Google Adsense

Satelit BRI, Sejarah Baru Layanan Perbankan di Era Digital

Sumber:

Jadi blogger itu asik dan seru. Saya termasuk satu dari 30 blogger yang berkesempatan menjadi saksi peluncuran BRIsat. Hampir dua minggu rencana disusun hingga hari H, tapi tetap ada kendala, hingga diundur lagi. Kecewa? pasti, tapi kami tetap senang, penundaan tetap tak menghilangkan minat kami menjadi saksi. Dan Minggu 19 Juni 2016, saya bangun tengah malam hingga pagi, demi menjadi saksi.

Sejarah mencatat, dengan diluncurkannya satelit BRI, pada Minggu, 19 Juni 2016, Pk. 03.00-04.00 waktu Indonesia. Satelit BRI diberi nama BRIsat. BRI menjadi bank pertama dan satu-satunya Bank yang memiliki satelit. Setelah mengalami beberapakali penundaan, akhirnya satelit BRI diluncurkan dari Guiana Space Center, Kourou, French Guiana.

BRIsat merupakan satelit kelima dari Indonesia yang diluncurkan Arianespace, dan merupakan satelit pertama milik bank yang diluncurkan perusahaan tersebut. Satelit BRIsat dibuat oleh SSL, perusahaan pembuat satelit asal Amerika Serikat (AS). Sementara peluncuran dilakukan dengan roket Ariane 5 yang dibuat oleh Arianespace,  perusahaan jasa antariksa asal Prancis.

Peluncuran satelit BRI adalah sejarah baru layanan perbankan di era digital. Indonesia adalah Negara yang memiliki banyak kepulauan dan jangkauan laut yang luas. Kondisi ini tidak memungkinkan terhubung dengan serat fiber telekomunikasi. Karena itu satelit BRI hadir untuk menawarkan solusi. 


Terobosan ini akan mendorong bisnis pembiayaan mikro di daerah pelosok Indonesia. Selama ini kita tahu, perbankan kesulitan melayani nasabah baik individu maupun institusi yang berada jauh dari perkotaan. Di tengah perkebunan atau pegunungan, jaringan internet belum menjangkau. Ini jelas sebuah hambatan. Dengan adanya satelit BRI, di manapun dan kapanpun, BRI dapat melayani nasabahnya.

Menurut Direktur Utama BRI, Asmawi Syam, dengan adanya BRIsat, pihaknya akan membuat sejumlah inovai layanan, mengembangkan produk digital perbankan, seperti video banking dan pasar digital. Selain itu BRI juga akan memasang jaringan wifi gratis di pasar-pasar. Tapi jaringan ini hanya diperuntukan nasabah BRI agar bisa mengakses layanan perbankan dengan mudah. Selain itu BRI juga akan sering mengadakan teleconference dengan nasabah untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan nasabah.

Manfaat dengan adanya BRIsat:

1.  Bank BRI  lebih mudah melakukan inovasi produk perbankan yang baru.

2. Mempercepat unit kerja BRI yang tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

3. Sehingga bisa memberi layanan kepada nasabah dengan jangkauan yang lebih luas

4.  Meningkatkan layanan digital perbankan seperti e-banking, e-commerce, transfer, setor dan tarik tunai dari atm

5. Dapat menarik nasabah global

Saat ini BRI merupakan bank yang memiliki jaringan ATM terbesar, sekitar 22.000 unit yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan BRIsat, koneksi jaringan ATM juga lebih baik sehingga dapat mempercepat proses transasksi.
BRI juga akan segera mewujudkan  papperless company. Dengan begitu BRI akan menjadi perusahaan berbasis aplikasi (Tanpa kertas)

Kebayangkan kerennya, berbagai surat menyurat sudah kita lakukan dengan surat elektronik/email. Dengan adanya BRIsat, Bank BRI bisa mulai menerapkan izin cuti, sakit atau pengisisan formulir terkait keputusan dari atasan semua bisa dilakukan dengan bantuan jaringan internet. Berarti akan ada penghematan kertas, mengurangi penebangan pohon, dan bisa berharap bumiku hijau kembali.

Jadi dengan kata lain satelit BRI bukan hanya bisa memermudah pekerjaan tapi juga bisa meningkatan efesiensi yang signifikan pada biaya operasional. Soalnya, dengan berbasis teknologi, otomatis tidak membutuhan banyak karyawan. Karyawan yang ada bisa diturunkan ke lapangan menjadi petugas pemasaran atau melayani nasabah.

Bahkan untuk pendidikan karyawan tidak perlu dikirim ke luar daerah/ ke luar kota karena dengan adanya jaringan internet, pelatihan tidak perlu dikumpulkan di satu tempat. Pemberi materi dapat melakukannya dari Jakarta tapi dapat diikuti oleh peserta di daerah lewat internet. Dengan e-learning, tidak perlu ada biaya transportasi dan penginapan. Penghematan ini juga berlaku pada pemangkasan anggaran. Selama ini BRI menyewa satelit untuk memerlancar komunikasi dan pekerjaan. Dengan adanya BRIsat, biaya telekomunikasi bisa dihemat.

Sumber: 

Jika BRI bisa banyak melakukan penghematan, maka seperti yang diharapak wakil presiden Jusuf Kalla, BRI bisa menurunkan suku bunga pinjaman. Karena dengan akurasi dan peningkatan kualitas otomatis akan menurunkan resiko.

Fakta unik di balik peluncuran BRIsat

1. Mengalami beberapa kali pengunduran dari jadwal yang direncanakan

2. Rekor baru dalam peluncuran satelit karena roket membawa 2 satelit

3. BRIsat adalah satelit Indonesia kelima

4. BRIsat, satelit pertama milik bank/ perusahaan jasa keungan.

5.  Inilah 4 satelit sebelum BRIsat: Palapa C2 pada Mei 1996 untuk Indosat. Lalu satelit Cakrawarta 1 pada November 2006, kemudian Telkom 1 pada Agustus 1998, Telkom 2 pada November 2005

6. Roket terberat karena mengangkut BRIsat dengan berat 10,8 ton

7.  Kourou, French Guiana dipilih menjadi lokasi peluncuran karena dekat dengan garis khatulistiwa. Tidak ada badai atau topan. Tidak ada gempa. Bukan basis militer

Menurut CEO sekaligus Chairman Arianespace, Stephane Israel

1.  Indonesia akan menjadi pelanggan yang besar untuk industri antariksa. Karena Indonesia memiliki populasi yang besar dan terus berkembang

2.  Indonesia jadi negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara. Lalu dengan kondisi geografi kepulauan, satelit menjadi kebutuhan yang penting. Karena alasan itu, Indonesia akan menjadi pasar yang penting

3. peluncuran BRIsat sangat inovatif, dan penting karena  satelit ini bertujuan untuk meningkatkan layanannya

4.  BRIsatIni akan memberikan ide segar bagi perusahaan keuangan lain, karena dengan menggunakan satelit dapat meningkatkan bisnisnya

5.  Peluncuran BRIsat jadi evolusi bagi sektor keuangan dunia.

Sebagai bangsa Indonesia, saya bangga dengan BRIsat. Ini menunjukan pemikiran orang Indonesia dalam hal ini BRI sudah maju dan tanggap pada perubahan zaman. Era digital perlu disikapi dengan beradaptasi dan masuk mengikuti masanya.

Menjadi saksi mata peluncuran BRIsat kebanggan lain. walau pelaksanannya mengalami berbagai kendala, namun akhirnya BRisat sudah diluncurkan. Semoga segala sesuatunya menjadi lebih baik tertutama dalam layanan perbankan. Selamat untuk BRI. Selamat untuk bangsa Indonesia.
Ngantuk tapi tetap happy


Ngantuk tetep narsis


Sumber: 

http://finance.detik.com/read/2016/06/18/112252/3236409/4/brisat-bikin-transaksi-di-bri-lebih-cepat

http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160619083851-213-139241/melihat-detik-detik-peluncuran-satelit-brisat/

Sumber: http://finance.detik.com/read/2016/06/21/065253/3238018/459/ceo-arianespace-peluncuran-satelit-bri-dan-rekor-baru

6 comments: