Google Adsense

Ruangguru.com, Bantu Belajar di Era Digital



Saya mempercayai orangtua, bukan hanya Ibu adalah Sekolah pertama anak . Ya, orangtua adalah guru dan contoh yang menjadi model bagi anak-anaknya. Sebelum anak mendapat pendidikan secara formal di sekolah, orangtualah yang berperan dalam mengasuh dan mendidik anak-anaknya untuk mengenal semua hal dalam hidup.

Seiring bertambahnya usia mereka, kebanyakan orangtua akan memasukan anaknya ke lembaga pendidikan formal, yaitu sekolah. Pada perjalanan, tidak semua kurikulum dan system pendidikan dapat dengan mudah dicerna anak. Orangtua bahkan harus ikut belajar untuk dapat mendampingi anak-anaknya.

Menurut Charles Darwin, Bapak Teori Evolusi, Yang mampu bertahan bukanlah yang terkuat, melainkan mereka yang mampu beradaptasi. Demikian juga dengan era digital. Para orangtua tidak akan mampu membendung perubahan situasi dan keadaan. Beradaptasi adalah kunci untuk dapat bertahan dan mengatasi setiap perubahan.

Begitu juga dengan dunia komunikasi dan informasi yang memasuki era digital. Di mana segala sesuatu dapat dilakukan dari genggaman tangan melalui telepon pintar. Ya, kita sudah memasuki era digital di mana segala sesuatu bisa dilakukan secara mobile, sehingga ruang dan waktu bukan lagi kendala.

Namun tidak bisa dipungkiri, diperlukan banyak informasi dan komitmen dari orangtua dalam mendampingi anak-anaknya belajar. Sayangnya tidak semua orang memiliki waktu, kemampuan dan kesabaran. Kondisi ini menyebabkan adanya gap atau jurang yang jika tidak diatasi akan menjadi kendala di kemujdian hari. Bukan hanya kendala hubungan anak dan orangtua tapi menyangkut anak dan pola belajarnya.

Di era digital sekarang, mempermudah banyak orang dalam mencari bantuan dan informasi. Bukan cuma informasi pengetahuan umum, belajar praktis tapi juga belajar dengan metode tradisional, dimana anak memerlukan pelajaran tambahan sehingga membutuhkan guru bantu/guru les. Telah hadir aplikasi di telepon pintar yaitu Ruangguru.com. Dengan Moto, Belajar apapun dari siapapun.

Beberapa waktu lalu, kami para ibu yang juga blogger dari Kumpulan Emak Blogger diundang mengikuti gathering bersama Ruangguru.com. Bertempat di sebuah restorant Omah sendok di kawasan kebayoran Baru Jakarta-Selatan. Gathering berjalan seru dan asyik.  Restoran yang menempati rumah kuno, memberi kesannya nyaman dan “feel like at home”. Mulai dari teras masuk, hingga ke ruang pertemuan, disajikan permandangan yang membuat nyaman. Bahkan makanan yang disajikanpun berasa makanan rumah.

Selanjutnya Co founder Ruangguru.com Iman Usman, berbagi kisah yang melatar belakangi berdirinya Ruangguru.com. Iman usman praktisi pendidikan yang menyelesaikan pendidikan S2 di Amerika, bercerita bagaimana ia kesulitan mencari informasi seputar orang/lembaga yang bisa memberikan bantuan belajar tambahan guna melengkapi kesiapannya bersekolah di Amerika.

Banyak informasi lembaga/orang yang bersedia memberi pelajaran tambahan namun tidak ada standar harga, tidak jelas latar belakang pendidikan dan lain-lain, sehingga menyulitkan untuk mengetahui kwalitasnya.
Berdasarkan hal itu Iman tertantang untuk membuat Ruangguru.com, sebuah website yang bertujuan membantu memberikan informasi bagi masyarakat yang ingin mencari guru privat berkwalitas. Bukan hanya pelajaran formal ala sekolahan tapi juga pelajaran lain seperti balet, beladiri (kungfu, yudo, karate dll) atau guru lukis, guru music dll.

uk tryout secara online dengan banyaknya soal-soal ujian yang dapat diunduh. Dan layanan terbarunya, yaitu aplikasi Ruangguru sebagai solusi belajar online. Nah, walaupun masih dalam versi beta, namun sudah dapat diunduh di Google Play Store. Bagi pengguna Iphone, sabar ya.. katanya sih menyusul. 

Ruangguru.com bisa menjadi tambang untuk mendapatkan penghasilan tambahan, dimana siapa pun dapat bergabung sebagai guru yang pastinya ada tes untuk verifikasinya. Ini jadi berguna juga untuk konsumen yang mencari guru untuk belajar bagi diri sendiri atau bagi anaknya. Era digital sungguh mempermudah akses banyak orang untuk informasi. Apalagi kebanyakan konsumen di kota besar memiliki telepon pintar. Sehingga waktu dan ruang tidak lagi menjadi kendala untuk belajar.

Sebelum acara dimulai, Para Emak Blogger dipersilakan foto-foto narsis. Blogger no picture is hoax. Maka dengan atribut yang sudah disediakan Ruangguru.com, para emak blogger memunculkan sifat narsisnya. Spot-spot resto yang cantik, membuat para Emak Blogger makin asyik berfoto cantik. Alasan lain karena ada foto kompetisi di intagram yang bakal memenangkan uang belanja. Emak mana yang menolak ditawari uang belanja? 

Sibuk menyimak dan mencoba app Ruangguru.com
Ruangguru. bisa dimanfaatkan konsumen yang ingin mencari uang dengan bergabung sebagai guru atau konsumen yang mencari guru untuk belajar bagi diri sendiri atau bagi anaknya. Era digital sungguh mempermudah akses banyak orang untuk informasi. Apalagi kebanyakan konsumen di kota besar memiliki telepon pintar. Sehingga waktu dan ruang tidak lagi menjadi kendala untuk belajar.

Tanya jawab berlangsung seru dan heboh. Para Emak Blogger antusias bertanya dan berbagi pengalaman dalam mengunduh dan memanfaatkan apps Ruangguru. Penggunaanya sangat mudah karena konsumen yang sudah mengunduh ditelepon pintarnya, tinggal buat akun dengan memasukkan email telepon dan password. Setelah itu akan ada pilihan tingkat pendidikan dan mata pelajaran.


 Dalam masa promosi, konsumen bisa menggunakan kesempatabn untuk belajar yang akan dilayani para guru di ruangguru.com secara gratis selama sebulan. Jika konsumen memiliki soal yang perlu bantuan, tinggal foto soal tersebut, unggah di ruangguru.com , nanti akan ada guru yang merespon persoalan yang ingin konsumen diskusikan .

Sebagai orangtua dari sepasang anak, kelas satu SMP dan kelas satu SMA, apps Ruangguru.com ini sangat membantu. 

Jujur, khusus pelajaran eksak seperti matematika, saya sudah kurang bisa mengikuti karena itu saya membutuhkan bantuan. Sementara untuk guru bantu/guru les menurut penjelasan Co Founder Iman Usman memberikan jaminan garansi uang kembali 100 %, jika guru tadi dirasa cara pengajarannya kurang cocok. So, manfaatkan telepon pintar kita untuk membantu anak-anak kita belajar. Lewat ruangguru.com, kita bisa membantu anak-anak mendapat informasi pelajar dengan lebih cepat dan praktis.
   



Senang bisa menambah ilmu dan wawasan baru, plus silaturahmi dengan sesama blogger. 

5 comments:

  1. Foto2nya banyak..makasih ya mami ica buat foto2nya

    ReplyDelete
  2. Waaah serunya acaranyaa. Jadi penasaran sama aplikasi baru ini. Ntar cobain download ah.. Makasi sharingnya ya Bunda Icha..

    ReplyDelete
  3. menurut saya sih, masih banyak perubahan infrastruktur yang harus dibuat sama Iman dan foundernya :)

    ReplyDelete
  4. semoga aplikasinya segera beralih dari beta

    ReplyDelete
  5. Seru kyknya acaranya bun. bentar lagi anak pertamaku insyaallah masuk TK. Apa ruangguru.com ini ada menjangkau anak usia pra sekolah ya? blm download sih....

    ReplyDelete