Google Adsense

Indonesia Bisa Maju dengan Sinergi Sosial

Head of Corporate Affairs Sarihusada: Arif Mujahidin 



Sarihusada bersama Nutrisi Untuk Bangsa menyelenggarakan diskusi yang bertema “Sinergi Sosial Untuk Anak Indoensia”. Kali ini  sosiolog Prof. Imam Prasodjo,  (Yayasan Nurani Dunia) Dwi Andayani ketua Yayasan 1001Buku dan Nia Sadjarwo founder gerakan Coin a Change.

Acara dibuka lewat kata sambutan Head of Corporate Affairs Sarihusada, Arif Mujahidin yang mengatakan Sarihusada  percaya akan pentingnya kerjasama dalam melakukan kegiatan sosial. Kami senantiasa bermitra dengan berbagai pihak yang memiliki kepedulian terhadap persoalan ibu dan anak khususnya dalam upaya peningkatan gizi di awal kehidupan. Itu juga yang menyebabkan setiap bulan karyawan Sarihusada harus melakukan kegiatan berbagi secara nyata di lingkungannya.

Sebagai perusahaan yang didirikan lebih dari 60 tahun lalu dengan misi mendukung kecukupan gizi anak bangsa, Sarihusada memiliki komitmen untuk terus berkontribusi terhadap optimalisasi tumbuh-kembang anak melalui penyediaan produk nutrisi ibu-anak yang berkualitas dan terjangkau, serta penyelenggaraan berbagai program edukasi dan sosial yang bekerjasama dengan berbagai kelompok pemangku kepentingan mulai dari instansi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, perguruan tinggi, asosiasi industri, asosiasi profesi, dan masyarakat umum.

 Sosiolog Prof. Imam Prasodjo, 


Imam Prasodjo memaparkan pentingnya sinergi sosial antara pemerintah, Pebisnis dan masyarakat. Karena tanggung jawab sebuah negara bukan hanya ada pada pemerintahan. Setiap komponen dalam masyarakat harus bahu membahu dan mengambil pernan nyata untuk pembangunan. Dalam kesempatan ini, Imam Prasodjo memperlihatkan beberapa kegiatannya, di mana Ia yang hanya dosen tapi bergerak nyata melakukan aktifitas, mampu menghidupkan keinginan yang sama dari berbagai pihak. Akhirnya menjadi sebuah gerakan yang menghasilkan karya nyata.

Banyak pemuda tergerak berbagi dengan tenaga dan waktu untuk berpartisipasi “menyembuhkan” luka setelah konflik Maluku. Lalu pembangunan sebuah dusun di kaki gunung. Yang awalnya hanya akan memperbaiki sekolah, akhirnya meluas menjadi pembangunan dusun. Lapangan sepakbola, perairan dan membangunan jalan. Sinergi sosial nyata dan menghasilkan. Karena itu setiap warganegara harus peduli dan harus mau berbagi. Jika semua orang mau bergerak tidak perlu menunggu pemerintah, maka Indonesia bisa lebih cepat dalam pembangunan infra struktur yang pada akhirnya bermuara pada pembangunan manusia seutuhnya.



Tradisi yang menjadi dasar masyarakat Indonesia adalah “Budaya Gotong royong”. Kekuatan gotong royong mampu menghidupkan dan membangun Indonesia. Asalkan semua orang mau bergerak dan memulai.

Acara yang diakhir dengan berbuka puasa bersama, juga ditandai dengan pemberian bantuan Sarihusada kepada komunitas Coin a Change dan Yayasan 1001 buku. Kedua komunitas ini secara nyata sudah menunjukan hasil dari kepedulian mereka menggerakan banyak orang untuk peduli. Coin a Change sudah berhasil membiaya sekolah sekitar 75 siswa di berbagai wilayah Indonesia. Selain membiayai sekolah Coin a Change juga menindaklanjuti dengan memberikan pendidikan ketrampilan sehingga yang dibiayai mampu berdiri secara mandiri.



Sementara Yayasan 1001 buku terus bergerak mengumpulkan dan mendonasikan buku pada komunitas-komuntas yang membutuhkan. Banyak masyarakat yang memiliki buku tak terpakai atau memang mau menyumbangkan, Yayasan 1001 buku bergerak, mengkoordinir, menjemput dan menyalurkan bantuan dar masyarakat ke masyarakat yang membutuhkan.

Guna mendukung kampanye Nutrisi untuk Bangsa yang digagas Sarihusada sejak 2010 melalui media digital seperti website, twitter, dan facebook.  Nutrisi Untuk Bangsa, sebagai situs kepanjangan tangan dari Sarihusada juga meluncurkan aplikasi Nutrisi Untuk Bangsa di Android.  Ini kian mempermudah masyarakat mengakses informasi.

Ada lima fitur unggulan yang ada di aplikasi Nutrisi untuk Bangsa yaitu:
Pertama, fitur artikel gizi (informasi seputar kehamilan dan menyusui, tips si kecil, kesehatan).Kedua, fitur resep sehat. Ketiga, fitur Tanya Ahli, layanan konsultasi nutrisi secara gratis bersama para ahli dari Tim Gizi Sarihusada. Keempat, fitur Kalkulator Indeks Massa Tubuh. Kelima, fitur kuis dan aktivitas yang membahas tentang kegiatan komunitas NUB.

Saat ini aplikasi Nutrisi untuk bangsa sudah bisa diunduh secara gratis di Google Store untuk platform Android.

No comments:

Post a Comment