Google Adsense

Binus Online Learning Fasilitasi Maju Tanpa Batas



Salah satu kesulitan untuk mengakses pendidikan bukan hanya keterbatasan lembaga pendidikan itu sendiri tapi juga jarak dan biaya. Banyak lembagai pendidikan di sekitar tempat tinggal kita tapi kalau biayanya mahal, maka akan sulit juga anak-anak kita sekolah di sana. Sebagai orangtua, saya dan pasangan kerap dipusingkan dengan pemilihan sekolah bagi kedua anak kami. Salah seorang kawan, secara bercanda mengatakan, pusing memikirkan sekolah anak adalah salah satu tugas orangtua.

Tapi saya juga nggak mau cepat tua dikarenakan pusing memikirkan sekolah anak. Sebagai orangtua, saya memiliki beberapa kriteria dalam memilih sekolah anak-anak, yaitu:

1. Berkualitas, memiliki reputasi dalam kegiatan ajar-mengajar. Entah kurikulumnya yang baik atau siswa-siswanya yang berprestasi.

2. Jarak tempuh dari rumah tidak terlalu jauh. Bukan khawatir dengan biaya transportnya tapi saya tidak mau waktu habis diperjalanan. Sehingga tiba di tempat belajar sudah lelah.

3. Biaya pendidikan yang terjangkau. Saya harus tahu dengan pasti, dana yang saya miliki cukup untuk membiayai hingga selesai masa pendidikan anak.

Ada salah satu bentuk/jenis pendidikan yang tidak mengharuskan siswa berada di sekolah setiap saat, yaitu Home Schooling. Pada Home Schooling ada waktu siswa datang ke pusat ada waktu pengajar yang datang ke rumah. Belajarpun tidak selalu di dalam kelas. Bisa di taman atau area terbuka lainnya. Bahkan di pelataran plaza/mall. Metode home schooling memang mengajak siswa dan orangtua berpean aktif dalam penampingan proses belajar.

Kakak saya, memilih home schooling bagi anaknya. Nggak salah juga, disini orangtua harus ikut aktif berperan dalam pendampingan belajar anak. Lalu bagimana kalau anak-anak sudah harus memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi? Apakah orangtua terbebas dalam urusan memilih Perguruan Tinggi? Pastinya enggak.



Eh di era digital seperti sekarang ini, apa iya kuliah harus selalu ke kampus?  Ya enggaklah. Di era digital seperti sekarang ini, anak-anak dapat kuliah online. Buat saya sebagai orangtua, jauh lebih nyaman. Nggak mikir biaya transport atau deg-degan lantaran anaknya belum pulang. Sama deg-degannya, anak saya kuliah atau nongkrong? (Ingat-saya pernah muda loh)  Kuliah online itu memangnya seperti apa sih? Kuliah Online itu sama saja seperti kuliah pada umumnya,  tetap belajar, mendapatkan materi dan berdiskusi. Bedanya, anak-anak melakukan semuanya melalui internet.

Tidak bisa dipungkiri kan’ kalau saya sering kali memiliki keterbatasan waktu untuk kuliah karena kesibukan sehari-hari. Dulu saya harus mengikuti kuliah kelas karyawan ataupun kuliah malam hari karena siang hari saya bekerja, namun saya harus tetap datang ke kampus dan mengikuti pembelajaran di kampus setiap saat. Artinya ada jawal regular di mana kehadiran saya sebagai mahasiswa menentukan penilaian akhir. Sekarang di era digital, harusnya ada keleluasaan untuk tidak perlu berada di lokasi yang sama dengan pengajar. Mahasiswa bisa berada di mana saja asalkan ada jaringan internet.

Saya sudah memikirkan, anak-anak saya harusnya dapat kuliah dan tidak perlu datang ke kampus  setiap saat yaitu dengan kuliah online. Untuk kuliah online pun, sebagai orangtua saya tinggal  memilih Universitas penyelenggara yang dapat di percaya dan berkualitas tentunya. Kualitas ini mencangkup kegiatan belajar serta interaksi mahasiswa tersebut.

Namun memang belum banyak Universitas yang dapat menyelenggarakan sistem kuliah online yang terpercaya dan berkualitas. Kini hadir Binus Online Learning  yang  memberikan kemudahan pendidikan. Sistem Binus Online Learning ini juga sangat fleksibel, Dalam kegiatan belajar, mahasiswa dapat melakukan interaksi dengan dosen tanpa ada batasan waktu dan tempat. Kehadiran dalam tatap muka di ruang kelas tetap akan dilakukan, tetapi terbatas pada kegiatan yang bersifat pembahasan kasus, diskusi pemantapan pemahaman materi kuliah, dan pada saat mengikuti ujian. Interaksi dengan dosen dan praktisi sangat diutamakan untuk mendapatkan dan meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa dalam kegiatan praktis dan pengambilan keputusan yang nyata. 

Metode ini sangat cocok untuk pekerja professional dan entrepreneur bahkan ibu rumah tangga yang ingin melanjutkan studi S1 tanpa terkendala dengan waktu dan tempat.

Untuk kegiatan belajar mahasiswa, Binus Online Learning sudah mempersiapkan dan memperhitungkan agar mahasiswa mendapatkan hasil yang berkualitas. Mahasiswa dapat fokus belajar dengan jumlah mata kuliah yang terbatas di tiap periode/semester, sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal. Mahasiswa  Binus Online Learning juga akan mendapatkan Pembelajaran Global, dimana mahasiswa Binus Online learning tidak saja akan diajar oleh dosen dari kota lain seperti Jakarta, tapi juga dengan dosen-dosen yang ada di luar negeri.

Binus Online Learning menggunakan LMS (learning management system) yang terintegrasi untuk membangun jaringan interakasi antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan pembimbing akademis. Dengan demikian mahasiswa online learning dipastikan mempunyai kualitas yang sama dengan mahasiswa yang melakukan sistem perkuliahan pada umumnya.

Untuk metode perkuliahan, setiap mata kuliah akan diterima dalam beberapa bentuk seperti, diskusi di forum, tugas individu / kelompok, video confrence, video pembelajaran. Semua ini dilakukan secara online. Namun untuk awal masuk perkuliahan, dan ujian setiap mahasiswa harus datang ke BULC atau kampus BINUS.

Binus University Learning Community atau yang dikenal sebagai BULC sudah hadir di beberapa kota, diantaranya Palembang, Semarang, Malang dan Bekasi. Dengan adanya BULC ini jika mahasiswa Binus Online Learning sedang ada tugas keluar kota dan bertepatan dengan waktu ujian ataupun perkuliahan Face to Face, maka dapat datang ke BULC terdekat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Jadi biarpun terdaftar di Jakarta, kalau pas lagi tugas ke Palembang dan ada ujian, kita bisa langsung datang ke tempat ujian di palembang. Jadi ujian bukan kendala saat melakukan tugas ke luar kota. Kehadiran fisik saat ujian juga merupaan salah nemntuk pengontrolan yang bertanggung jawab.

Dengan progam EES (Employabity & Entrepreneurial Skill) yang dimasukkan kedalam mata kuliah, Binus Online Learning tidak saja menyiapkan lulusannya untuk siap bekerja, tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan. Saat ini Binus Online Learning juga telah menghasilkan lebih dari 300 lulusan terbaik yang tersebar di berbagai instansi dan perusahaan baik nasional maupun multinasional.


Dengan metode pembelajaran secara Online, kita bisa memberi pendidikan pada anak-anak hingga mereka dapat #MajuTanpaBatas karena dapat kuliah kapan saja, dimana saja. Tidak ada lagi batasan untuk kuliah. Bukan cuma itu saja, terobosan ini membuat saya berpikir untuk melanjutkan sekolah lagi. Karena dengan Binus Online Learning kuliah  dapat dilakukan sambil bekerja, mengejar passion, mengurus bisnis, bahkan travelling ke luar negeri.

Sudah siap untuk #MajuTanpaBatas? Yuk kuliah lagi.

No comments:

Post a Comment