TOLAK FEE JOB REVIEW Rp. 20.000




Tidak bermaksud memprovokasi. Setahun lalu saya membaca status kawan facebook yang mencari blogger untuk job review. Sayapun memberikan link blog saya. Singkat cerita blog saya disetuju untuk mendapat job review. Tidak lama, lalu masuk pesan di inbox  berupa brief job review. 

Permintaanya sederhana saja, sebuah tulisan sekitar 200-300 kata, menyebut nama perusahaan dan ngelink hidup ke web perusahaan tersebut. Saya hanya perlu waktu sebentar untuk memahami brief tapi saya perlu waktu lama untuk mencerna angka sebagai fee nya Rp. 20.000 karena tidak ada penjelasan dengan huruf, maka saya membalas inbox dan bertanya, itu feenya kurang satu nol? Jawabnnya tidak!. Memang dua puluh ribu rupiah. 

Saya langsung mengcapture screen shoot informasi yang menawari  job review dengan fee Rp. 1 jt. Balasan inboxnya, saya juga sering mendapat job review segitu tapi dulu saya awal juga menerima Rp. 20.000. Ini kan temanya sederhana dan materi tidak susah, kalau kamu tidak mau ya tidak apa-apa. Ini proyek jangka panjang. Saya balas lagi, kamu blogger? Tapi kamu hargai sesama blogger senilai itu. Itu namanya makan teman.

Kok hadiah kuis pulsa 20.000 mau? Jelas beda dong. Biar cuma pulsa 5000, pasti tidak ditolak. Ikut kuis kan iseng-iseng berhadiah. Berbeda dengan menerima tawaran job review.

Saya tahu banyak kawan-kawan yang sudah pernah menerima job review, yuk diskusi berapa sih harga yang pantas untuk sebuah job review? Apakah page rank menjadi penentu? Menurut saya enggak tuh. Beberapa waktu lalu sebuah perusahaan telekomunikasi menawari 50 blogger job review dengan fee Rp. 1 jt utk satu tulisan dan 12 tweet. Tidak pakai standar harus page rank tertentu.

Saya ingin menghimbau, kita sesama blogger harus saling menghargai. Di grup WA yang saya ikuti, kami berbagi kisah bagaimana banyak perusahaan on line menawari job review mulai dari Rp. 75.000/tulisan dan dibayar dengan voucher. Karena sudah ada beberapa kawan yang ditawari maka kamipun bertukar cerita. Awalnya karena tidak paham ada yang menyesal karena menerima fee Rp. 100 ribu berupa voucher. Ketika yang lain ada yang menolak nilai itu dan minta dinaikkan lalu disetujui, maka kami menyadari, tidak ada harga yang pasti. Semua masih bisa dinegosiasikan.

Beberapa hari ini, banyak lagi penawaran job review dari on line shop. karena kami sudah tahu standarnya, maka kami rata-rata bertahan Rp. 250.000 atau Rp. 300.000 (untuk 250-400 kata) tapi cash money bukan voucher. Melihat kondisi semacam itu, saya menyadari pada dasarnya sesama blogger bisa bersatu untuk menentukan tarif. Memang karena dari banyak latar belakang dan banyak yang masih belajar menulis membuat tidak ada standar kualitas yang sama. Tapi tidak berarti harga diri diobral dengan mnerima fee Rp. 20.000 kan?

Ada juga  komunitas yang menjadi makelar. Menerima job review lalu mendistribusikan ke anggota komunitas tersebut. Tidak semua kebagian job review karena di sesuaikan dengan produknya. Tapi herannya yang menerima ya itu-itu saja. Kalau produknya menyangkut bayi dan balita, sudah ada list namanya  siapa saja. Jika produknya berkaitan dengan ibu rumah tangga (Dapur atau kamar mandi) juga sudah ada daftarnya siapa saja. Begitu juga untuk review kosmetik atau restauran.  Padahal anggota komunitasnya banyak. 

Nah kalau yang seperti itu saya belum menemukan kuncinya, bagaimana bisa masuk daftar tersebut. Pertanyaan saya, mereka yang mendapat job review karena kualitas tulisannnya (Blog) atau faktor kedekatan dengan pengurus komunitas ya? Lagi-lagi saya belum mendapat jawaban.  

Lewat tulisan ini, saya cuma menghimbau kepada blogger yang mau memberdayakan  sesama blogger, berkacalah pada diri sendiri, Jika kamu diperlakukan seperti itu apakah menyenangkan?  Saya juga mengajak sesama blogger untuk terus meningkatkan kualitas tulisan. tapi yang pasti Jangan terima alias TOLAK fee Rp. 20.000. Jika kamu menerima fee Rp. 20.000 maka segitu itu nilaimu.

121 comments:

  1. Masih mending 20.000, mbak. Kemaren ini pernah ada perusahaan (ngakunya perusahaan internasional) yg ngasih job review ke saya. 200 kata, original, hyperlink, SEO, dll dan fee nya berapa coba?

    3000 rupiah
    Iya, saya ga salah nulis. TIGA RIBU RUPIAH!!!!!!

    Langsung saya tolak mentah-mentah. Tapi kemudian saya liat-liat ke website perusahaannya, ternyata tidak sedikit juga blogger yg mau menerima job dengan fee seharga sebungkus tolak angin kayak gitu.

    Pantesan aja blogger makin sini makin tidak dihargai, soalnya banyak blogger yg rela "melacurkan" buah penanya hanya demi uang segitu. Saya sering denger kok banyak kerjaan buat blogger seperti nulis review, sinopsis sinetron, dll yg fee nya di bawah 20.000 dan BANYAK blogger yg mau nerima.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wekekek, senasib saya Keven

      saya bahkan masih menyimpan arsip percakapan via emailnya :D

      kalo inget itu bikin hati ngenes tapi ngakak
      kug bisa2nya tulisan dihargai segitu

      Delete
    2. Jadi ingat kebodohan gue nih, hahaha. Cape-cape review web apa gitu, kok mau ya dibayar pake pulsa senilai 25k doang? >_<

      padahal kalau dipindahin ke word, dapet itu 250 kata.

      dan untuk poin-poin terakhir postingan nya, harusnya pengurus kalau punya hati mah, orang-orang yang udah sering dapet job, dihold, kesempatan nya dikasih ke mereka yang jarang atau belum pernah. Minimal ambil job hanya boleh lima kali.

      Delete
    3. What? 3 rebu rupiah???? *gubraks*

      Delete
    4. menyimak gan,makasih info nya

      Delete
  2. Mak Icha.. aku kok ga dapet job review yang sejuta ituuh *mewek* Eh mak sekarang pake embel2 loh Rp.20.000 kan tinggal posting ngga pake mikir bikin tulisan lagi

    ReplyDelete
  3. Aku pernah ngalamin ditawarin ikut satu network blog, lalu dapet email ditawarin review dgn fee 25 rebu. Saya biarin aja. Masak kok ada yg nggak menghargai kerjaan orang lain seperti itu ya. Dikiranya menulis dan membangun reputasi blog itu gampang -_-'

    ReplyDelete
  4. Blogger banyak genre-nya, ya.. ada yang ga hunter, job review hunter, ada yang copaser, ada yang suka bagi ilmu tentang teknologi gitu, ada yang nyastra. Macem-macem, jadi waktu baca ini. Kesannya kayak blogger itu pekerja buat perusahaan, padahal kan, enggak semua. Bahkan ada yang blognya gak rela untuk diisi hal-hal yang keluar dari genrenya.. hmmmmmm....

    ReplyDelete
  5. Anonymous10:23 AM

    Wah sering tuh lihat di facebook tawatan kek gitu, bahkan ada yg dibayar 1000 untuk tiap post dan dibayar kalo udah nyampe 50000 atau 100000 kan gilaa.. -_-

    Syukurlah job review pertamaku dibayar 30$ pas dirupiahin dpat 300.000 setelah dipotong di paypal.

    Skarang mah banyaj blogger yg mau aja dibayar 20000 krna nganggap itu buat pengalaman, padahal sikap kek gitu malah nurunin harga blogger lain. :(

    ReplyDelete
  6. Waah... Mbak Bisa nggak kasih saya tips atau trik agar dapat job review semacam itu? Selama ini saya menulis dengan tarif yang tergolong lebih rendah. Saya kerjakan karena memang saya baru belajar dan butuh duitnya. Tapi itu bukan job review, hanya job menulis biasa.

    Kalau mbak bersedia membantu, tolong berikan saya jalan agar mendapat job review. email jika berkenan : huda.al.fatih@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Saya setuju mak icha kl hrs menolak fee yg 20ribu itu...suruh tulis sendiri saja kl gitu...

    Memang benar blm ada patokan pasti brpa fee utk blogger kl mereview suatu produk(ini sependek pengetahuan saya saja lho ya).
    Saya sendiri gak pernah mau menerima kl dibawah satu juta, tp ttp menerima job, mungkin krn mereka mengerti, bahwa kl kita tulis produk mereka kan utk selamanya akan ada itu tulisan, kecuali kita yg delete. Beda dgn media lain...

    Salam

    ReplyDelete
  8. Thanks infonya mak Icha..

    ReplyDelete
  9. Waaahh ternyata banyak yg ngasih harga rendah yaa? Duuuhh miris juga yaaa. Kita kan nulisnya original, pakai mikir, sengaja menyediakan waktu utk nulis hingga riset. Itu kan ga mudah.
    Fenomena ini bisa jadi diperburuk blogger2 "pemula" yg baru belajar nulis? *gregetan* efek gadget makin murah, makin banyak yg baru melek internet tapi minim pengetahuan ttg etika *cmiiw

    ReplyDelete
  10. Pernah dapat email nawarin job review mengenai smartphone. Baca syarat dan ketentuannya, sepertinya semua udah lengkap dan bisa dijalanin. Tapi ketika masuk ke tugas, keknya gak sesuai sama yang di tugaskan.

    Bayarannya 3000 per review. sama seperti komen pertama diatas.

    Dan harus nyelesaiin 100 reviewan. Gile banget, dan akhirnya ya gak diterima. Capek nulis cuma dapet 300 ribu. Mau dibawa kemana itu.

    Nice post

    ReplyDelete
  11. Saya mematok minimal Rp.250.000/artikel Mbak
    Menulis itu memang gampang tetapi ya tetap harus diapresiasi yang pantas donk apalagi jika menulis review produk.
    Saya juga akan menolak fee yang memble he he he
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantab pakde, semoga saya bisa menulis kayak pakde

      Delete
  12. NIce post Mbak...penting banget! Untung saya waktu itu menolak tawaran 20.000. Karna menulis perlu waktu dan berfikir.Lebih baik menulis untuk media. Informasi Mak Ica ini membuat saya lebih mengerti bahwa penolakan saya tepat. Terhindar dari merugikan bloger lain. Thanks ya Maak...:)

    ReplyDelete
  13. Dulu pertma kalinya dpt job review, cma dpt voucher blnja 100K, tpi sneng aja krena bru prtma kalinya dpt twran job review. Job keduanya jg sma 100K tpi dlm bntuk uang cash. Semenjak itu kok saya belum pernah dapat tawaran job reviewi... ada ga yang mau kasih saya job review. :) hehehehe....

    ReplyDelete
  14. Saya setuju juga dengan tulisan ini. Bagus juga kalau dalam satu komunitas member bloggernya di edukasi tentang harga-harga job review atau semacamnya. Biar ibaratnya kita buat harga standart aja. Jadi yang mau ngasih job pun tahu min. harus bayar berapa.

    Kesannya kan mereka berani ngasih harga rendah karna masih ada blogger yang mau nerima harga rendah seperti itu. Coba kalau semua nolak. Pasti harganya naik.. Hehehe.. ^_^

    ReplyDelete
  15. Wah.. Makasih tulisannya mak.. Jadi tahu ada yg nhasih standar harga segitu dan ada pula yang ngasih harga ampe jutaan. Mudah mudahan bisa dpt yang jutaan itu. Aminnn

    ReplyDelete
  16. wahhh... seneng sekali aku mbak baca tulisan ini . setuju sekali.... kita sebagai seorang blogger harus meningkatkan diri plus menghargai diri sndiri juga jangan mau merendahkan martabat bloger denan bayaran 20K itu atau bahkan di baawahnya... sekalipun hanya memasang artike yg sudah jadi... bukankah untuk membangun sebuah blog dan membuat blog kita terkenal juga butuh kerja keras? enak aja mau majang artikel bayar 20K.... hihihih jd esmosi hehehhe



    aku pernah mbak ada tawaran nulis web bayarannya bahasa
    Indonesia Rp.1250 setiap hari sekitar 5 artikel atau 2500 kata. Gilak aja tu yaaaa gak pakai otak apa... padahal aku ngirim tulisan di koran cuma sekitar 150 kata mereka memberikan honor minimal 250 ribu itu....

    hemmmmm :D

    ReplyDelete
  17. Nyimak Mak.. Belum pernah dapet job, hehehe.. Semoga nanti ada rezeki utk saya. :)
    Terima kasih infonya. :)

    ReplyDelete
  18. Ikut nyimak maaak.. makasih buat infonya hehehe :)

    ReplyDelete
  19. Sepakat, Mak Icha. :D
    Terima kasih sudah berbagi. Lain waktu saya ga akan terima kalau fee-nya terlalu rendah.

    ReplyDelete
  20. Beuhhh... 20rb ? 100rb saja masih dirasa gak wajar.

    ReplyDelete
  21. Walah terlalu kalau 20rb :D

    ReplyDelete
  22. Waduh terima kasih banget menulis tentang ini Mbak Icha. Aku emang sedang kepikiran ttg harga yang pantas untuk job review. Gara-garanya pernah dapat penawaran tapi cuma di hargai 50.000 utk tulisan 300 kata. Yah aku tolak deh. Dalam hati berpikir, mending ngeblog sebagai hobbi aja deh jika dihargai murah begitu. Karena berpikir kerjaan ini dihargai murah tawaran2 berikutnya dari yang lain tidak aku tanggapi. Jadi ada yang dibayar sampai 1 juta ya? Baik lah, kapan2 aku akan negosiasi :)

    ReplyDelete
  23. tulisan Mak Elisa bermanfaat banget. walau belum pernah dapet job review, tapi ini jadi bekal, mana tahu suatu waktu nanti saya ditawari. hehehe. 20 rb masih lumayan,karena ada juga yang menghargai tulisan 200-300 kata seharga 7500. kalau saya setuju banget dengan sikap Mak Elisa. Eh, untuk job review yang ditulis oleh lingkaran tertentu, saya merhatiin juga lho Mak. kayaknya karena kedekatan dengan pihak terntu ya?

    ReplyDelete
  24. dari sekarang mulai rapiin tulisan di blog lagi deh, biar bisa dapet job review 1jt :D
    makasih pencerahannya mbak

    ReplyDelete
  25. Hehee... aku termasum yg pwrnah nerima job review dg kompensasi lumayan gede meski PR cuma 1. Yg jelas sih kalo 20rb ya ogah. Bkn krn gk butuh duit, tp kok merasa gk dihargai gitu. Mending nulis suka2 gk dibayar tp memuaskan hati.

    ReplyDelete
  26. kalau ada tawaran review aku selalu nanya dulu ke teman2 yang udah pernah mereview produk tsb, jadi aku bisa nego harga...., ada yang mau terima harga yg kuminta, ada yg langsung mundur..

    ReplyDelete
  27. makasih infonya ya Mbak, sangat bermanfaat banget bagi pemula kayak saya :)

    ReplyDelete
  28. Belajar untuk meningkatkan kualitas tulisan pastinya, Mak, setelah baca ulasanmu ini. Pernah terima job yang 100rb berupa voucher itu. Pernah juga terima titipan link tanpa fee, karena saya lihat link tersebut bagus dan bermanfaat buat pembaca blog saya. Makasih sharenya Mak

    ReplyDelete
  29. Makasih banget mbak infonya. Jadi nambah ilmu fee job review nih.

    ReplyDelete
  30. itu mah namanya uang tansport doang... keringat meres otaknya ga dibayar... Tolak Noban!!

    ReplyDelete
  31. Tolak tolak...g dapet review juga gpp..^^ terima yg sesuai hati dan kantong aja deh xixixi

    kalo yang ttg makelar...mmmm....bisa jadi bisa jadi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak jadi penasaran makelarnya siapa..kalo perusahaan menurutku wajar punya kpi sendiri..

      Delete
  32. Bagus nih mak, pencerahan bagi blogger lain, terutama blogger yg baru mulai mendapat tawaran job review.

    Memang ngenes, tarif segitu tidak senilai dgn effort yg sudah dikeluarkan.

    Jika ingin review yg bagus, pemberi job bisa menilai sendiri kualitas review yg diharapkan.
    Review yg bagus, harga juga bagus.

    ReplyDelete
  33. Dalam 2 bulan ini aku sudah kejebak 2 ahency seperti itu.
    Sebenarnya sih bisa kalau mau harga 25k,, tapi persyaratan toh jangan ketat ketat seperti penilaian PR, DA dan PA

    lah ini namanya egois sih nurut gue. Persyaratan ketat tapi dihargai 25k kampret ga :(

    mau ngejual seo dari perusahaan,padahal untuk jasa seo saja bisa sampe puluhan juta..lah masa teman bloger di kasih 25k. Kecuali persyaratan ga ketat gue juga mau terima dengan blog kloningan.

    Saya barusan cancel salah satu seperti ini dan di anggap tidak proffesional, lah job review tapi ga di kastau feenya brp,setelah di aprove dptnya 25k dan langsung di suruh nulis. Saya cuma menjawab oke saya tidak profesional, dan harga anda juga tidak profesional.

    Jika ingin memberikan job kepada teman-teman blogger tolong para ahency liat dulu isi blog dari teman kita tersebut sehingga anda tidak bisa pukul rata menaruh harga.

    ReplyDelete
  34. Ikutan menyimak.Belum pwrnah dapat job review soalnya

    ReplyDelete
  35. Aku idem sama pakde. Mematok harga sejak awal. Gak mau kalo dibayar terlalu murah. Menulis itu kan ada seninya tersendiri dan itu harus diapresiasi

    ReplyDelete
  36. Saya pernah mak dibayar voucher oleh toko online yang lumayan ternama, hiks. Tadinya saya mau nanya2 dulu sama blogger lain, tapi takutnya sensitif nanya fee :D hiks

    ReplyDelete
  37. 20000 Ribu? #TegaBenar
    Baca tulisan ini, mengingatkan saya supaya selektif jika ada yang menawari job review.
    Makasih sharenya Mba Elisa.

    ReplyDelete
  38. Kayaknya sudah waktunya Blogger membuat organisasi profesi ya mak Ica , supaya seluruh indonesia bahkan dunia tahu kalau blogger itu adalah profesi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aciiii.... itu yang dari dulu kita obrolkan yaaa

      Delete
  39. Hm, saya belum pernah sih sampai 20ribu, kalau 40 ribuan pernah, itu juga guestpost, mereka yang nulis, kita tinggal publish.
    Kalau job review, saya selalu melakukan negosiasi, kalo ngga sesuai ya ditolak.
    Jadi Blogger itu harus sombong mbak :D

    ReplyDelete
  40. Tolak! Duuuh tulisan kok dibayar 20rb. Buat ngojek aja kadang kurang. Mendingan nulis suka2 deh ketauan ga dibayarnya yg penting hati hepi nulisnya. Dan nggak "melacur".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya saya sendiri baru dapet 2x job. Yg pertama dibayar 200rb dengan voucher lalu yg kedua cash 300rb. Alhamdulillaah, semuanya lancar. Di luar itu ada juga sih perusahaan besar tapi ternyata angka gak deal. Saya pikir angka yg ga deal itu karena saya mintanya ketinggian. Tp sepertinya masih banyak blogger yg nerima tawarannya dengan angka rendah karena baru pertama kali dan itung2 buat pengalaman aja. Mestinya memang ada harga kesepakatan dari awal utk blogger kalau nerima job dr perusahaan besar.

      Jadi, kalau job dr perusahaan besar itu standarnya berapa? 1-1.5 jt oke ga?

      Delete
  41. Klo kuis dpt 20 rb ato cuma 5 rb sih senang2 aja ya, tapi klo job review pastilah kutolak. Tega banget lah klo ada yg ngasih segitu.

    ReplyDelete
  42. Alhamdulillah saya nggak pernah ditawarin yang begitu. Selalu rata-rata di atas Rp750.000
    Ada juga yang kasih produknya gratis yang nilainya lumayan mahal.
    Ada yang ngajak ke lokasinya gratis, ditambah penerbangan kelas eksekutif. Pokoknya nol rupiah dua hari dua malam. Tulisannya Rp1 juta.
    Beberapa tulisan review saya di blog ada beberapa bukan orderan. Tapi saya suka nulisnya. lalu saya kasih ke markom/PR-nya. Biasanya mereka kemudian kirim souvenir. Yang pasti nilai totalnya bisa ratusan ribu.

    ReplyDelete
  43. mmm oh gitu yaa mbak, pernah sih job review dibayar 20rb..waktu itu baru ngeblog :(

    ReplyDelete
  44. Bahasannya Kece Mak...
    Iya kita harus bersatu menentukan tarif, karena at the end hasil karya kita akan bisa juga memprovokasi massa walau hanya sekedar ngelirik.

    Thanks For Sharing ya Mak....paling engga aq yang pemula gini jadi tau.

    ReplyDelete
  45. mak.. aku pernah dapet tawaran job review 20 ribu rupiah, sampai 2x bahkan sampai sekarang orang yang nyuruhnya tidak kunjung mentransferkan uangnya yang cuma 20 ribu rupiah itu...

    beberapa minggu kemarin aku dapet tawaran job review 20 dollar... nah, ini lumayan... cairnya juga cepet 2 hari..

    adalagi perusahaan besar, nawarin titip artikel, artikelnya dia yang nulis.. cuma nitip post aja di kita dengan keyword dan backlink ke produknya... tapi gratis... gak pake fee... hih, perusahaan besar macam apa ini... meskipun dia yang bikin artikel tapi kan numpang di lapak orang

    ReplyDelete
  46. Baru tahu ternyata rata-rata harga blog review segitu.Kalo selebtweet dapat berapa ya sekali ngetweet? Belum kalo produk gedhe. Kayaknya heboh banget kalo selebtweet udah ngetweet buzzer... Penasaran.

    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selebtweet sekali nge-tweet bisa sekitar 500rb s/d 2 jutaan, malah ada yg lebih.

      Delete
  47. 20k/tulisan :-)
    Mending aku gunakan waktu untuk main-main aja :-)

    ReplyDelete
  48. Setuju Mak .... walau pulsa dapatnya 20ribu atau 10ribu tetap beda dong dengan job review. Mungkin memang perlu ada kesepakatan ya di antara kita2 berapa tarif yang pas :)

    ReplyDelete
  49. waah saya baru tahu ada yg seperti ini mba, makasih infonya ya... terus terang saya juga sangat tdk setuju jika blogger hanya dibayar segitu

    ReplyDelete
  50. Aku juga pernah sih liat ada tawaran job review yang kasih fee-nya 25rb, tadinya mau ikutan itung2 buat belajar nge-review, tapi akhirnya gak jadi..

    Nah kalau poin yang terakhir, aku juga masih suka bertanya-tanya tuh mak :D

    ReplyDelete
  51. Saya suka bagian ini:
    Melihat kondisi semacam itu, saya menyadari pada dasarnya sesama blogger bisa bersatu untuk menentukan tarif.

    Sudah lama saya berharap seperti ini sehingga jika mendapat suatu tawaran saya bisa langsung menjawab sekian.
    Selama ini jujur saya masih meraba-raba, berapa fee yang pantas untuk blogger. Jadilah sebelum menyebut angka saya harus chatting dulu ke teman2 yang sudah pernah mengerjakan.

    ReplyDelete
  52. Nice info nih mak buat blog newbie kayak aku...pernah baca juga sih tentang job freelance nge review, tapi kalo yang di bayar 20K belom pernah nemu mak.

    Karya ga bisa dinilai 20K, kadang aku mau nilis aja bingungnya setengah mati mau nulis apaan xixixx kok ini malah mau di haarga 20k


    #emosimodeon

    ReplyDelete
  53. sakit nya tuh disini mak elisa...#nunjukAtm.

    ReplyDelete
  54. Nice post. Membuka mata ttg fee tulis-menulis :)

    ReplyDelete
  55. Bener banget mak harus tolak job review yang seperti itu, blogger juga mikir kalau mo nulis, masak udah mikir capek2 cuman dihargai duapuluh rebu capek deh. Senasib dg saya mak tapi dulu bukan job review melainkan setor tulisan maksimal 500 kata, perhari 4 artikel berarti 2000 kata ya, trus hari kerjanya Senin - Sabtu, digaji perbulan 1,2 juta, nyiksa gak namanya?

    ReplyDelete
  56. Fee job 20 ribu, 25 ribu, 100 ribu, atau 250 ribu, selalu saya terima mbak. bagaimanapun itu rejeki. Mungkin karena 20 ribu masih cukup untuk uang belanja/hari. Yang jelas, saya pernah dapat gaji 2,5 juta perbulan untuk menulis review harian di web-web baru dengan tarif 25 ribu/review. rasanya.... tentu saja bahagia meski saya tak berhak mengklaim tulisan itu. Membaca ini saya jadi berfikir... apakah sudah waktunya menaikkan harga (diri) dengan memasang tarif? Saya tak tahu jawabannya. Karena sekali lagi, itu berhubungan dengan rejeki dan seberapa nilai tukar uang yang kita terima.

    ReplyDelete
  57. Udah pernah dpt job dg bayaran segitu :D
    dan sekarang kapok. hihi

    ReplyDelete
  58. Standarisasi Harga untuk Job Review. Bagi blogger ini merupakan penghargaan diri, bagi perusahaan juga harus menghormati dan menghargai karya , tidak melecehkan dengan nilai murah.

    ReplyDelete
  59. Yg nerima jobreview segitu berarti dia ga menghargai dirinya sendiri

    ReplyDelete
  60. informatif...makasih mak...tolong info2ny lg mngenai job review yaaa...

    ReplyDelete
  61. Gleeeekkkk ngenesnyaa 20ribu, langsung tolakkk... Yang 150rb aja saya tolak kok :D

    dulu ada yg bayar 150 pake voucher, aku tolak terus nego nego dapat 500rb, mayan :D

    klo 50rb sumpah kebangeta T__T

    ReplyDelete
  62. aku belum pernah sampai jutaan hehe, kalau 50 ribu belum layak kah kak???

    ReplyDelete
  63. Betul Mami. Kalau 20.000 itu menghina sekali. Nulis perlu mikir dan alokasikan waktu juga meski temanya ringan dan kita pahami. Kalau hanya 20.000 mending ikut kuis pulsa aja deh kalo aku.

    ReplyDelete
  64. Seru nih baca ceritanya, Mak. Jadi pelajaran buat saya juga nih :D

    ReplyDelete
  65. Anonymous7:44 AM

    Menurut saya harga 20 ribu untuk satu tulisan yang cukup panjang sih keterlaluan. Bahkan 200-300 ribu pun untuk tulisan 300 kata menurut saya tega dan gak tahu diri. Effortnya lebih besar daripada ganjarannya.

    Memang ada pihak-pihak yang pakai hitung-hitungan Source Rank, Order Rank, Page Rank dengan alasan legitimasi kualitas traffic, tapi menurut saya bagaimanapun harus juga mengapresiasi tenaga dan waktu dan kualitas tulisan, terlepas dari skor blog itu diukur dari faktor-faktor di atas.

    Thanks for sharing ya Mak :)

    ReplyDelete
  66. Baru pertama berkunjung ke blog mbak Elisa ini, dan langsung tertarik dgn posting ini.

    Saya pernah mendapat tawaran dari online shop via email. Tapi saya malas karena harus mereview produk fashion yg mereka jual, karena saya pribadi kurang minat di dunia fashion. Akhirnya menemukan seorang teman blogger yang ikut review online shop tersebut. Bayarannya voucher belanja seharga 100rb, namun sangat lama diterima voucher tsb setelah di posting reviewnya.
    Sekarang saya baru taraf posting untuk sharing juga.
    Terima kasih informasinya yang sangat berharga ini Mbak.

    Salam persahabatan dari saya di Sukabumi.

    ReplyDelete
  67. apapun yang terjadi... TOLAAAAAK FEE NOBAAAAN!!!!!

    ReplyDelete
  68. Oohh ternyata ada juga ya yg namanya makelar job review...kirain hanya dlm dunia bisnis aja ada makelar, hehe... Ohya Mbak, kira2 blog yg seperti apa yg bisa dpt tawaran job review koq aku gak pernah ditawari? hehe...apa aku newbie ya? Apa blog milikku jarang update? Apa krn blogku bukan blog niche?

    ReplyDelete
  69. Baru sekali dapet job review, mudah2an jd awal utk job review selanjutnya, hihi..

    Thank you semangatnya ya Mak Icha.. kita Blogger memang spesial..

    ReplyDelete
  70. sangat bermanfaat ilmunya buat pemula seperti saya

    ReplyDelete
  71. Saya biasanya ikut yang luar, karena kita lebih dihargai di sana

    ReplyDelete
  72. Baru beberapa kali dapat review eh tiba2 di pending gara2 pernah telat ngirim review

    ReplyDelete
  73. kalo cuma 20rb kayaknya nggak sebanding memang

    ReplyDelete
  74. Kalau untuk pemula sih, harga segitu mah wajar. Yang ga wajar, si temen yang nawarin harga segitu ke Mbak Ica.

    TEMEN MACAM APA ITU???? :))

    ReplyDelete
  75. Sebetulnya kalau saya minimal 50rb buat kualitas konten pasti dijamin biasanya bisa lebih dari 1000 kata. Dan tentunya sumber juga jelas.

    Yang saya mau tanya perusahaan mana yang udah membayar diatas 500rb per satu artikel?

    Lalu apa kualitas konten dan kualitas blog kita udah layak dihargai mahal begitu?

    ReplyDelete
  76. Apakah Anda membutuhkan pinjaman cepat untuk melunasi utang Anda, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Cari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang sangat handal, penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail di: emamllualoanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  77. Ikut menyimak... belum pernah mengalami, ditawari harga segitu, semoga kedepannya para blogger lebih dihargai, agar sama-sama saling mendapatkan manfaat yang pantas...

    ReplyDelete
  78. mending mba 20rb dr 2 org yg ngajak kerjasama ga ada invoice yg cair satupun :(

    ReplyDelete
  79. Membuka mata sekali. Ayo blogger bersatu! :)

    ReplyDelete
  80. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  81. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  82. We are a Finance Industry Company professionals with over 15 Years Experience and a focus on providing Bank Guarantee and Standby Letter of Credit from some of the World Top 25 Prime Banks primarily from Barclays, Deutsche Bank, HSBC,Credit Suisse e.t.c.

    FEATURES:
    Amounts from $1 million to 5 Billion+
    Euro’s or US Dollars
    Great Attorney Trust Account Protection
    Delivered via MT760, MT799 and MT103 Swift with Full Bank Responsibility
    Brokers Always Protected

    Purchase Instrument of BG/SBLC : 32%+2% Min Face Value cut = EUR/USD 1M-5B
    Lease Instrument of BG/SBLC : 4%+2% Min Face Value cut = EUR/USD 1M-5B

    Interested Agents/Brokers, Investors and Individual proposing international project funding should contact us for directives.We will be glad to share our working procedures with you upon request.


    We Facilitate Bank instruments SBLC for Lease and Purchase. Whether you are a new startup, medium or large establishment that needs a financial solution to fund/get your project off the ground or business looking for extra capital to expand your operation,our company renders credible and trusted bank guarantee provider who are willing to fund and give financing solutions that suits your specific business needs.

    We help you secure and issue sblc and bank guarantee for your trade, projects and investment from top AA rated world Banks like HSBC, Barclays, Dutch Ing Bank, Llyods e.t.c because that’s the best and safest strategy for our clients.e.t.c

    DESCRIPTION OF INSTRUMENTS

    1. Instrument: Funds backed Bank Guarantee(BG) ICC-600
    2. Currency : USD/EURO
    3. Age of Issue: Fresh Cut
    4. Term: One year and One day
    5. Contract Amount: United State Dollars/Euros (Buyers Face Value)
    6. Price : Buy:32%+1, Lease: 4%+2
    7. Subsequent tranches: To be mutually agreed between both parties
    8. Issuing Bank: Top RATED world banks like HSBC, Barclays, ING Dutch Bank, Llyods e.t.c
    9. Delivery Term: Pre advise MT199 or MT799 first. Followed By SWIFT MT760
    10. Payment Term: MT799 & Settlement via MT103
    11. Hard Copy: By Bank Bonded Courier


    Interested Agents,Brokers, Investors and Individual proposing international project funding should contact us for directives.We will be glad to share our working procedures with you upon request.



    Name:Richardson McAnthony
    Contact Mail : intertekfinance@gmail.com

    ReplyDelete
  83. sepertinya para blogger harus satu suara, agar tawaran job review itu mentok di angka 250 ribu, seperti harga pasar lah, lebih murah dari itu bebrti merusak harga pasar

    ReplyDelete
  84. Dear Sir/Ma,

    We Facilitate Bank Guarantee (BG) & Standby Letter of Credit (SBLC) Instrument Direct Mandate Provider of Fresh Cut Bank Instrument for Lease/Purchase such as BG, SBLC, MTN.

    We are a Finance Industry Company professionals with over 15 Years Experience and a focus on providing Bank Guarantee (BG),Standby Letter of Credit (SBLC), MTN (Mid Term Note) and LTN (Long Term Note) from some of the World Top 25 Prime Banks primarily from Barclays, Deutsche Bank, HSBC, Credit Suisse e.t.c.

    FEATURES:

    Bank Guarantees & SBLC’s in Standard Formats from Major Banks! Amounts from $1 million to 5 Billion+ Euro’s or US Dollars Great Attorney Trust Account Protection Delivered via MT760 Swift with Full Bank Responsibility MT799 and MT103 preadvice included.

    Brokers Always Protected.

    Purchase Instrument of BG/SBLC : 32%+2% Minimum Face Value = EUR/USD 1M-5B

    Lease Instrument of BG/SBLC : 4%+1% Minimum Face Value = EUR/USD 1M-5B

    We will be glad to share our working procedures with you upon request.

    Name : Brian Fitzgerald

    Email: secureinquiryfinance@gmail.com

    Skype: secureinquiryfinance

    ReplyDelete
  85. We are Ireland based major/Direct providers of Fresh Cut BG, SBLC, POF, MTN, Bonds and CDs and this financial instruments are specifically for lease and sale.We are one of the leading Financial instrument providers with offices all over Europe.
    we always deliver on time and precision as Set forth in the agreement. You are at liberty to engage our leased facilities into trade programs, project financing, Credit line enhancement, Corporate Loans (Business Start-up Loans or Business Expansion Loans), Equipment Procurement Loans (Industrial Equipment, Air crafts, Ships, etc.) as well as other financial instruments issued from AAA Rated bank such as HSBC Bank Hong Kong, HSBC Bank London, Deutsche Bank AG Frankfurt, Barclays Bank , Standard Chartered Bank and others on lease at the lowest available rates depending on the face value of the instrument needed, Our Terms and Conditions are reasonable.
    DESCRIPTION OF INSTRUMENTS:
    1. Instrument: Bank Guarantee (BG)/SBLC (Appendix A)
    2. Total Face Value: 10M MIN to 50B MAX USD or Euro
    3. Issuing Bank: HSBC, Deutsche Bank Frankfurt, UBS or any Top 25 .
    4. Age: One Year, One Day
    5. Leasing Price: 4+ 1%
    6. Sale Price: 32+2%
    7. Delivery by SWIFT .
    8. Payment: MT103-23
    9. Hard Copy: Bonded Courier within 7 banking days.
    If you have need for Corporate loans, International project funding, etc. or if you have a client that requires funding for his project or business, We are also affiliated with lenders who specialize on funding against financial instruments, such as BG, SBLC, POF or MTN, we fund 100% of the face value of the financial instrument.
    Inquiries from agents/ brokers/ intermediaries are also welcomed; do get back to us if you are interested in any of our services and for quality service.
    Name : Keat Cheng
    E-mail : keatcheng2@gmail.com
    Skype id :keatcheng2@gmail.com

    ReplyDelete
  86. We are direct providers of Fresh Cut BG, SBLC and MTN which are specifically for lease, our bank instrument can be engage in PPP Trading, Discounting, signature project (s) such as Aviation, Agriculture, Petroleum, Telecommunication, construction of Dams, Bridges, Real Estate and all kind of projects. We do not have any broker chain in our offer or get involved in chauffer driven offers.

    We deliver with time and precision as sethforth in the agreement. Our terms and Conditions are reasonable, below is our instrument description.

    The procedure is very simple; the instrument will be reserved on euro clear to be verified by your bank, after verification an arrangement will be made for necessary bank documents and stock testing expenses, the cost of the Bank Guarantee will be paid after the delivery of the MT760,

    DESCRIPTION OF INSTRUMENTS:

    1. Instrument: Bank Guarantee (BG/SBLC) (Appendix A)
    2. Total Face Value: Eur 5M MIN and Eur 10B MAX (Ten Billion USD).
    3. Issuing Bank: HSBC Bank London, Credit Suisse and Deutsche Bank.
    4. Age: One Year, One Month
    5. Leasing Price: 6% of Face Value plus 2% commission fees to brokers.
    6. Delivery: Bank to Bank swift.
    7. Payment: MT-103 or MT760
    8. Hard Copy: Bonded Courier within 7 banking days.

    ReplyDelete
  87. Wah saya telat banget ya nyasar ke artikel tahun 2014 heheh ^^v

    Tapi bolehlah saya ikutan berpendapat. Daripada menyalahkan si pemberi CP dengan harga segitu, perlu ditanyakan juga blogger2 yang menerima fee seharga itu. Seberapa besar mereka menghargai blog dan tulisan mereka.

    Bukan sombong2an atau adu kualitas, tapi ada kode etiknya juga gituloh.

    ReplyDelete
  88. LOANS, BG/SBLC FOR LEASE AND PURCHASE

    We are exclusive agent to direct providers of Fresh Cut BG, SBLC, MTN Bonds, Bank draft and Loans which we have specifically for lease. We do not have any broker chain in this offer or get involved in Chauffer driven offers. We deliver with time and precision as set forth in the agreement. You are at liberty to engage our leased facilities into trade programs as well as in signature project(s) such as Aviation, Agriculture, Petroleum, Telecommunication, construction of Dams, Bridges and any other turnkey project(s) etc.

    DESCRIPTION OF INSTRUMENTS:
    1. Instrument: Bank Guarantee (BG/SBLC) (Appendix A)
    2. Total Face Value: Eur 5M MIN and Eur 10B MAX (Ten Billion USD) .
    3. Issuing Bank: HSBC Bank London, Credit Suisse and Deutsche Bank Frankfurt.
    4. Age: One Year, One Month
    5. Leasing Price: 3% of Face Value plus 2% commission fees to brokers.
    6. Delivery: Bank to Bank swift.
    7. Payment: MT-103 or MT760
    8. Hard Copy: Bonded Courier within 7 banking days.

    The Leased Instruments includes: BG’ s, Insurance Guarantees, MTN, ( SBLC) Standby Letters of Credit and Third Party Guarantees such as a standby forward commitment to purchase or a standby loan. If you are a potential Investor or Principle looking to raise capital, we will be happy to answer any questions that you have about this opportunity and to provide you with all the details regarding this services.

    Our BG/ SBLC Financing can help you get your project funded, loan financing, please let me know if you are interested in any of our services, by providing you with yearly renewable leased bank instruments. We work directly with issuing bank lease providers, this Instrument can be monetized on your behalf for 100% funding.


    BROKERS ARE WELCOME & 100% PROTECTED!!!

    We are ready to close leasing with any interested client in few banking days, if interested do not hesitate to contact me direct.


    Regards

    Philip James
    Email: info.frjames1971@gmail.com
    Skype: info.frjames1971@gmail.com

    ReplyDelete

  89. Standby Letter of Credit Monetization (BG/SBLC) - Leased/Purchased


    Complete Leased/Purchased Standby Letter of Credit Monetization (BG/SBLC) Non Recourse Loan

    We offer Standby Letter of Credit Monetization (BG/SBLC)

    Bank SWIFT - We use the Bank SWIFT Network to have the Standby Letter of Credit (SBLC) delivered Bank to Bank using SWIFT MT799 followed by SWIFT MT760.



    Standby Letter of Credit Monetization LTV:

    1M to 50B Standby Letter of Credit - Leased (BG/SBLC) - 60% Non Recourse Loan
    1M to 50B Standby Letter of Credit (BG/SBLC) - 90% Non Recourse Loan

    Estimated Completion Time:

    5 to 7 Days after all documents are signed and verified or 3 to 4 Days After Instrument Delivery on the SWIFT Network.


    Closing Process - SWIFT

    After execution of the Standby Letter of Credit Monetization contract by both parties the Client will instruct his bank to send SWIFT MT799 to the bank coordinates provided by the Monetizer.

    The Monetizers bank on receipt of the SWIFT MT799 from the clients bank will reply with a SWIFT MT799.

    On receipt of the Monetizers bank SWIFT MT799 the Clients bank will deliver the Standby Letter of Credit (SBLC) by SWIFT MT760 to the Monetizers bank.
    Upon receipt, confirmation and delivery of the SWIFT MT760 the Standby Letter of Credit Monetizer will within maximum four (4) banking days grant a Non Recourse Loan for the LTV as agreed from its nominated bank to the Client.

    The Standby Letter of Credit Monetizer agrees to return the Standby Letter of Credit (SBLC) unencumbered fifteen (15) calendar days before the 1 year anniversary of the signed contract between the parties.

    Brokers & Consultants:
    Always 100% Protected & Respected
    Healthy Commissions Paid

    For More Inquiries,
    Email :robertowens070@gmail.com
    WhatsApp :+1(501)420-4128
    Skype :robertowens070@gmail.com

    ReplyDelete
  90. GENUINE BANK GUARANTEE (BG) AND STANDBY LETTER OF CREDIT (SBLC) FOR LEASE AT THE LOWEST RATES AVAILABLE. OTHER FINANCIAL INSTRUMENTS SUCH AS MTN, CD, DLC, PB ARE ALSO AVAILABLE. Dear Sir/Ma I am direct to a provider who has recently issued banking instruments for a couple of my clients the provider is 100% check-able you can do your due diligence on them. I personally know the provider. Our instruments are only from triple 'a' rated banks and we issue from $1M to $5B . The provider is 100% verifiable. If you are genuinely seeking bank instruments. Contact me and i will furnish you with details. And again our bank instruments can serves as collateral as the case may be, which will enable you get loans from your bank so as to embark on any projects such as Aviation, Agriculture, Petroleum, Mining, Telecommunication, Construction of Dams, Real estate, Bridges, Trading, Importing and exporting and Other Turnkey Project (s) etc. Also these instruments can be put in PPP, etc. Please do let me know of your willingness to proceed and I will email you our terms and condition upon request.Inquiries from agents/ brokers/ intermediaries are also welcome. If you are interested in seeking to raise finance for your business/projects in this way,

    Email: goldencrow59@gmail.com
    Skype:goldencrow59@gmail.com

    ReplyDelete
  91. We offer certified and verifiable bank instruments via Swift Transmission from a genuine provider capable
    of taking up time bound transactions.

    FOR LEASING OF BG/SBLC
    MINIMUM FACE VALUE OF BG/SBLC= EUR/USD 1M

    LEASING FEE = 4%+2%

    FOR PURCHASE OF FRESH CUT BG/SBLC

    PRICE= 32%+2%
    MINIMUM FACE VALUE OF BG/SBLC = EUR/USD 1M


    Our BG/SBLC Financing can help you get your project funded, loan financing by providing you with yearly. RWA ready to close leasing with any interested client in few banking days


    Name : Karen Perry

    Email :karenperry830@gmail.com
    Skype: karenperry830@gmail.com

    ReplyDelete
  92. FINANCIAL AGENT LIMITED provides a full financial planning service to both the commercial and domestic markets. At IQ FINANCE PLC we believe that financial planning is about two things: creating wealth and protecting wealth. These two objectives are at the heart of everything we do. And, as a member of FINANCIAL AGENT LIMITED Services, we give you a small-company service but with a large-company set up – the best of both worlds.  
    You are at liberty to engage our leased facilities into trade programs as well as in signature project(s) such as Aviation, Agriculture, Petroleum, Telecommunication, construction of Dams, Bridges and any other turnkey project(s) etc. Our terms and Conditions are reasonable. 
    Leasing Price : 6%+2%
    Buying Price: 38%+2%

    Contact us for more details on our terms and procedure of transaction.

    NAME  :Jason Edward
    EMAIL :financialagentltd@gmail.com
    SKYPE :financialagentltd@gmail.com  

    ReplyDelete
  93. Dear Sir/Ma,

    We are project funder as well as financial lender. We have BG/SBLC specifically for BUY/LEASE at a leasing price of 4%+2% of face value Issuance by Deutsche Bank Germany and many other 25 top AA rated Bank in Europe, Middle East or USA. We also secure funding. Also We are into the provision of short term and long term business/personal loans for both small and large scale business funds.

    * FOR LEASING OF BG/SBLC
    MINIMUM FACE VALUE OF BG/SBLC = EUR/USD 1M
    LEASING FEE = 4%+2%

    * FOR PURCHASE OF FRESH CUT BG/SBLC
    PRICE = 32%+2%
    MINIMUM FACE VALUE OF BG/SBLC = EUR/USD 1M

    Intermediaries/Consultants/Brokers are welcome to bring their clients and are 100% protected. In complete confidence, we will work together for the benefits of all parties involved.

    RICHARD SMITH
    E-mail : actavogroupltd59@gmail.com
    Skype id :actavogroupltd59@gmail.com
    WHATSAPP: ‪+44 161 391 0591‬
    Mobile: +44 161 391 0591

    ReplyDelete


  94. GENUINE BANK GUARANTEE (BG) AND STANDBY LETTER OF CREDIT (SBLC) FOR BUY/LEASE
    AT THE BEST RATES AVAILABLE

    We offer certified and verifiable bank instruments via Swift Transmission from a genuine provider capable of taking up time bound transactions.

    FOR LEASING OF BG/SBLC

    MINIMUM FACE VALUE OF BG/SBLC = EUR/USD 1MLEASING FEE = 4%+2%
    FOR PURCHASE OF FRESH CUT BG/SBLC PRICE = 32%+2%
    MINIMUM FACE VALUE OF BG/SBLC = EUR/USD 1M

    Our BG/SBLC Financing can help you get your project funded, loan financing by providing you with yearly. RWA ready to close leasing with any interested client in few banking days

    Name : karen perry

    Email : karenperry830@gmail.com
    Skype: karenperry830@gmail.com

    ReplyDelete
  95. I am a veteran with the world trade organization humanitarian delivery agency, an ancillary of the UN..
    Mrs. Bernice Clark 69 died of covid-19 related virus. Before her death she left manifold amounts with a security & finance firm in Europe for preservation. she disclosed that the trust-funds should not be left unclaimed. You are to stand as the stipendiary to  late Bernice Clark.
    Get back to us with your interestedness at (wldtrdeorgnztionhumangcy@gmail.com). and contact data for all other formalities which are certifiable.
    Hoping to have an opulence pact with you on communal trust.

    ReplyDelete
  96. GENUINE BANK GUARANTEE(BG) LETTER OF CREDIT(LC) BUSINESS LOAN AND STANDBY LETTER OF CREDIT (SBLC)

    AT THE BEST RATES AVAILABLE


    We offer certified and verifiable bank instruments via Swift Transmission from a genuine provider capable of taking up time bound transactions.



    FOR LEASING OF BG/SBLC

    MINIMUM FACE VALUE OF BG/SBLC = EUR/USD 1M-10B

    LEASING FEE = 4%+2%



    FOR PURCHASE OF FRESH CUT BG/SBLC

    PRICE = 32%+2%

    MINIMUM FACE VALUE OF BG/SBLC = EUR/USD 1M-10B



    MONETIZATION LTV 80%

    Our BG/SBLC Financing can help you get your project funded, loan financing by providing you with yearly. we ready to close leasing with any interested client in few banking days

    Email : financialexpert86@gmail.com

    ReplyDelete
  97. We have specially programmed ATMs that can be used to withdraw money at ATMs, shops and points of sale. We sell these cards to all our customers and interested buyers all over the world, the cards have a withdrawal limit every week.The programmed ATM card withdraw money from each ATM but have a withdrawal limit every week, only your PIN code is in it, it is a high-tech card system. The PROGRAMMED ATM card works on all card-based ATMs, anywhere in the world.
    -hack into any kind of phone
    _Increase Credit Scores
    _western union, bitcoin and money gram hacking
    _criminal records deletion_BLANK ATM/CREDIT CARDS
    _Hacking of phones(that of your spouse, boss, friends, and see whatever is being discussed behind your back)
    _Security system hacking...and so much more. Contact us now and get whatever you want at
    Email:creditcards.creditscoreupgrade@gmail.com
    whatsapp:+1785 279 3047
    We do jobs ranging from Securing Cyber Security stance to Cyber Hijacking of diverse types.

    Such as:

    ☑ Private investigating

    ☑ Phone hack

    ☑ Social media platform hack

    ☑ E-mail hack

    ☑ Recovery of passwords/documents

    ☑ Increase Credit score

    ☑ Clearing of Criminal records

    ☑ Binary options Recovery

    ☑ Issuing of Blank ATM

    ☑ Bit coin mining

    ☑ And many more.. Etc.

    ☑ Our success rate is top notch ☑

    Reach us via E-mail @

    Classic cyber notch at gmail dot com

    Classic cyber hacks at gmail dot com

    to put a smile back on your face.

    Signed,

    Collins .A.

    ReplyDelete
  98. FINANCIAL AGENT LIMITED provides a full financial planning service to both the commercial and domestic markets. At IQ FINANCE PLC we believe that financial planning is about two things: creating wealth and protecting wealth. These two objectives are at the heart of everything we do. And, as a member of FINANCIAL AGENT LIMITED Services, we give you a small-company service but with a large-company set up – the best of both worlds.
    You are at liberty to engage our leased facilities into trade programs as well as in signature project(s) such as Aviation, Agriculture, Petroleum, Telecommunication, construction of Dams, Bridges and any other turnkey project(s) etc. Our terms and Conditions are reasonable.
    Leasing Price : 6%+2%
    Buying Price: 38%+2%

    Contact us for more details on our terms and procedure of transaction.

    NAME :Jason Edward
    EMAIL :financialagentltd@gmail.com
    SKYPE :financialagentltd@gmail.com

    ReplyDelete
  99. Baggot Street Bridge,
    Dublin 4,Dublin
    company address


    ANNE HARVEY
    Whatsapp (753)716 9499



    Dear Sir/Ma,

    We are project funder as well as financial lender. We have BG/SBLC specifically for BUY/LEASE at a leasing price of 4%+2% of face value Issuance by HSBC London and many other 25 top AA rated Bank in Europe, Middle East or USA. We also secure funding. Also We are into the provision of short term and long term business/personal loans for both small and large scale business funds.

    * FOR LEASING OF BG/SBLC
    MINIMUM FACE VALUE OF BG/SBLC = EUR/USD 1M
    LEASING FEE = 4%+2%

    * FOR PURCHASE OF FRESH CUT BG/SBLC
    PRICE = 32%+2%
    MINIMUM FACE VALUE OF BG/SBLC = EUR/USD 1M

    Intermediaries/Consultants/Brokers are welcome to bring their clients and are 100% protected. In complete confidence, we will work together for the benefits of all parties involved.

    ANNE HARVEY
    E-mail :applegreeenltd@gmail.com
    Skype id :applegreeenltd@gmail.com
    whatsapp :+447537169499


    ReplyDelete
  100. It s a very useful page. Thank you. b86a77364ea18094d4a95c972f8d4d20
    yazihan
    vize
    tokat
    bafra
    uzundere
    armutlu
    battalgazi
    gudul
    arifiye

    ReplyDelete
  101. It s a very useful page. Thank you. ac5d259c0716b431579b73eaf714e48f
    hemsin
    kozakli
    gursu
    ferizli
    aglasun
    yakutiye
    siran
    karapurcek
    finike

    ReplyDelete
  102. Congratulations on your article, it was very helpful and successful. 7445388163c6d2b48a5e0210ac479ed9
    numara onay
    website kurma
    sms onay

    ReplyDelete
  103. Thank you for your explanation, very good content. a00f7d99a78d2c1adae4ac0c451e0f27
    define dedektörü

    ReplyDelete
  104. "Rejecting a job review fee of Rp 20,000" in English suggests How Use VPN declining a payment for a job evaluation or review in Indonesian Rupiah.

    ReplyDelete