Google Adsense

Menlu RI, Retno Marsudi buka Pameran Foto : ASEAN Community 2015 and Beyond

Beruntungnya saya bisa datang dan melihat pameran Foto yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ASEAN. Tahun 2016, organisasi Persatuan negara-negara Asia Tenggara, ASEAN berulang tahun ke 49.  Dalam rangka memperingati HUT ASEAN ke 49 tersebut,  Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, membuka Pameran Foto “ASEAN Community 2015 and Beyond” yang digelar 6-13 Agusutus 2016 di Museum Seni Rupa dan Keramik di Kota Tua, Jakarta.

Pameran Foto yang  dilaksanakan atas kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Sekretariat ASEAN dan perwakilan beberapa negara anggota ASEAN di Jakarta, yaitu Vietnam, Singapura, Miyanmar, Laos, Philipina, laos dan Thailand. Pameran foto terbuka untuk umum. Saat  pembukaan pameran foto  sekaligus diadakan festival kuliner khas Indonesia dan negara-negara anggota ASEAN lainnya.

ASEAN- Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara lahir tahun 1967 yang dibidani 5 negara, yaitu  Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Bertujuan  mempromosikan kerjasama politik, ekonomi dan stabilitas regional. Berawal dari lima negara, anggota ASEAN terus bertambah. Dan Kini jumlahnya menjadi 10 negara.

Kegiatan dalam rangka HUT ASEAN ke 49, selain di Jakarta juga di gelar di kota Bandung. Perayaan HUT ASEAN ini diselenggarakan selama  bulan Agustus hingga September 2016. Masih dalam rangka HUT ASEAN, juga di gelar Fun Run di Kota Bandung. Beberapa pusat studi ASEAN di beberapa propinsi di Indonesia juga melakukan kegiatan.


Mentri Luar Negeri.  Penanda tangan Deklarasi Bangkok yaitu Thanat Khoman (Thailand), S. Rajaratnam (Singapura),  Adam Malik (Indonesia), Narsisco Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak (Malaysia). Th 1967

Menyaksikan 60 foto yang dipamerkan, perasaan saya teraduk-aduk.  Saya seolah terlempar ke masa sekolah. Saya seperti melihat potongan  video, saat Alamarhum Adam Malik, salah satu tokoh idola saya, melakukan serangkaian perjalanan diplomasi sebagai Menteri Luar RI.  ASEAN berdiri  melalui Deklarasi Bangkok, atas prakasa lima negara yang diwakili oleh masing-masing Mentri Luar Negeri.  Penanda tangan Deklarasi Bangkok yaitu Thanat Khoman (Thailand), S. Rajaratnam (Singapura),  Adam Malik (Indonesia), Narsisco Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak (Malaysia).

Penandatanganan Delarasi Hanoi tahun 1998


Foto-foto yang dipamerkan memperlihatkan gambaran perjalanan sejarah ASEAN, kerja sama ASEAN dalam ruang lingkup pilar politik dan keamanan, pilar ekonomi, pilar sosial budaya, serta keindahan alam dan keragaman budaya negara-negara anggota ASEAN.

Radja Ampat, Indonesia

Kuil Hindu tertua di Singapura

Salah satu ritual adat di Vietnam

Lewat Pameran Foto ASEAN Community 2015 and Beyond diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan rasa kesatuan ASEAN di kalangan masyarakat Indonesia,. Selain itu juga diharapkan dapat  mendorong semangat berdayasaing  untuk memasuki era Komunitas ASEAN.

Komunitas ASEAN 2015 adalah sebuah cita-cita atau tujuan dari negara-negara anggota ASEAN menciptakan sebuah pasar ekonomi terbuka. Sehingga makin terbuka jalur masuk produk luar negeri ke Indonesia, pun sebaliknya  produk Indnonesia ke luar negeri. Dengan begitu, setiap negara akan terpacu untuk meningkatkan kwalitas barang produksinya. 

3 comments:

  1. Wow seru banget bisa lihat pameran foto ASEAN gitu. Itu untuk umum ya, mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, terbuka untuk umum. cuma kurang publikasi.

      Delete
  2. blog favorit ana banget ni, thanks mbak elisa, update terus ya...

    ReplyDelete