Google Adsense

Tepung Kelapa, Alternatif Solusi Nutrisi Bagi Pengidap Diabetes




Kalbe Farma, di bawah brand H2-Health and Happinest mengeluarkan produk Tepung kelapa. Tepung kelapa dengan indeks glikemi rendah sangat baik bagi pengidap diabetes. Tepung kelapa terbuat dari ampas kelapa yang melalui proses penelitian panjang para ahli di Intitut Pertanian Bogor, Dari ampas kelapa yang memang memiliki tinggi serat, lalu diproses untuk  mengeluarkan zat-zat kurang baik dari kelapa.  Tepung Kelapa, Alternatif solusi nutrisi bagi pengidap diabetes.

Kok kepikiran yah? Adalah Dr. Didah Nur Faridah, Kepala Pengembangan Layanan Analisis Pangan, Institut Pertanian Bogor,  salah satu orang di belakang produk Tepung kelapa. Dr. Didah melakukan penelitian campuran nasi dengan tepung kelapa  yang menghasilkan kombinasi  seimbang dan memiliki  indeks glikemik rendah. Dengan indeks gilkemik rendah, membuat penyerapan glukosa lebih lama dan lebih lambat diserap darah. Otomatis jadi lebih lama kenyang. kalau kenyang, orang tidak akan mencari cemilan.

Bicara cemilan, ini salah satu pola makan kebanyakan orang Indonesia. Apalagi gorengan yang kriuk-kriuk. Nggak afdol kalau belum ngemil gorengan. Pola-pola makan seperti itu, termasuk terlambat makan, atau makan manis berlebihan, menjadi penyebab meningkatkan pengidap diabetes. Kini ada Tepung Kelapa, Alternatif solusi nutrisi bagi pengidap diabetes. Satu lagi minum. Minuman manis sering tidak teringat atau dihitung, padahal minuman ringan bersoda, atau kopi dan teh dengan gula, juga penyumbang penyebab meningkatnya pengidap Diabetes. Untuk soal minum, harga mati, cukup air putih. Murah dan paling sehat. Minumlah 8 gelas sehari air putih, hidup sehat sudah anda dapatkan. Orang hidup bukan cuma butuh air tapi cukup makanan bernutrisi. 

Dalam Program GERMAS-Gerakan Masyarakat Hidup Sehakat.  3hal yang terus diingatkan untuk dilakukan semua orang. Yaitu perbanyak olahraga, tingkatkan konsumsi sayur dan buah serta cek kesehatan secara rutin. Sekarang ada Tepung Kelapa, alternatif solusi nutrisi bagi pengidap diabetes


drg. Dyah Erti Mustikawati, MPH mengatakan, ada 5 pilar  penatalaksanaan diabetes, yaitu:
1. Edukasi gaya hidup Berkelanjutan. Harus terus diedukasi dengan berbagai macam informasi agar yang bersangkuatn tahu dengan persis terkait penyakitnya. Agar bisa hidup nyaman walau dengan diabetes.

2. Teraphy Nutrisi, Diabetes ini erat kaitannya dengan pola makan. Pada penderita diabetes yang selalu diingatkan adalah 3 J- Jenis, jumlah dan jadwal makan. Bisa mengkonsusmi Tepung Kelapa, alternatif solusi nutrisi bagi pengidap diabetes


3. Aktifitas Fisik. Minimal harus sekitar 150 menit lama waktu berolahraga dalam satu minggu. Bisa 30 menit selama 5 hari atau 50 menit seminggu 3 kali.

4. Teraphy farmakologi, Tablet atau suntik insulin. Pengidap diabetes harus rutin dan teratur mengkonsumsi obat untuk menstabilkan gula darah. Harus dipastikan bagaimana kondisinya agar tau perlu atau tidak suntik insulin, dsbnya.

5. Swa Monitoring. harus secara rutin dan teratur memonitor tekanan gula darah.

Kelima pilar ini dilakukan jika sudah terkena diabetes, lalu bagaimana kalau belum? Keputusan ada di masing-masing individu. Artinya sebelum atau sesudah terkena diabetes, menjaga gaya hidup dan pola makan tetap harus dilakukan. Sebelum terkena, mulailah menjaga dan mengatur pola makan. Juga perbanyak olahraga dan rutin cek kesehatan. 



dr, Cindiawaty Josito, MARS, MS, SpGK, ahli nutrisi mengingatkan, sering kali banyak orang orang yang tidak memperhatikan asupan makanannya. Tiba-tiba berat badannya bertambah, lalu terkejut.  Diabetes adalah salah satu Penyakit Tidak Menular. Diabetes, dikenal sebagai The Silent killer. penyakit mematikan yang tidak memberi sinyal. Persoalan lainnya, Diabetes memiliki kawan-kawan yang akan datang beriringan seperti kanker, hipertensi, dan Paru-paru. Kebayanyakan pengidap diabetes di saat ini, disebabkan gaya hidup, termasuk pola makan.

Bicara pola makan, masyarakat indonesia termasuk masyarakat dengan tingkat konsumsi sayur dan buah yang rendah. Maka tak heran kalau asupan seratnya juga kurang. Kini ada Tepung Kelapa, alternatif solusi nutrisi bagi pengidap diabetes. Tepung kelapa H2-healthy anda happinest dari kalbe Farma, terbukti memiliki indeks glikemi rendah. Cara mengkonsumsinya pun mudah. satu sendok tepung kelapa campur dengan 1/2 liter beras lalu masak. Saat matang nasi tepung kelapa siap dikonsumsi dengan lauk dan sayur-sayuran.  Soal rasa? endeuslah. Gurih-gurih sedap.


Mari cegah  Diabetes dengan CERDIK.
Cek kesehatan secara Rutin
Enyak asap rokok dan jauhi alkohol
Rajin berolahraga
Diet seimbang
Istirahat teratur
Kelola stress.

Ingat, kini ada Tepung Kelapa, alternatif solusi nutrisi bagi pengidap diabetes.

23 comments:

  1. Pas banget nih mbak. aku lagi kontrol diabetes ku dan sekalian xiet... Bisa jadi recomenreco ke suami nih. Dari Kalbe lagi ya? Jelas banget berkualitas nya

    ReplyDelete
  2. Aku ada keturunan diabetes nih bun dari papa dan mama jadi harus jaga banget makanan.
    Makasih infonya yah bun

    ReplyDelete
  3. Harga mati 8 gelas AIR PUTIH

    oke sip


    Ikutin Mami Cha aaaah... hidup sehaaaat

    ReplyDelete
  4. wah inovatif. banyak manfaat dari kelapa. saya mmg sdg mengurangi konsumsi nasi. tapi skrng ada pilihan :)

    ReplyDelete
  5. Inovatif, tepung kelapa punya manfaat lain

    ReplyDelete
  6. ada inovasi baru dr kalbe farma tntng manfaat tepung kelapa dan enak ternyata ya bun pas makan nasinya

    ReplyDelete
  7. Makasih infonya bund....jadi tenang nih sdh ada Tepung Kelapa dan jg hrs merubah pola hidup sehat dari skrng

    ReplyDelete
  8. Keren ya inovasinya rasanya juga enak.

    ReplyDelete
  9. Jalani hidup sehat dengan Cerdik dan konsumsi h2 tepung kelapa ini bisa cegah diabetes. Keren. Terima kasih ulasannya.

    ReplyDelete
  10. Wah patut dicoba nih

    ReplyDelete
  11. Kalau ada bukti ilmiah dari peneliti utk konsumsi tepung kelapa ini jdnya percaya ya bun :D
    Moga solusi nutrisi ini bisa mengurangi risiko penyakit diabetes.

    ReplyDelete
  12. Mencegah penyakit diabetes memang harus dilakukan dengan cara CERDIK ya, Buncha. Aku akan mulai lakukan lagi nih, Bun. Memang awal keliatan susah tapi kalau komit ya insyaAllah pasi bisa untuk selalu sehat :)

    ReplyDelete
  13. Diabetes memang harus ditangani dengan baik dan bagi yang belum waspada ya, hadirnya H2 Tepung Kelapa moga bisa menjadi salah satu membantu asupan sehat

    ReplyDelete
  14. Nah ini menu diet yang enak supaya tubuh mendapat asupan serat, ga cuma karbo aja.

    ReplyDelete
  15. Nah ini pilihan banget neh tepung kelapa

    ReplyDelete
  16. Bagus nih solusi yang ditawarkan kalbe dengan produk tepung kelapanya.

    ReplyDelete
  17. Aku udah coba nih tepung kelapanya Kalbe semoga bisa terus hidup sehat dan cegah diabetes

    ReplyDelete
  18. Duh aku penyuka keripik-keripikan, chips, dan gorengan nih berarti harus segera ngurangin biar hidup lebih sehat dan terhindar dari diabetes.

    ReplyDelete
  19. Wahhh minuman manis ini yang bikin aku seger di siang hari bun xixi. Apalagi pakai es. Duhh padahal itu bisa juga jadi salah satu pemicu diabetes ya bun. Untung sekarang sudah ada H2 tepung kelapa yang praktis atasi diabetes. Dibuat dari ampas kelapa yang biasanya kalau kita masak dibuang hehe, padahal bermanfaat juga ya buat kesehatan.

    ReplyDelete
  20. Paling sulit itu merealisasikan niat pola makan dan gaya hidup yg benar. Sekarang sudah ada solusi mencegah diabetes dg H2 tepung kelapa ya. Smg kita sehat selalu aamiin.

    ReplyDelete
  21. Daku baru tahu tepung kelapa untuk penderita diabetes. Adikku almarhum dulu sakit diabetes bertahun-tahun.
    Keren nih, tepung kelapa buat jadi pengganti tepung buat kita bikin gorengan ya :)

    ReplyDelete
  22. fiks, aku jadi makin bulat untuk diet bun. aku ga mau ah hidupku terancam diabetes, makanya lagi ngikutin buncha ganti nasi dengan karbo yang lain.

    ReplyDelete
  23. Sebenarnya kalau kita mengikuti CERDIK secara disiplin, kita bs mencegah dan mengendalikan diabetes ya Bun tanpa hrs merasa was was dg diabet ini.

    ReplyDelete