Google Adsense

Blog sebagai media promo produk dan jasa

Bolehkah? Ya boleh saja. Selama ada yang mau bayar. Blog pribadi tanggung jawab penulisnya. Lalu bagaimana menjadikah blog pribadi sebagai lahan yang mendatangkan penghasilan? Sebetulnya bukan cuma blog. Blog hanya salah satu. Jejaring media sosial seperti facebook dan twitter, juga diminati.

Apakah semua orang bisa memanfaatkannya? Pasti bisa tapi tetap saja ada batasan-batasan yang ditentukan para pebisnis/pengiklan atau pemilik produk dan jasa. Salah satunya isi blog. Apakah pembaca blog tersebut sesuai dengan target segmen di pebisnis.pengiklan atau pemilik produk & jasa. Masalahnya kan harus tepat sasaran. Nggak akan produk & jasa dengan segmen anak sekolah menggandeng blog yang isinya seputar kuliner.
 
Blog perempuan adalah blog yang mempunyai segmen luas. Semua pengiklan bisa memanfaatkan blog para perempuan karena sudah terbukti para perempuan adalah penentu belanja semua produk  Isi blog sangat bervariasi, diharapkan memang fokus. Umumnya para blogger memiliki lebih dari satu blog. Ada blog-blog yang memang khusus< isis fokus pada tema-tema tertentu tapi ada juga blog yang isinya campuran.

Saya memiliki blog sejak tahun 2006. Awalnya sebagai digital diary. Soalnya sejak jaman sekolah saya suka menulis catatan harian. Kesukaan itu membawa saya pada kegiatan menulis yang lain-lain.Ada rasa kepuasan tersendiri setiap selesai menulis. Blog saya lebih dari satu. Ada yang khusus mendokumentasikan aktifitas saya, anak yang berupa  catatan saya mengenai tumbuh kembang anak-anak. Ada yang mengenai catatan saya seputar hubungan suami-istri dan ada juga blog yang berisi seputar daya imajinasi saya dalam bentuk puisi dan cerpen.

Seiring perkembangan teknologi komunikasi dan jejaring sosial media, ternyata menulis di blog menjadi sebuah kegiatan yang berdampak pada silahturahmi. Awalnya hanya sekedar berkomentar di blog, lanjutan dari milis. Lalu kehadiran facebook, meningkatkan aktifitas ngeblog (menulis di blog) karena aktifitas ini berpotensi menjadi kekuatan yang bisa bermanfaat. Lahirlah komunitas-komunitas dengan kesamaan kesukaan. Mulanya memang murni sekedar bersilaturahmi dan bertujuan pada kegiatan mengembangkan kesukaan. Dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan. Lalu lahirlah bermacam-macam ide untuk dikembangkan komunitas, diantaranya berbagai pengalaman lewat menulis di blog.

Pertemuan di dunia nyata hanya bisa dilakukan oleh sekelompok orang yang berada di wilayah yang sama hingga bisa menyesuaikan waktu dan tempat pertemuan. Lalu bagaimana dengan kawan-kawan yang tersebar di selruruh penjuru tanah air bahkan sampai ke luar negeri. Kembali kepada kegiatan menulis, baik bertujuan berkomunikasi, berbagi cerita dan pengalaman, ngeblog menjadi sarana yang penting dalam hal bertukar informasi.

Seiring tingginya pengguna jejaring di media sosial. Para produsen dan pebisnis mulai melirik jaringan di media sosial sebagai kekuatan yang bisa dimanfaatkan. Ujung-ujungnya adalah pengenalan konsumen pada produk dan jasa serta ketertarikan konsumen untuk membeli. Blogger (sebutan para penulis blog) adalah konsumen. Terdiri dari berbagai latar belakang dan pendidikan.

Blog-blog yang ada, jumlahnya melebihi media mainstream. Dan kekuatan inilah yang dimanfaatkan. Maka terjadilah hubungan mutualisma yang saling menguntungkan. kebiasaan para blogger menuliskan pengalamannya terhadap produk dan jasa dianggap sebagai sebuah peluang oleh pebisnis untuk dimanfaatkan. Masyarakat lebih mudah percaya atas penjelasan pengalaman sesama konsumen daripada iklan.

Sejak beberapa tahun terakhir, blogger selalu dilibatkan dalam kampanye/sosialisasi produk dan jasa termasuk program pemerintah.  Beberapa kelebihan blog di banding media mainstream

1. Ditulis tanpa batasan Artinya mau ditulis 300 kata atau 1000 kata terserah penulisnya.
2. Dapat dilengkapi dengan banyak foto, bahkan foto penulisnyapun bebas di pajang.
3. Bebas menyebut merk (Tapi blogger yang sadar, tidak akan hard selling)
4. Gaya penulisan bebas, sehingga tidak menjadi informasi basi.
5. Sesudah dituliskan di blog, blog bisa disosialisasikan lagi ke facebook dan twitter
6. Kekuatan blog umumnya terletak pada gaya yang natural sesuai profesi si penulis.
7. Berdasarkan pengalaman sendiri
8. Dapat membangun keterikatan emosi dengan pembaca


Blog menjadi media yang bisa mendatangkan sampingan tanpa harus menjadikan target. Artinya jangan memaksakan menuliskan aneka review agar di lirik pengiklan/pebisnis? Nggak segitunya juga kali. Isi tulisan pada blog, sesuai gaya dan kemampuan maing-masing Dan tiap blog akan menemukan muaranya kalau memang rejekinya :)

Media Campaign By Ani Berta
 Dengan memperhatikan informasi di atas, blog anda bakal banyak mendatangkan isi pundi-pundi :)

Terus proyek seperti apa yang bisa memanfaatkan blog? Banyak banget.




Review Produk dan Jasa
Promosi Produk atau Jasa yang baru diluncurkan
Penyelenggara Give Away suatu Brand
Kampanye Untuk Elektabilitas Tokoh
Ghost Writer
Banner Affiliation
(Sumber: Ani berta Media Campaign)

Selamat mencoba
 



No comments:

Post a Comment