Google Adsense

APLIKASI DI GOOGLE JADIKAN RAMADHAN MAKIN SERU

Ramadhan adalah bulan yang sibuk, terutama untuk Anda yang memiliki banyak komitmen pekerjaan dan keluarga. Portal Informasi Ramadhan akan menunjukkan berbagai jalan pintas dan tips bermanfaat yang dapat membantu Anda menggunakan tools gratis dari Google untuk memaksimalkan Ramadhan Anda.

Sesi foto nggak boleh dilewatkan. Dok. Elisa Koraag


Saya termasuk yang beruntung diundang hadir pada saat Grand Launching Program Ramadhan dari google. Google memfasilitasi program yang asik dan seru. Bulan suci Ramadhan sudah mengunjungi  umat muslim di seluruh dunia. Syukur dan sukacita adalah hal yang dirasakan semua muslim. Apa sih yang ingin dilakukan di bulan Ramadhan? Pastinya meningkatkan ibadah. Karena Ramdhan hanya datang hanya sekali setahun. Tak ada yang dapat memprediksi, apakah akan berjumpa kembali di Ramdhan yang akan datang?

Google sebagai sebuah perusahaan yang berbasis teknologi, ingin membantu semua umat mushlim diunia agar dapat meningkatkan nilai ibadah. Saat Ramadhan, berkumpul bersama keluarga atau bersama orang-orang yang saling mengasihi menjadi agenda utama selain melakukan ibadah itu sendiri. Melakukan ibadah bersama keluarga atau orang-orang yang sling mengasihi menjadi sebuah harapan. Karena dalam kehidupan rutinj keseharian agak sulit mewujudkan hal tersebut.


Ada empat point utama yang difasilitasi  google sebagai bagian mensuport aktifitas kita. Bersama untuk Ramadhan, menjadi tujuan semua umat muslim. Baik bersama keluarga, kerabat, sahabat dan kawan-kawan sekomunitas lainnya. Untuk mewujudkan dan memudahkan hal tersebut, inilah yang diberikan google. Lewat program Google ramadhan, silahkan cek di Google.co.id/Ramadhan.
Mas Krishna menjelaskan penggunaan Google Calendar. Dok. Elisa Koraag

1.       Rencanakan Bersama
Kita dapat mengoptimalkan pengunaan smartphone terutama yang berbasis android. Karena di kemas dalam bentuk widget sehingga bisa menggunakan pintasan dalam memanfaatkan program yang sudah di pasang di samrtphone. Mulai dari pengaturan agenda aktifitas, (Jadwal bertemu dan berbuka dengan siapa , kapan dan di mana) semua bisa ada di smartphone dan pengingat dapat dipasang sesuai keinginan kita 30 menit atau 60 menit sebelum jadwalnya. Ini  akan menghindari kita lupa janji atau terlambat. Bahkan jadwal menu makan apa atau makan di mana pun dapat di agendakan seperti memasang post it di telepon genggam lewat program Google keep. Kerennya nggak Cuma catatan berbentuk tulisan dan foto tapi juga dalam bentuk gambar atau video.

Dok. Elisa Koraag


Semua jadwal anda tinggal dimasukkan dalam google kalender dan tralala...., kini anda punya sekretaris pribadi yang dekat dan bersahabat dengan anda tanpa cerewet. Anda akan  dapatkan pemberitahuan otomatis di smartphone Anda. Semua acara Anda akan tersinkronisasi di Google Now.

Krishna Zulkarnain, Country Marketing Manager Google Indonesia, saat peluncuran Google Share Ramadhan di Gedung plaza  MD, mengatakan: “Google punya banyak tools dan aplikasi yang dapat membantu Anda selama bulan Ramadhan ini, baik untuk menjadwalkan reminder Sholat, mencari rute terbaik untuk mudik, ataupun mencari resep makanan untuk berbuka puasa secara online
Apa yang difasilitasi google membuat kita bisa memiliki waktu lebih banyak dengan orang-orang yang kita cintai. Portal Informasi Ramadhan dari Google juga akan secara otomatis menunjukkan waktu bulan terbit, matahari terbit dan terbenam sesuai dengan lokasi Anda.

2.       Berkumpul bersama
Bagi yang selalu berusaha untuk berbuka puasa di rumah setiap harinya atau mereka yang ingin mudik dan berkumpul bersama keluarga di luar kota dan di tempat yang belum terlalu familiar, Google Maps bisa membantu memberikan petunjuk arah, jarak tempuh, juga rute terbaik berdasarkan kondisi lalu lintas.
Fasilitas google maps sudah banyak dikenal dan dinimati manfaatnya. Untuk Ramadhan, bahkan bisa lebih dioptimalkan untuk mencari jalan/tempat yang belu m pernah didatangi. Restaurant misalnya, bahkan bisa reservasi dan mendapat info tentang menu favorite. Sehinggga memudahkan kita untuk memesan tempat berbuka di wilaya yang belum di kenal.

3.       Buka bersama
Berbuka di luar rumah baik bersama keluarga atau kawan, musah saja di lakukan. Pun jika ingin berbuka di rumah. Baik dengan keluarga sendiri atau mengundang kerabat. Kini bisa mendapatkan menu masakan istimewa lewat paduan life di kokikutv yang juga di fasilitasi Google Ramadhan. Jika  biasanya kita hanya dia dan pasif menyaksikan demo masak di tv, lewat tonton demo masak di youtube, memasak menjadi kegiatan seru dan asyik.
Bagi Anda yang ingin membuat menu spesial untuk berbuka puasa setiap harinya, tentunya Anda perlu banyak sumber inspirasi. YouTube bisa menjadi sumber inspirasi untuk berbagai resep, termasuk cara memasaknya agar Anda dapat mencoba berbagai resep baru untuk acara berbuka puasa yang spesial.

Bahkan juga bisa membuat Playlist sendiri di Youtube, sehingga Anda bisa menonton rangkaian menu (tidak hanya satu masakan) yang Anda butuhkan tanpa harus mencari ulang atau terinterupsi video lainnya.

4.       Nikmati bersama
Sepanjang Ramadhan, tentunya akan ada banyak memori yang terekam melalui foto-foto bersama, dan akan cukup sulit untuk merapikan dan menyusun semua foto tersebut. Google Photos dapat membantu Anda menyusun foto-foto tersebut dan menceritakan kembali memori Ramadhan Anda secara otomatis.

Fitur The Stories akan membantu Anda mengkurasi ratusan foto yang Anda ambil menjadi cerita yang kronologis, yang bisa Anda lengkapi dengan lokasi dan caption. Fitur Auto Awesome dalam Photos akan secara otomatis men-touch up foto-foto Anda atau membuat animasi Gif untuk photoburst.

Dok: Elisa Koraag




1 comment:

  1. puasa jadi tidak berasa ya kalau ada aktvitas

    ReplyDelete