12 Hari Persiapan, Perayaan Natal 2021, Tahun Baru 2022 dan Kunci Taon KKK Sukses Terselenggara


Bersyukur dan berbahagia adalah perasaan yang saya rasakan bisa mengikuti Ibadah perayaan natal 2021, tahun baru 2022 dan kunci taon bersama Kerukunan Keluarga Kawanua. Walau hanya bisa mengikuti secara on line tidak mengurangi sukacita. Ucapan syukur dilakukan dalam wujud Ibadah Perayaan Natal Kawanua 2021, Tahun Baru 2022, dan Kunci Taon bertajuk “Kasih Kristus Menggerakkan Persaudaraan Kawanua” berdasarkan 1 Petrus 1: 22. 

Ibadah berjalan dengan syahdu, Puji-ujian dikumandangkan dengan sepenuh hati. Iringan musik khas Sulawesi Utara, kolintang, melengkapi sukacita dan mengantarkan ingatan pada budaya leluhur kedua orangtua saya.

Ibadah perayaan natal dan tahun baru adalah hal biasa yang dilakukan kebanyakan umat keristen tapi Kunci taon biasanya hanya orang-orang Minahasa yang melakukannya.

Kunci Taon adalah suatu tradisi orang Minahasa untuk menutup berbagai rangkaian ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME) karena telah berhasil melalui tahun lalu. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di tanah Minahasa melainkan juga dilakukan para perantau.  



Ketua Umum DPP Kerukunan keluarga kawanua (KKK) Irjen (Pol) (Purn) Dr. Ronny Sompie, Sh, MH dalam sambutan pada Ibadah perayaan natal 2021, Tahuna baru 2022 dan Kunci taon, mengatakan: Pada kesempatan ini, saya atas nama seluruh pengurus Kerukunan Keluarga Kawanua menyampaikan terima kasih kepada Ibu Nova Sumolang dan kawan-kawan panitia ibadah dan perayaan Natal serta Tahun Baru dan Kunci Taon yg telah memberikan kontribusi sangat luar biasa dalam waktu yg sangat singkat 12 hari bisa menyelenggarakan kegiatan ini.

Kita telah melewati dan melampaui ketakutan sepanjang tahun 2021 dan kita memasuki dengan menyemai  sebuah harapan baru di tahun 2022 mari torang semua selalu berdoa selalu berdoa bersama meningkatkan persaudaraan kita agar kita mendapatkan sebuah kekuatan di dalam Tuhan Yesus Kristus



Ki-ka: Michael Sendow, Nova Sumolang, Grace Febiola Sigarlaki-Korompis
Sekretaris, ketua dan bendahara panitia

Ketua panitia Nova Sumolang dalam sambutannya mengatakan; Acara ini merupakan salah satu kesempatan untuk dapat mempererat tali persaudaraan Kawanua dengan kasih Kristus. Melalui tema ‘Kasih Kristus Menggerakkan Persaudaran Kawanua”’ diharapkan kita dapat bersatu hati dan bersama-sama saling menopang satu dengan yang lainnya agar langkah kebersamaan yang kita bentuk dapat menjadi kekuatan bagi kita semua dan mampu memberikan manfaat bagi sesama. Nova juga mengungkapkan, kalau kegiatan ini dipersiapkan hanya sekitar 12 hari.


Diselenggarakan secara on line, acara di saksikan masyarakat asal Sulut di 9 negara di luar Indonesia. ada 9 negara, USA, Jepang, Australia, Malaysia, Nederland, Hongkong, Singapur dan Czech Repoblik




Jangkauan penontonpun lumayan banyak, sekitar 2,9 K atau sekitar  dua juta sembila ratus ribu penton di seluruh dunia.

Di media sosial facebook, tercatat terbanyak penonton berasal dari Sulawesi Utara.
Acara berlangsung selama 3 jam 30 menit. Terlihat para peserta antusias yang mengikuti secara daring di Facebook (2,9K views), YouTube (2,1K views), dan Instagram. Para kawanua dari luar negeri sangat mengapresiasi ibadah menggunakan kolintang sebagai musik pengiring, membuat mereka teringat dan rindu kampung halaman.  

 

Para pengisi acara yang sangat menghibur
Dalam Natal Kawanua 2021 ini, mereka menampilkan para artis diiringi kolintang, alat musik pukul tradisional minahasa yang dibawakan oleh Pinontoan Bersaudara didukung dengan string session "ForTune", saxophone, serta beberapa alat-alat musik modern. Ibadah dan perayaan yang diselenggarakan oleh warga kawanua tersebut dimeriahkan Putri Bilanova, Randy Lapian, dan Ermy Kullit serta dipandu oleh Marthen Kandouw dan Lois Merry Tangel, Putri Pariwisata 2016.

Acara juga dihadiri langsung Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, SE. Ia dalam kesempatan ini juga memberikan sambutan secara langsung dalam sesi perayaan. 


Panitia menaikan puji-pujian, mengenakan kebaya putih yang memang ciri kebaya orang Minahasa dan dilengkapi bawahan, kain khas Minahasa, yang menurut Ketum DPP KKK Bapak Ronny Sompie, sebagai bagian melestarikan budaya khas Minahasa. Sentuhan Pnt. Moudy Lintuuran yang bertugas di ibadah, sekaligus sebagai sponsor dari Batik Tou Minahasa dan juga ada sponsor lainnya yaitu Star Coffee.

Bagi anda yang belum berkesempatan menyaksikan acara, bisa ditonton kembali, di link berikut, Klik saja youtube dan Facebook



No comments:

Post a Comment