Google Adsense

Perawatan Tubuh dengan SPA bikin Hati Senang




Perawatan tubuh adalah salah satu perawatan rutin yang saya lakukan. Baik untuk kebersihan maupun kesehatan. Kebersihan dan kesehatan adalah dua hal terkait. Tubuh bersih maka tubuh menjadi sehat. Tubuh sehat adalah tubuh yang bersih.


Jadi kebersihan adalah hal yang utama dalam perawatan tubuh. Seiring dengan bertambahnya aktifitas manusia, kebersihan saja tidak cukup.  Setelah bersih, bertambah keinginan untuk memiliki kulit yang halus dan lembab.  Maka sabun pembersih saja tidak lagi cukup.


Saat saya remaja, saya sangat senang jika datang “Bu Rifa dan Mba Yayuk, asistennya”. Keduanya datang untuk memberikan perawatan pada kakak saya yang baru melahirkan. Saya suka keharuman dari bahan-bahan yang digunakan. Saya tidak ingat apa merknya.


Ketika saya akan menikah. Saya mengambil satu paket perawatan tubuh. Menjelang menikah, saya mendapat perawatan tubuh dua kali seminggu. Rasanya nikmat benar. Saya bena-benar merasa istimewa. Sejujurnya saya tidak tahu untuk apa perawatan itu.  Tapi saya menikmati. Pulang kerja, selama 3 jam saya menikmati macam-macam teraphy dan pijat.


Setelah menikah, belum tentu setahun dua kali saya melakukan perawatan tubuh di rumah-rumah perawatan. Tapi sejak dua tahun terakhir, saya rutin melakukan perawatan tubuh dengan metode SPA di rumah. Saya, kakak beradik semua perempuan. Biasanya kalau akan melakukan perawatan metode SPA, saya dengan dua atau tiga orang kakak dan adik berkumpul di salah satu rumah kakak. Kami secara bergantian melayani satu sama lain.
 

“Menurut Wikipedia, Istilah spa, berasal dari kota Spa di Belgia, secara tradisional digunakan untuk menunjuk sebuah tempat di mana air yang diyakini memiliki sifat menyehatkan terdapat. Ini biasanya adalah sebuah pemandian air panas atau mineral.

Spa modern adalah sebuah resort mewah atau resort hotel, yang mungkin terletak dekat sumber air yang menawarkan pemandian air panas atau fasilitas pijat air-panas.

Spa dapat berarti:

1.Tempat-  Spa, Belgia-Kota Spa atau Sirkuit Spa-Francorchamps

2. Pemandian:   Pemandian Mata air panas

    Onsen (Mata air panas Jepang)

    Thermae (Mata air panas Roma)


Asal kata "SPA" adalah singkatan dari  Bahasa Latin: Solus Per Aqua ( Solus = perawatan, per = dengan, aqua = air )


Dengan kata lain SPA adalah perawata tubuh dengan metode pemanfaatan air. Kita tahu dalam tubuh manusia mengandung 70 % cairan. Jadi tidak usah heran kalau perawatan tubuh yang paling nyaman adalah dengan menggunakan metode SPA.


Biasanya saya dan saudara-saudara menggunakan kamar di lantai atas. Kami menggelar matras sesuai jumlah kami.  Ruangan dikondisikan dengan pendingin ruangan yang sejuk. Lilin aroma theraphy dinyalakan, hingga keharuman yang member efek rileks membuat kami nyaman. 


Kami berbaring santai sekitar 15 menit, sambil ngobrol ringan. Lalu kami saling memijat.  Pemijatan dengan minyak pijat. Di mulai dari ujung kaki. Telapak kaki, jari-jari, naik ke tumit, betis hingga ke paha. Dari satu kaki berpindah kekaki yang satu, lalu naik ke bokong-pinggul, badan belakang hingga ke pundak dan leher. Lalu dilanjutkan dengan tangan. Sama seperti kaki, dimulai dari telapak tangan, jari jemari, punggung tangan, hingga lengan atas. Setelah kedua tangan selesai, baru kepala.


Selesai pemijatan, seluruh badan di olesin dengan body butter milk. Kandungan yang wajib ada, air, sedikit minyak, pemutih, anti aging dan spf 15. Setelah badan diolesi krim tubuh, didiamkan sejenak.  Di kamar mandi disiapkan air panas. Setelah 30 menit, barulah berendam di bak dengan air mengalir. Sentuhan air mengalir bisa berfungsi melemaskan otot. Perlahan-lahan krim tubuh di lunturkan dengan sabun pembersih, hingga bersih.



Selesai membersihkan tubuh, dilanjutkan dengan mencuci rambut dan mengolesi rambut dengan ramuan yang berfungsi menutrisi kulit kepala. 




Sambil membiarkan nutrisi rambut bekerja, kedua kaki hingga betis di rendam dengan air hangat yang sudah dicampurkan garam laut. Bisa juga pakai garam dapur.  Rendam kaki  selama 15 menit saja.



Setelah seluruh tubuh bersih dan terasa nyaman, untuk sentuhan akhir, tubuh di olesi  dengan body lotion. Ini berfungsi untuk memberi kelembaban. Karena setelah terkena sabun, kulit cenderung kering. Perawatan tubuh dengan SPA selain memberi dampak pada kulit yang lebih sehat dan bersih juga perasaan nyaman dalam diri. Karena itu saya senang melakukan SPA.


Mengapa saya melakukannya di rumah, saya sudah melihat kegiatan ini sejak saya remaja. Jadi menurut saya jika bisa dilakukan sendiri di rumah, mengapa saya harus ke rumah-rumah perawatan? Selain dari segi biaya lebih murah, perasaan nyaman lebih terlindungi. Sekarang sudah tersedia bermacam-macam merk perawatan tubuh dengan metode SPA yang dapat dilakukan di rumah-rumah perawatan atau di rumah sendiri. Pilihan ada pada anda. Mana yang lebih nyaman silahkan tentukan. 

Tujuan akhirnya adalah mendapatkan tubuh dengan kulit yang bersih dan sehat.  Satu lagi, setiap usai melakukan perawatan tubuh dengan metode SPA, saya selalu merasa hati dan pikiran lebih tenang. Entah karena nyaman atau efek dari aromatherapynya. Tapi yang pasti setiap usai melakukan SPA, saya selalu senang. Selain itu hubungan saya dengan adik dan kakak juga semakin akrab.

4 comments:

  1. ilustrasinya bagus mak, nice info nih :)

    ReplyDelete
  2. Sisterhood ^^ enaknya kalo sodarane perempuan :") tfs mbak e

    ReplyDelete
  3. iya, asyik banget yak bisa spa rame2 di rumah gitu

    ReplyDelete
  4. Kapan saya bisa kek begini ya Maakkk....huh sebel deh eikeh...

    ReplyDelete