Google Adsense

Mobil Bekas Tetap Diperlukan




Akhir bulan lalu, saya menghadiri gathering media dan blogger yang diselenggarakn Mobil123, sebuah portal otomotif no 1 di Indonesia. mengangkat tema: MOBIL BEKAS, SOLUSI KEBUTUHAN ANDABertempat di sebuah resto di kawasan Jakarta Selatan, gathering  ini dikemas dalam bentuk takshow. Menghadirkan Halomoan Fischer Lumbantoruan, Chief Operational Officer dari  Mobil 88, dan Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director dari PT. Hyundai Mobil Indonesia.

Kepemilikan kendaraan roda empat di kota-kota besar bukan lagi sekadar gaya hidup tapi sudah menjadi kebutuhan. Namun terkadang dana yang ada tidak cukup untuk membeli mobil baru. Karena ketika dana yang ditargetkan terkumpul, harga mobil sudah naik. Ingin memiliki mobil tapi dana nggak cukup? Nggak perlu khawatir, gunakan dana yang ada untuk membeli mobil bekas.


Halomoan Fischer Lumbantoruan, Chief Operational Officer dari  Mobil 88
Bp. Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director dari PT. Hyundai Mobil Indonesia
Hammish Stone (Chief Executive Officer dari PT iCar Asia)  Joe Dische (Chief Finance Officer dari PT iCar Asia)

Gathering di mulai dengan makan siang dan dihibur home band resto, berlangsung seru dan interaktif. Halomoan Fischer Lumbantoruan mengatakan: "Sampai Kapanpun Mobil Bekas tetap ada dan diperlukan". hal senada juga dikatakan, Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director dari PT. Hyundai Mobil Indonesia mengatakan walau konsenterasi utama adalah penjualan mobil baru namun penjualan mobil bekas justru diperlukan untuk "memperkuat" penjualan mobil baru. Perusahaan bisa memperlihatkan keunggulan mobil bekas. Kalau mobil bekas saja masih baik, tentu mobil baru lebih baik lagi. karna produksi mobil baru selalu disertai inovasi, perbaikan kualitas dan teknologi.

Khawatir mobil bekas nggak ok? Kekhawatiran yang wajar, namanya juga mobil bekas. Selama bekasnya bekas pemakaian, ya nggak perlu khawatir. jangan mobil bekas, bekas kecelakaan, atau bekas kebanjiran. Sebetulnya perusahaan penjualan mobil bekas juga mempunyai aturan. Menurut Halomoan Fischer Lumbantoruan, pihaknya justru sebisa mungkin tidak menerima mobil bekas kecelakaan atau bekas kebanjiran. Ini menjadi salah satu tips utama yang harus diperhatikan bagi masyarakat yang akan membeli mobil bekas.

Lalu darimana tahunya, mobil tersebut bekas kecelakaan atau bekas kebanjiran. Baik Halomoan Fischer maupun Hendrik Wiradjaja, mengatakan ada banyak tips pembelian mobil bekas tapi kalau dijelaskan nggak cukup seharian. Satu hal yang harus diingat, kalau mau beli mobil bekas, belilah di show room yang terpercaya dan berpengalaman.

Kredibiltas yang dibangun puluhan tahun, bisa menjadi dasar kepercayaan. Keberadaan perusahaan yang membohongi konsumen nggak bakal bertahan. karena kami bukan sekedar menjual janji tapi membantu masyarakat mendapatkan apa yang dibutuhkan dengan kualitas yang terbaik. Buktinya perusahaan penjualan mobil bekas termasuk Mobil 88  sudah mempunyai aturan dan pengetahuan. Bahkan secara khusus melakukan pendidikan pada tim yang nantinya bakal diturunkan untuk mengecek mobil-mobil bekas yang akan di beli, untuk dijual kembali.

Jadi secara umum, nggak perlu khawatir membeli mobil bekas selama membelinya di perusahaan-perusahaan yang berkualitas. masyarakat memang terbantu dengan adanya penjualan mobil bekas karena kenyataannya, bagi sebagian masyarakat membeli mobil bekas bukan karena tidak cukup dana. sebaliknya karena hobi. Jadi kegemaran menyukai mobil dari merk tertentu, keluaran tahun tertentu, menjadi salah satu dinamika penjualan mobil bekas. Mobil-mobil bekas yang diingankan dengan kriteria tertentu selalu dicari.

Memang sih membeli mobil bekas memiliki kekurangan tapi juga memiliki kelebihan. Pertama dari harga, otomasti harganya lebih murah dari mobil baru. Membeli mobil bekas, secara administrasi tidak ribet karena bisa langsung digunakan. Berbeda dengan mobil baru yang harganya lebih mahal dan kepemilikan administrasinya memerlukan waktu untuk diurus.

Tingginya minat pembelian mobil bekas di indonesia menjadi salah satu alasan PT. Hyundai Mobil Indonesia terjun kepenjual mobil bekas lewat Dealer Autosafe. bahkan memberikan garansi hingga 65 Km pemakaian atau 3 tahun. (Mana yang lebih dulu)

Beberapa hal atau tips sederhana yang perlu diingat untuk membeli mobil bekas, adalah profil penggunanya. Menurut Halomoan Fischer, kalau penggunanya apik. Biasanya mobilnya juga rapi. Terlihat dari interior (dalamnya rapi, nggak bernatkan penuh kulit permen. bekas rokok, atau bon-bon parkir) eksterior, tidak penuh baret-baret. memang tidak semua hal semacam itu bisa menjadi indikasi, namun tetap bisa menjadi pertimbangan.

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah, kondisi mesin dan bodi mobil. Kalau bekas kecelakaan atau bekas banjir tetap akan ada ciri yang terlihat. Mobil bekas layak pakai itu dari segi tahun, maksimal usianya 5 tahun pemakaian sejak dikeluarkan.  Dengan asumsi mobil tadi berusia 5 tahun, maka masih layak pakai hingga 5 tahun ke depan. Jadi nggak perlu ragu membeli mobil bekas. Jangan lupa belilah pada perusahaan yang berkualitas dan memiliki track record baik. 
Sebagian Blogger yang hadir

37 comments:

  1. Iya, Bund. Ngeri juga sih kalau Mobil bekas kecelakaan atau terendam banjir. Fisiknya pasti udah enggak oke banget dan bakal nguras isi kantong untuk perbaikan ini itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musti cerdas pilih show room

      Delete
  2. Teliti sebelum membeli. Berhati lebih baik dari pada menyesal kemudian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, teliti sebelum menyesal

      Delete
  3. pastinya cek dan ricek ya bun sebelum membeli mobil bekas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mencegah kerugian yg lebih besar emang harus cek and rechek

      Delete
  4. Bener Mami, kepemilikan mobil sekarang karena kebutuhan dan memang sangat diperlukan. Aku pernah beli mobil bekas, tapi Alhamdulillah dapat dari teman dan kondisinya masih bagus. Ya, pilih-pilih juga sich kalau mau membeli mobil bekas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju harus pilih pilih dong walau bekas.

      Delete
  5. Aku juga ngincer mobil bekas.krn dananya baru cukup utk beli itu. Jadi makin tahu nih gimana cara milih mobil bekas seperti baru lewat mobil123.com :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. moga kelak dari mobil bekas bisa beli mobil baru ya.

      Delete
  6. Wah...jd pengen beli mobil bekas klu bagus dan terpercaya begini nih...buat lebaran asyek

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelang lebaran, pasar mobil bekas naik aun karena banyak orang cari mobil bekas buat di bawa ke kampung.

      Delete
  7. Sudah tahu tipsnya, tinggal nabung buat belinya nih..Hehehe nice info bun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh mending nabung buat menghalalkan cewek deh

      Delete
  8. Dari segi harga mobil bekas lebih ekonomis tapi ya itu harus tetap teliti sebelum membeli dan satu lagi beli di showroom terpercaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, showroom terpercaya itu kuncinya.

      Delete
  9. Waaah, thanks for sharing, bund. Kadamg orang nggak ngerti tips dan trik membeli kendaraan seken. Kemarin ada temenku ketipu. Pas belinya sih mulus dan bisa jalan. Eh seminggu setelah di rumah, itu mobil matot. Mesinnya mati dan ga bisa diapa2in. Aku tunjukin aj artikel ini ke beliau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya neng, kudu ati-ati. Orang baik banyak tapi yang nggak baik juga banyak

      Delete
  10. Punya mobil walaupun bekas sangat membantu kita terutama dlm keadaan darurat, seperti sakit, atau nganter ibu berobat misalnya. Dan untuk mbeli mobil bekas juga hrs hati-hati dan teliti supaya bisa mendapatkan mobil yg di harapkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mobil sudah bukan gaua hidup tapi sudah jadi kebutuhan. walau bekas sangat membantu

      Delete
  11. Bagi emak-emak, mobil bekas juga nggak masalah asalkan masih oke, kan sisa dana bisa buat beli sembako, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup. emak-emak selalu ingat uang belanja walau mobil tetap mau punya.

      Delete
  12. Beli mobil bekas juga tidak masalah ya Bunda, asal pintar memilihnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Aan, harus pandai memilih

      Delete
  13. Supaya gak ketipu saat beli mobi bekas emang baiknya bei di showroom yg terpercaya ya bun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ketipu itu ngeselin banget

      Delete
  14. Woaaah thanks buncha buat infonya. Jadi makin tahu deh tempat yang kece buat beli mobil bekas :D

    ReplyDelete
  15. Punya pengalaman, si abang beli mobil bekas yg gak sesuai tawaran. Bener2 ketipu. Mobil123 nih bisa jadi pilihan kalo mau beli mobil bekas ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah, pentingnya cari info lebih dulu

      Delete
  16. Informatif ya bun postingan ini.makasi

    ReplyDelete
  17. Informatif ya bun postingan ini.makasi

    ReplyDelete
  18. Informatif ya bun postingan ini.makasi

    ReplyDelete
  19. Jadi inget terangga yg beli mobil bekas ngronggong duit krn ga dpt show room yg tepat ya.memang penting bgt dpt showroom tpercaya

    ReplyDelete
  20. Jadi kepikiran buat beli mobil bekas. Yang klasik gt hehe

    ReplyDelete
  21. Nice info Bund,sangat bermanfaat.

    ReplyDelete