Google Adsense

PEREMPUAN & INTERNET: Sinergi Dua Kekuatan



“Berdasarkan penelitian Nielsen yang dikutip dari Mashable, perempuan ternyata sangat aktif di internet dibandingkan pria. Menurut Nielsen, ternyata 6% wanita punya kecenderungan membuat setidaknya 1 akun jejaring sosial, sementara 7% pria justru malas melakukannya. Dalam hasil risetnya, Nielsen juga memaparkan bahwa wanita punya kecenderungan menampilkan diri mereka sebagai pribadi digital.” Sumber dari sini: 

Jadi hati-hati kalau “menuduh” kebanyakan wanita gagap teknologi. Di tangan wanita internet dapat menjadi sebuah kekuatan luar biasa. Kemajuan dibidang teknologi komunikasi khususnya internet telah meningkatkan kemampuan individu. Termasuk kaum perempuan. Saat ini dengan internet, telah membuka berbagai kesempatan pada kaum perempuan dalam mengekpresikan dan mengaktualisasi dirinya. Dengan internet, kaum perempuan tidak perlu keluar rumah untuk melakukan usaha yang berdampak pada peningkatan ekonomi. Hal ini menguatkan peran perempuan dalam keluarga. 



Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat adalah kekuatan dasar sebuah negara.  Maka tak salah pepatah yang mengatakan “Membesarkan seorang laki-laki,  akan menghasilkan seorang pemimpin. Membesarkan seorang prempuan adalah membangun peradaban bangsa”. Betapa besar peran dan tanggung jawab perempuan. Mungkin perempuan terlihat lemah karena fisiknya yang tak berotot. Tapi tahukah anda, perempuan terutama ibu adalah jalan keluar dari setiap masalah dalam keluarga dan ayah adalah tempat berlindung istri dan anak dari setiap masalah. 




Bukan hanya usaha yang berdampak pada ekonomi, perempuan dan internet juga memiliki kekuatan luar biasa. Banyak perempuan melakukan  kegiatan berdasarkan kepedulian dengan memanfaatkan jaringan internet. Bergabung dalam komunitas semacam Kumpulan Emak Blogger  menjadi alternatif kegiatan yang positif. Menyebarluaskan kabar kasus anak hilang, menggalang dana untuk korban bencana, atau kaum miskin atau orang sakit, termasuk bertukar informasi diberbagai bidang. Mulai dari resep, hobi ketrampilan tangan (craft), peduli lingkungan, tumbuh kembang anak, hubungan suami istri hingga diplomasi antar negara.


Dalam komunitas walau di dunia maya juga dapat saling menguatkan, memberi semangat dan menjadi tempat curahan masalah. Bahkan mendapat banyak kawan dan mendapat banyak alternatif penyelesaian macam-macam persoalan. Lewat internet pula, perempuan dapat banyak belajar. Untuk membangun kemampuan diri maupun membuka wacana berpikir dan meningkatkan pengetahuan. Karena dengan internet otomatis kita menjadi warga dunia tanpa batas. Pesan-pesan perdamaian bisa lebih digaungkan.  Semua itu dapat dilakukan perempuan tanpa harus meninggalkan keluarganya dalam rentang waktu yang lama. Lewat internet perempuan dapat beraktifitas dengan tetap menjadi istri  bagi suami dan ibu anak-anaknya. Tanpa harus kehilangan silaturahmi dengan kawan dan kerabat. 

Jika ada nada miring atas aktifitas perempuan dan internet, menurut saya itu tergantung pada individunya. Pisau ditangan pembunuh akan menjadi senjata yang mematikan tapi di tangan seorang seniman dapat menjadi alat ukir atau bagi ibu rumah tangga dapat menjadi pisau yang digunakan merajang sayuran. Satu yang saya yakini, perempuan dan internet adalah dua kekuatan yang bersinergi dan menghasilkan kekuatan positif jika dilakukan dengan baik dan benar.

44 comments:

  1. “Membesarkan seorang laki-laki, akan menghasilkan seorang pemimpin. Membesarkan seorang prempuan adalah membangun peradaban bangsa”.
    naah internet bisa jadi sahabat membesarkan perempuan bermartabat ya mak.

    ReplyDelete
  2. Suka banget sama pepatahnya. Dan, setuju banget dengan komentar mak ida.

    ReplyDelete
  3. Suka banget sama pepatahnya. Dan, setuju banget dengan komentar mak ida.

    ReplyDelete
  4. wow... terpesaona pada komentar mak Ida Nur Laila.
    kalau masih ada pandangan miring, abaikan saja mak. sy orang kampung, dipandang miring karena ngeblog sudah makanan sehari2. ga jauh2, keluarga sendiri. haha

    ReplyDelete
  5. Seperti belati bermata dua ya Mak, bisa bermanfaat bisa juga tidak. Sukses ya MAk :)

    ReplyDelete
  6. Internet telah menjadikan kita menjadi warga dunia tanpa batas. Setuju banget quotes yg ini

    ReplyDelete
  7. Internet membuat dunia tak lg bersekat ya mak n seperti teknologi pd umumnya semua tergantung pd pemakai nya mo dipake utk sesuatu yg positif/negatif.. Keren bgt Mbak tulisannya..
    Semoga sukses di ajang #SB2014 ;-)

    ReplyDelete
  8. bener banget, mak. yang penting masih dalam koridor positif dan bisa untuk mengembangkan diri jadi lebih baik lagi ya, mak.

    ReplyDelete
  9. tulisannya keren banget..dan benar, walau punya beberapa akun sosmed aku malas bikin yang gak kepake..hehe

    ReplyDelete
  10. manfaat dan mudarat, tergantung di pemakai ya mak, keren ulasanbya

    ReplyDelete
  11. benar mak..itu semua tergantung pemakai internet itu sendiri mau apa..

    semoga menang mak..lolos lolos lolos aamiin :*

    ReplyDelete
  12. Perempuan dan internet adalah dua kekuatan yang bersinergi dan menghasilkan kekuatan positif jika dilakukan dengan baik dan benar. Saya setuju Mak Elisa Koraag tentang hal ini

    ReplyDelete
  13. Perempuan dan internet adalah dua kekuatan yang bersinergi dan menghasilkan kekuatan positif jika dilakukan dengan baik dan benar. Saya setuju Mak Elisa Koraag tentang hal ini

    ReplyDelete
  14. kalo di aku efek buruknya suka mecah konsentrasi mak, mau nulis cerpen buka FB, cerpennya kagak jadi-jadi, ya udah tutup dulu FBnya, tapi penasaran dibuka lagi hihihi

    ReplyDelete
  15. syukurnya, mamaku pun sekarang udah ga gaptek lagi. hihihi. ^_^

    ReplyDelete
  16. Bener banget Mak Icha, internet asal digunakan dengan baik pasti bisa menjadikan kekuatan bagi perempuan. Sukses, Maaak.^^

    ReplyDelete
  17. Dalam memanfaatkan internet tinggal pintar-pintarnya kita memilih komunitas yang positif, misalnya KEB ini, agar berinternet tidak cuma sekedar menghabiskan waktu luang, tapi juga ada manfaat positif yang didapat. Salam kenal Mak :)

    ReplyDelete
  18. Dalam memanfaatkan internet tinggal pintar-pintarnya kita memilih komunitas yang positif, misalnya KEB ini, agar berinternet tidak cuma sekedar menghabiskan waktu luang, tapi juga ada manfaat positif yang didapat. Salam kenal Mak :)

    ReplyDelete
  19. Iyaahh ... bener banget ya mak. Ternyata perempuan itu lebih 'melek' internet daripada pria ya. Menurut survey ataupun kasat mata. Naah buktinya kita gak bisa lepas dr gagdet and laptop yaa :D sukses yaaa...

    ReplyDelete
  20. kereeeeen bangeeet, btw kartun2nya jg kereeen ajariiiin duoonk heheh

    ReplyDelete
  21. Sepakat ya Mak.. jika internet tidak digunakan dg bijaksana maka justru tidak akan memberikan kebaikan bagi penggunanya.
    Sukses utkmu Mak :)

    ReplyDelete
  22. kunjungan makpan :)

    ReplyDelete
  23. Aku juga bersyukur karena internet aku kenal mak keren ini.

    gudlak ya mak

    ReplyDelete
  24. sinergi....benda 'mahal' tapi berpotensi menghasilkan banyak hal baik ..seperti yang dicontohkan mak elisa..sukses maak, maju terus di SB 2014..luv u ...

    ReplyDelete
  25. Pisau ditangan pembunuh akan menjadi senjata yang mematikan tapi di tangan seorang seniman dapat menjadi alat ukir atau bagi ibu rumah tangga dapat menjadi pisau yang digunakan merajang sayuran.

    setuju, internet itu bak pisau bermata dua .. tergantung di tangan siapa dimainkannya

    ReplyDelete
  26. setujuuu...
    internet bagemana cara kita menggunakannya. Yuk ahh ambil positif nya ajah..

    langsung ambil pisau *motong kue

    sukses ya Mak

    ReplyDelete
  27. mak Elisa salam kenal yaa ^^ penyuka warna merah ya mak? hehe
    setuju maakk, internet bisa menguntungkan atau merugikan tergantung kita :)

    ReplyDelete
  28. Kata2nya bijak sekali, Mak. Manfaatkanlah perlatan secara maksimal untuk kegiatan positif. Begitu kan ya, Mak. :)

    Semoga lolos tahap berikutnya, ya. :)

    ReplyDelete
  29. setuju dgn paragraf terakhir mbak. suka dgn ulasannya :)

    ReplyDelete
  30. setuju mak, perempuan bukan gagap tekhnologi, dan di tangannya peradaban bangsa ada. Oke, sip..
    lanjooot teroos. Sukses yaaa :)

    ReplyDelete
  31. Perempuan punya peran besar di sini ya Mak :)

    Sukses...

    ReplyDelete
  32. " perempuan dan internet adalah dua kekuatan yang bersinergi dan menghasilkan kekuatan positif jika dilakukan dengan baik dan benar. "

    Sepakat banget Mak Icha....trus kita jadi goyang merubuhkan panggung srikandi ? hihihihihi

    ReplyDelete
  33. meskipun emak kampung banyak ilmu yg saya dapat dr internet. internet bs menjadi alat untuk menjadikan perempuan yg bermartabat ya mak Elisa

    ReplyDelete
  34. setuju mak terutama dengan pemikiran bahwa penggunaan internet bagaikan pisau bermata dua.

    ReplyDelete
  35. Sinergi antara perempuan dan internet bisa menghasilkan karya2 yg positif asal digunakan secara bijak.
    Good luck ya mak

    ReplyDelete
  36. Mak, postinganmu keren, perempuan memang harus pintar ya memanfaatkan internet :)

    ReplyDelete
  37. Kunjungan MakJur.
    Good luck ya, Mak :)

    ReplyDelete
  38. Sepakat Mak. Internet adalah media. Sifat media itu memang tergantung pemakainya ^^

    ReplyDelete
  39. suka banget sama ini “Membesarkan seorang laki-laki, akan menghasilkan seorang pemimpin. Membesarkan seorang prempuan adalah membangun peradaban bangsa”.

    makasihh mak.. sukses ya
    :))

    ReplyDelete
  40. Halo Mak, MakJur visit nih. Good luck ya! :)

    ReplyDelete
  41. Berkunjung, semoga sukses :)

    ReplyDelete
  42. Kunjungan Mak Jur yang paling terakhir. Good luck ya, mak :-*

    ReplyDelete
  43. Tulisannya keren maak. Bener bgt mak, perempuan itu lbh getol main sosmed.

    ReplyDelete
  44. waah udah lama banget aku nda komen di blognya mak elisa >,< xD heheh apa kabar mak heheh

    ReplyDelete