri dari 3 pilar pada tahun 2003. Adalah contoh konkrit diplomasi RI. Indonesia juga menerapkan peran politik bebas aktifnya dengan berinisiatif membantu proses penyelesaikan konflik internal dan konflik diantara negara anggota, seperti; Kamboja (1979), Filipina selatan (1996), Thailand-Kamboja (2011).  

Sikap politik Indonesia adalah bebas tidak berpihak dan aktif mendorong kea rah perdamaian dunia lebih musyawarah dan mufakat. (Mencoba mengeluarkan intgatan pelajaran SMP)

Keempat, faktor sejarah. Indonesia adalah penyelenggaraan KAA pada tahun 1955, Gerakan Non-Blok, Deklarasi Bogor 1994 dan APEC. Disamping  juga kesediaan Indonesia memimpin ASEAN dengan visi “beyond regionalism”. Indonesia tidak saja memikirkan pembentukan Komunitas ASEAN 2015, tetapi juga paska periode itu, dimana Indonesia menghendaki ASEAN semakin berperan di tingkat global.

Kelima, kesediaan Indonesia memimpin ASEAN dengan visi “beyond regionalism”. Indonesia tidak saja memikirkan pembentukan Komunitas ASEAN 2015, tetapi juga paska periode itu, dimana Indonesia menghendaki ASEAN semakin berperan di tingkat global.
Sumber dari sini: 

Dibanding Negara anggota ASEAN lainnya, Indonesia memiliki banyak kelebihan dibidang diplomasi politik. Termasuk pada lembaga dunia seperti PBB. Indonesia juga berperan penting menjadikan ASEAN sebagai organisasi yang diperhitungkan PBB, terbukti dengan ASEAN memiliki status peninjau pada Sidang Majelis Umum-PBB. Selain itu, Jakarta sebagai kota metropolitan memiliki semua fasilitas untuk penyelenggaraan suatu pertemuan baik tingkat regional maupun internasional. Menurut saya, alasan mengapa Jakarta penting keberadaannya sebagai Diplomatic city of ASEAN. Selain poin-poin di atas. Luas wilayah, jumlah penduduk, posisi Indonesia diberbagai organisasi dunia juga menjadi alasan yang memperkuat mengapa Jakarta yang menjadi pilihan.

Hubungan baik Indonesia dengan Amerika, Inggris, Jerman dan Inggris yang kita ketahui sebagai 4 negara terkuat dunia yang berperan penting di PBB juga menjadi alasan kuat. Kemapuan Inonesia melakukan lobi-lobi politik juga sudah diketahui. Namun sisi negative tetap ada , walau tak sebanyak sisi positif. Hasil alam dan hasil bumi Indonesia merupakan asset yang banyak diincar Negara asing. Sampai saat ini tambang Inonesia masih sebagai tambang emas berpenghasilan terbaik di dunia. Kenyataannya kempemilikan Inonesia kurang dari 15 %. 

Demikian juga dengan minyak. Sebagai Negara anggota OPEC, minyak Inonesia juga diperhitungkan. Karena itu Amerika terus membina hubungan baik dengan Indonesia karena Amerika punya kepentingan. Bila Minyak dari timur tengah tergoncang baik dari produksi maupun harga jual. Maka Amerika bisa melakukan tekanan-tekanan politik.

 Untuk itu Amerika memerlukan Indonesia, sebagai Negara berpenghasilan minyak dan mempunyai hubungan baik dengan Negara-negara di timur tengah, mengingat Indonesia memiliki mayoritas penduduk beragam islam. Selain karena Amerika mempunyai banya investasi di Indonesia, Amerika juga memerlukan Indonesia untuk melakukan manuver politik di Asia. Itulah sebabnya Jakarta menjadi penting keberadaannya. Selain karena sikap politik Indonesia yang Bebas aktif.

2 comments:

  1. haissh, postingan serius gini bikin jiper nih...datanya lengkap banget maak...
    sukses yaaa..:D

    ReplyDelete
  2. Ibu @Elisa Koraag, sip (Y)... selamat buat Jakarta yg dijadikan tema dalam lomba Blog #10DaysforASEAN yang diadakan oleh ASEAN Blogger Chapter...

    artikel yg bagus dan lengkap... *terimakasih :-)

    ReplyDelete