Google Adsense

Anak Perempuan Bertolak Belakang dengan Maminya, Mitos atau Fakta?



Ibu saya memiliki 11 anak semuanya perempuan. Apakah kami selalu bertentangan? Sebaliknya kami menjadi anak-anak yang sangat menghormati dan menyayangi Ibu, sehingga kami rela melakukan apa yang Ibu inginkan. Apalagi Ayah selalu mengingatkan: Kalian boleh tidak hormat pada saya tapi jangan sekali-kali kalian menyakiti Ibu yang sudah mengeluarkan kepala kalian ke bumi. Ya itu pesan yang kami-Kakak beradik selalu ingat.

Menonton film Me  VS Mami, dari awal penonton sudah diajak tertawa. Me diperankan Iris Bella sebagai Mira.  dan Mami bernama Maudi diperankan Cut Mini. Sebagai pendatang baru, Iris Bella lumayan baik memerankan Mira, anak gadi yang sudah mahasiswi, merasa tahu dan bisa sehingga selalu protes karena Sang Mami justru melihat kebalikanya.

Sosok Cut Mini, sebagai single mother, menguasai seluruh scene sehingga bisa dibilang Me VS Mami adalag filmnya Cut Mini. Berhari-hari suara Cut Mini masih terdengar di telinga saya. Pada saat jumpa Pers, Bang Ody C Harahap mengatakan asyik dan seru syuting dengan Cut Mini. Di gas sedikit langsung panas. Tapi tidak begitu buat saya selaku penotno. segala sesuatu yang berlebihan nggak enak.

Film yang bakal tayang mulai 20 Oktober ini sebelumnya sudah pernah disinetronkan 3 episode. Produser cerdas melihat potensi dilayar lebarkan. Dan hasilnya, dari awal, pertengahan hingga akhir, penonton diajak tertawa lepas. Tapi ini bukan film komedi. Sutradara cerdas memilih konflik anak perempuan dan ibu. Bukan berarti konflik anak lelaki dan bapak, nggak ada. Ini bisa jadi inspirasi untuk dibuat film juga.

Konflik anak perempuan dan Ibu di mana-mana sama. Ibu sebagai orangtua merasa paling tahu apa yang dibutuhkan anak perempuan demi kebahgiaannya. Ibu lupa bahwasannya anak perempuan ini bukan fotocopi dirinya pun bukan miliknya. Si anak perempuan ini individu merdeka yang memiliki kemauan sendiri.


Mira dan Sang mami yang selalu berbeda pendapat, suatu hari harus melakukan perjalanan ke Sumatera Barat karena Uci Hayati, Nenek dari Ayah Mira ingin bertemu Mira. Maudi sang Mami awalnya keberatan pergi namun ketika Mira ingin pergi sendiri, Maudi langsung mengatakan akan menemani. Maka perjalanan pulang kampung, terbangun konflik yang dimulai dari ego masing-masing.

Kekesalan-kekesalan kian menggunung, di selingi sosok pemuda yang entah bagaimana selalu ada dan dekat dengan Mira dan Maminya. Siapa sih  pemuda ini? Lalu apa kaitannya dengan lelaki misterius yang selalu mengatur pemuda tersebut. Kasih tahu nggak ya? Kalau dikasih tahu ntar nggak seru lagi.

Saat jumpa pers saja, kami terhibur dengan celetukan Cut Mini,  Dimas si pemuda misterius dan Bang Ody selaku sutradara. Scene Cut Mini terasa terlalu banyak, sehingga dipertengahan, saya nyaris bosan. Namun saya tetap bertahan menyaksikan dan nggak menyesal menyaksikan hingga akhir. Film ini memberikan permandangan indah alam Sumatera Barat. Sehingga mengusik rasa, ingin mengunjunginya. Indonesia memang indah.

Film keluarga yang belum tentu terjadi pada semua orang tapi layak ditonton sebagai pembelajaran, menghargai hubungan anatar anak dan orangtua.





Judul : Me And Mami
Genre : Drama, Komedi , Family
Sutradara : Ody C Harahap
Penulis Skenario : Vera Varidia
Produser : Danny Saputra
Rumah Produksi : mnc pictures



Pemain :

Dimas Aditya
Iris Bella
Cut Mini
Mike Lucock
Gading Martin
Selvi Kitty
Pierre Gruno
Anwar Bab

3 comments: