Google Adsense

6 Kuliner Wajib Coba di Kota Pahlawan

Surabaya kota pahlawan, sungguh tidak mungkin melepaskan namanya dari peristiwa 10 November dan hari Pahlawan. Namun selain sebagai kota pahlawan yang kental dengan sejarah terkait kebangsaan, kota Surabaya juga memiliki banyak hidangan yang menanti untuk memanjakan lidah kita.
Siap memulai perjalanan kuliner memanjakan selera? Kita mulai dengan beberapa daftar berikut ini:

1. Sego sambel Mak Yeye
Mahasiswa di Surabaya, utamanya yang merantau untuk melanjutkan pendidikan pastilah sudah tidak asing lagi dengan tempat makan di jalan Wonokromo tidak jauh dari kebun binatang Surabaya ini. Sego sambel Mak Yeye adalah warung nasi yang buka pada malam hari dengan menu berupa nasi, lauk dan sambal tomat pedas yang menggugah selera. Lauknya terdiri dari beberapa macam tempe, tahu, ikan pari, telur dan lain sebagainya bisa kita pilih sesuai dengan selera.

2. Lontong balap Garuda Pak Gendut
Ke Surabaya tanpa mencicipi lontong balap sudah seperti lebaran tanpa makan opor ayam, nggak lengkap! Jadi jika mampir ke kota pahlawan ini, jangan lewatkan kuliner yang satu ini. Lontong balap adalah makanan yang terdiri dari lontong, tauge, lentho yang disiram dengan bumbu petis yang manis pedas gurih. Lontong balap garuda sudah cukup tua usianya, berdiri dari 1956 lho! Belum lama sejak Indonesia merdeka lontong balap ini tetap ada untuk melayani para pelanggannya yang lapar dan rindu akan kaya rasa manis pedasnya sepiring lontog balap.

3. SBS Spesial Belut Surabaya

Sumber Gambar : tempatwisataseru.com
 Spesial Belut Surabaya atau SBS ini juga sudah menjadi menu makanan yang membuat kamu harus mampir dan mencicipi rasanya. SBS menjual menu belut goreng yang kematangannya bisa dimasak sesuai selera kita, kita bisa memilih belut yang digoreng basah, sedang atau kering kriuk.
Tidak cuma belut, SBS juga memiliki menu udang untuk kamu yang tidak suka makan belut. Kalau belum perah mencoba makan belut, cobalah belut yang digoreng garing ala SBS. Dipadu sambal bawang pedas dengan tambahan bawang putih goreng, rasanya kecil kemungkinan kamu nggak bakal ketagihan. SBS memiliki beberapa cabang yang tersebar di penjuru kota Surabaya.

4. Uncle Q
Ingin tempat yang nyaman dan sejuk untuk mendinginkan diri dari ganasnya panas kota Surabaya saat siang hari sambil duduk-duduk, selfie cantik, ngopi dan menyantap kue enak? Uncle Q bisa kamu kunjungi di daerah Darmo. Kopi-nya yang enak bertakaran pas dan kuenya yang memiliki size besar cukup untuk mengenyangkan perutmu meskipun hanya ngopi dan meyantap dessert. Selain kue, kamu juga bisa memesan makanan berat. Semuanya enak dan akan membuat kamu ingin mampir lagi.
Jika ketagihan mampir kesini seusai pulang jalan-jalan berburu kuliner enak khas Surabaya, kamu bisa menginap di Hotel Mercure Surabaya yang letaknya tidak jauh dari sana.
Sumber Gambar : mercure.com
 Selain dekat dengan Uncle Q, Hotel Mercure Surabaya juga tidak jauh dari Sego Sambel Mak Yeye, Kebun Binatang Surabaya, Monumen Bambu Runcing dan Patung Joko Dolog. Cukup menghemat biaya transportasi jika ingin mampir ke tempat-tempat tersebut.


5. Kepiting Cak Gundul 1992
Sumber Gambar : dhahargayeng.blogspot.co.id

Kepiting Cak Gundul awalnya berada di Pandaan Pasuruan sebelum membuka cabangnya di Surabaya. Rumah makan seafood yang hidangan utamanya kepiting ini sudah berdiri sejak tahun 1992 dan tetap tidak kehilangan penggemar sampai saat ini. Rumah makan ini selalu ramai dengan pengunjung yang ingin menikmati hidangan kepiting berbagai bumbunya berikut dengan seafood lain. Selain kepiting, rumah makan ini juga menyediakan hidangan cumi, kerang, ikan dan udang.

6. Bebek Goreng Sinjay
Bebek ini terkenal duluan di Madura dan selalu mengundang penasaran warga setempat maupun pendatang sebelum kemudian membuka cabang di Surabaya dan Malang. Harga bebek disini relatif cukup mahal untuk ukuran harga bebek di kota Surabaya yaitu sekitar 23,000 rupiah. Bebek goreng Sinjay memiliki daging yang berbumbu dan gurih dengan sambal yang pedas. Dalam sambalnya kamu akan menemukan irisan kecil-kecil mangga muda dan cabe yang melengkapi nikmatnya bersantap bebek goreng ini.
Mungkin kamu sudah mulai ngiler melihat gambar-gambar dan isi artikel. Penasaran dengan rasa aktualnya? Yuk cobain semuanya!


5 comments:

  1. Mau nyoba ke Uncle Q deh mak Icha :)

    Kapan ke Sby lagi?

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  2. Belutnya ga berani nyoba kayaknya bun :)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Wahh bagus banget kak artikelnya, makasih ya udah share pengalamanya, thanks banget

    ReplyDelete