Google Adsense

CCTV - Pencegah Kejahatan Sampai Efektifitas Berkarya



Dulu kamera pengintai hanya digunakan  institusi- institusi yang melibatkan banyak orang. (seperti militer/pabrik/bandara/kantor) Tapi kini perumahan bahkan rumah/tempat tinggal sebuah keluarga yang notebene unit terkecil dalam masyarakatpun sudah menggunakan. Untuk apa? Bicara manfaat CCTV sangat banyak. Pepatah mengatakan kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat tapi juga karena ada kesempatan.



Kamera pengintai dalam bahasa kerennya CCTV/Sirkuit Tertutup Televisi.  Atau dipahami sebagai siaran dengan sinyal tertutup/terbatas. Televisi sirkuit tertutup (bahasa Inggris: Closed Circuit Television (CCTV) berarti menggunakan sinyal yang bersifat tertutup, tidak seperti televisi biasa yang merupakan sinyal siaran.(Sumber dari sini:)




Kamera pengintai/CCTV mulanya dimanfaatkan untuk wilayah-wilayah yang sulit diamati secara langsung dalam jangkauan mata. Namun pada perjalanannya kamera penginati ini mempunyai banyak manfaat. Diantaranya dapat mencegah orang berbuat jahat/kriminal. Secara psikhologi orang yang berniat melakukan kejahatan akan mencari kesempatan. Sebaliknya  orang tidak berniat melakukan kejahatan jika ada kesempatan memungkinkan orang tersebut melakukan kejahatan. Ini yang kerap berdalih khilaf. Kekhilafan tidak menghilangkan kejahatan yang tidak diniatkan. Menurut saya kamera pengintai/CCT bermanfaat untuk “memberikan/meningkatkan rasa aman”.


Rasa aman  dapat memberikan ketenangan yang pada akhirnya memungkinkan individu mengoptimalkan kemampuannya dalam berkarya.  Pentingnya akan rasa aman dalam kehidupan maka memiliki kamera pengintai/CCTV menjadi kebutuhan. 


Berminat? Silahkan cek di www//hisomu.com yang mengusung tagline: Solusi lengkap untuk kemanana rumah dan bisnis anda.  Situs online ini menawarkan bermacam-macam CCTV dan perlengkapannya. Layaknya toko online situs ini mudah dicari mudah dihubungi dengan tata cara pembelian yang tidak rumit. Semua informasi dan gambar dapat dilihat di situs on line ini. 

Saya ibu rumah tangga yang banyak melakukan aktifitas di luar. Dari sekian banyak CCTV yang ditawarkan www//hisomu.com saya memilih Kamera Dome.

Sumber dari sini:
Jika memperhatikan keempat gambar Kamera Dome di atas sekilas nampak sama. Sebetulnya tidak. perhatikan detil di tenganya. Masing-masing  spesifikasinya bisa di cek di sini.

Selain dari sisi manfaat saya juga memperhatikan detil keindahan. Kamera Dome dapat diletakan di antara lampu hingga penampakannya menjadi samar (kamuflase). Bagi orang yang menjadi target pengawasan saya akan memberitahukan keberadaan kamera pengintai ini. Tetapi bagi tamu tentunya saya tidak perlu menjelaskan. Biar bagaimanapun tidak etis rasanya kalau tamu merasa di awasi.


Secara umum paket CCTV terdiri dari:

-          Kamera
-          DVR (Digital Video Recorder)
-          TV monitor

Dengan kamera pengintai semua kegiatan/aktifitas pada bagian yang diawasi terhubung pada DVR (Digital Video Recorder) yang berfungsi merekam. Kamera-DVR terhubung pada layar monitor agar pengawas dapat meliha . Seandainyapun terlewat masih ada rekaman yang bisa diputar ulang. Kita tahu waktu tidak dapat di ulang tapi dengan rekaman kegiatan yang sudah berlalu  dapat dilihat kembali (lagi).

Mengapa perlu melihat kegiatan yang sudah lewat?  Salah satu fungsi manajemen adalah pengendalian dan pengawasan yang berujung pada efektifitas waktu dan materi. Dengan melihat kembali suatu aktifitas maka akan membantu proses evaluasi. Dari rekaman CCTV dapat diketahui karyawan (Pabrik/kantor) dan PRT/Baby Sitter (di rumah)  yang tidak serius bekerja. Karyawan yang sengaja mengulur waktu. Karyawan yang tidak masuk bekerja atau terlambat. Rekaman CCTV dapat digunakan untuk mengevaluasi waktu pengerjaan tenaga kerja dan pekerjaan itu sendiri.

Untuk perumahan dan rumah utamanya kamera pengintai berfungsi untuk rasa aman/kenyamanan penghuni. Baik dari tindakan kriminal maupun kekerasan dalam rumah tangga. Ini bukan sinetron tapi kenyataan. Banyak kriminalitas dalam lingkup perumahan/rumah tidak tertolong karena tetangga tidak saling kenal. Penjaga keamananpun sebatas berjaga di pintu gerbang.

Penculikan anak/penyiksaan anak yang dilakukan para asisten rumah tangga ( PRT-pembantu rumah tangga/baby sitter-Pengasuh anak) atau sebaliknya penyiksaan PRT oleh majikan dapat dicegah. Karena dengan CCTV banyak kegiatan bisa diawasi. Dengan kata lain CCTV bisa bermanfaat sebagai: Pengawas Kegiatan -Pencegah Kriminalitas/kejahatan -  Peningkatan Efektifitas kegiatan – Pemberi Rasa Aman.

Jika anda ingin berpartisipasi dalam menjaga keamanan bersama. Memulai dari keamanan rumah sendiri adalah langkah awal yang baik.  Membeli dan memiliki CCTV bukan kemewahan tapi mencegah kejahatan dan memberikan jaminan rasa aman sekalipun anda meninggalkan rumah. Sehingga walau jauh dari orang-orang yang anda sayangi anda bisa merasa tenang karena dengan sambungan ke komputer lewat jaringan internet anda bisa melihat kegiatan tempat (rumah) yang anda tingglkan. 

Saya tetap meyakini rasa tenang karena yakin orang-orang tercinta dalam siatuasi yang aman membuat saya bisa berkarya dengan optimal. Peningkatan kinerja akan menghasilkan keuntungan materi dan berujung pada kenyamanan keuangan yang bisa dikembalikan untuk kebahagiaan bersama orang-orang tercinta. Jadi tunggu apalagi. Segera cek link berikut ini: www//hisomu.com
 





3 comments:

  1. Dengan adanya CCTV makin terbantu dalam hal keamanan ya mbak

    ReplyDelete
  2. iya bunda, cctv sangat membantu. Bahkan IGD RSUD Tasikmalaya pun memakianya --apa hubungannya? hehehe

    visit blog saya juga bunda.. http://www.dianakertadisastra.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Pengen deh pasang CCTV di rumah karena lokasinya yang jauh dari tetangga. Sekarang masih mengandalkan anjing untuk alarm :)

    Lagi jalan-jalan di blognya Mak Icha. Good luck for Srikandi Blogger 2014 ya :)

    ReplyDelete