Google Adsense

OPINI.ID Fasilitasi Masyarakat Berpendapat


Hai, sejak media sosial berkembang dan kian eksis, semakin banyak masyarakat menyampaikan pendapat. sebetulnnya setiap orang mempunyai keinginan berpendapat. bahkan hak berpendapat setiap warga negara Indonesia di lindungi UUD 1945. namun dalam mengeluarkan pendapat ada peraturannya. 
Mengapa orang perlu mengeluarkan pendapat? karena manusia mempunyai akal dan budi sehingga sebagai mahluk sosial, akan selalu dituntut untuk berpendapat. Ada orang yang berani berpendapat secara terbuka ada juga yang hanya apada lingkup-lingkup kecil dan tertutup.
Pada era orde baru, kebebasan berpendapat sangat sedikit. media massa memberikan hak jawab pada masyarakat/lembaga/institusi jika ada dalam pemberitaan media, tidak sesuai dengan kenyataan/pemahaman dsi individu/lembaga/institusi. tapi masyarakat biasa nyaris tidak bisa berpendapat. semua kebijaksanaan atau peraturan yang ditetapkan, suka atau tidak suka harus diterima, Seperti penggusuran, kenaikan BBM, kenaikan TDL listrik atau tarif jalan bebas hambatan.
Di era media sosial, di mana setiap orang darimana saja dan kapan saja bisa menyebarkan informasi termasuk pendapat pribadi, menyampaikan pendapat baik menanggapi pemikiran orang lain atau sebuah peristiwa, menjadi seuatu yang mudah. sayangnya pendapat-pendapat di akun-akun media sosial individu seringkali tidak bisa dipertanggungjawabkan. karena lebih sering yang beredar opini/pendapat orang lain yang disebarkan.
Berbeda dengan individu yang menuliskan sesuatu atas pemikiran/pendapat pribadi. Sejak ada media sosial, banyak masyarakat yang otomatis belajar menulis yang baik dan belajar memahami banyak pendapat. Apakah membuat masyarakat menjadi cerdas? Tidak juga. tapi paling tidak masyarakat sudah mulai berani mengeluarkan pendapat. Kualitas pemikiran/pemdapat individu sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan wawasan.
Kini banyak saluran/wadah yang bisa digunakan masyarakat untuk menyampaikan pemikiran atau pendapatnya. Tapi dengan filter umum, tidak melanggar SARA. Sebuah portal informasi yang berisi pemikiran-pemikiran masyarakat tentang kepedulian-kepedulian dan tindakan-tindakan baik orang Indonesia telahir lahir dan menjadi media saluran berpendapat. OPINI.ID namanya.
Sesuai namanya OPINI.ID, ini media yang memberikan kesempatan siapa saja menyampaikan pemikiran/pendapatnya tentang apa saja yang terjadi. Dikelola sekelompok anak muda yang mempunyai cita-cita mulia. Mereka ingin semua orang tahu. orang Indonesia masih banyak yang baik. mereka ingin memfasilitasi informasi tentang kebaikan kepada masyarakat luas.
Sederhana tapi sangat baik. Karena kebaikan memang harus disebarkan. Kebaikan lahir karena orang baik dan perbuatan baik harus dirasaakan semua orang. Indonesia begitu besar, Jika air laut jadi tinta, takkan cukup menuliskan tentang Indonesia dan isinya. 
Maka ini saatnya, ayo gerakan jemarimu, gnakan pemikiranmu, berikan pendapatmu tentang semua kebaikan di bumi, khususnya Indonesia. Caranya? Sangat mudah, masuk di http://opini.id/ 

Nanti akan terlihat seperti ini (Gambar di atas) Lihat sebelah kanan ada tulisan sign ini

Buat akun terlebih dahulu, dengan masuk menggunakan facebook/twitter/email, pilih nsalah satu. saran saya gunakan akun facebook, lebih mudah


Maka akan terlihat tampilan seperti gambar di atas. 


Lihat sebelah kanan ada tulisan home dan topik.(lihat gambar di atas) pilih topik. Scrool ke bawah atau lihat tanda pensil di sebelah kanan lalu tekan. Akan muncul layar untuk menulis.

Ini yang berbeda dengan kalau kita menulis di blog pribadi atau blog komunitas. Di Opini ID, sudah dikondisikan untuk generasi milenial, dianggap generasi yang kesehariannya lekat dengan smartphone. Maka layar untuk mmenulisnyapun sebesar layar smartphpone. baik dibuka di smartphone maupun dibuka di PC/laptop.
Bagi saya yang ngeblog dan layar buat menulisnya luas, agak kaget juga. tapi setela menuliskan, eh ternyata ok juga. melihat dari templatenya, sederhana, cenderung simple mungkin memang dibuat agar gak ribet. Sisi kiri kanan layar tempat menulis terlihat kosong. Entah kalau nantinya buat sponsor. Secara keseluruhan menulis di OPINI ID, buat saya asyik-asyik aja. Cuma belum ada fitur edit. jadi kalau typo hmm blm bisa direvisi.

Jika tanda + di bawah di tekan (Gambar di atas). Maka akan keluar tampilan seperti gambar di bawah,.  Voice pinion untuk menuliskan pendapat anda,  


Untuk melanjtkan menulis, tekan Create article (Yang tengah) akan keluar layar baru untuk menulis, Sedangkan Ask the Crowd untuk membuat polling. Akan keluar tampilan seperti gambar di bawah


Jika anda menekan tanda panah di sebelah kanan,

 Maka akan muncul layar seperti gambar di bawah.

Layar untuk menulis artikel lagi.

Sebetulnya kalau mau dibilang susah, hanya di awalnya. Buat anda yang tertarik menuliskan opini dan siap bertanggung jawab dengan opini anda, ayo gabung dan menulislah di OPINI.ID. karena saatnya anda bersuara. benar diam itu emas. tapi berbicara itu berlian. berbicara serupa berlian adalah berbicara atau mengemukkan pendapat yang berkwalitas dan bisa dipeutanggung jawabkan. bagi saya pribadi tulisan atau catatan saya adalah bkti atau jejak keberadaan saya. Saat mati tulisan saya akan menyelusuri jalannya sendiri.


PT. Opini Visi Media
PT. Global Visi Media
Wisma 77, Tower 2 lantai 9
Slipi, Jakarta Barat
Email: info@opini.id

3 comments:

  1. Kayaknya udah pernah berkunjung ke Opini tapi belum sempet register

    ReplyDelete
  2. Pendapat itu penting... Kayanya bisa dicoba nih... berkunjung ke opini...

    ReplyDelete
  3. Keren nih konsep websitenya, semoga bisa jadi wadah yang efektif buat menyalurkan suara rakyat kecil

    ReplyDelete