Google Adsense

WASPADAI ANAK ALERGI SUSU SAPI

Menjadi orangtua adalah anugerah yang tidak bisa diungkapkan atau digambarkan dengan kata-kata. Menjadi orangtua juga mengharuskan saya menjadi manusia pembelajar seumur hidup. karena walau anak terlahir melalui saya, mereka bukan milik saya. Saya dan pasangan memerlukan waktu dan pengetahuan untuk mengenali mereka, sepanjang tumbuh kembang mereka. Kegembiraan sekaligus ketidaktahuan, memaksa saya dan suami mencari semua informasi lewat berbagai media. 








Termasuk lewat berbagai seminar dan workshop. Pertengahan Juni lalu saya mengikuti talkshow yang diselenggarakan Enfa Club bertajuk.


 "TIDAK SEMUA MASALAH PENCERNAAN BERKAITAN DENGAN ALERGI"


Bagi ibu baru, dengan keterbatasan pengetahuan, memang banyak yang beranggapan semua masalah pencernaan berkaitan dengan alergi. padahal belum tentu karena banyak faktor yang dapat menjadi penyebab gangguan pada pencernaan.





Alergi adalah respon abnormal dari sistem kekebalan tubuh. Orang-orang yang memiliki alergi memiliki sistem kekebalan tubuh yang bereaksi terhadap suatu zat biasanya tidak berbahaya di lingkungan. Seperti debu, serbuk sari, jamur, bulu binatang,atau sesuatu yang dikonsumsi dll, Disebut alergen (Sumber)

Jadi kalau anak, baik bayi atau balita, muntah-muntah atau buang-buang air, belum tentu gangguan pencernaannya disebabkan alergi. Bahkan reaksi muntah dan buang-buang air, beda usia bisa jadi beda persoalan.

Hal tersebut dikatakan dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A, salah satu pembicara yang hadir. Kita wajib mengenali kondisi dan perubahan tubuh anak. Masalah pencernaan paling sering/mudah ditandai dengan, anak rewel, perut kembung, buang angin/gas, muntah/gumoh, demam, BAB tidak lancar.

Jika anak memberikan penampakan gejala semacam itu, kita tidak bisa langsung menyimpulkan anak alergi. Karena dengan gejala seperti itu, bisa banyak penyebab. Misalnya, lelah, masuk angin, salah makan, makan makanan kotor/basi, salah minum, tanpa setahu ortu, anak diberi minum yang bukan minuman untuk anak (soda/kopi/es dll) Artinya orantua perlu mengekplorasi/ mencari tahu apa  situasi dan kondisi yang terjadi, minimal 3 x 24 jam sebelum si anak menunjukan gejala seperti yang saya uraikan di atas.

Tahukah anda 50%  masalah pencernaan disebabkan sistem pencernaan yang belum matang? Sedangkan masalah pencernaan yang disebabkan alergi susu sapi kejadiannya hanya  7% .dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A mengingatkan, bahwasannya pada anak-anak di bawah usia 2 tahun, di mana kondisi pencernaan belum rapat, masih ada celah di mana bahan-bahan alergan masih mudah terserap. Seiring pertambahan usia anak, kondisi pencernaan kian rapat dan antibodypun terbentuk maka daya tahan tubuh anak juga menjadi lebih kuat, sehingga tidak mudah terkena material yang memicu alergi. Apa saja sih penyebab alergi, banyak. Diantaranya faktor keturunan. Hal lain, cuaca dingin, panas, kotor, bulu binatang, bahan makanan/minuman tertentu. 

Alergi pada anak bisa dilihat pada 3 area, yaitu pertama pada area kulit, ruam, kemerahan, berbintik dll, Kedua Pencernaan, Muntah, kembung, bab susah atau cair, bab sering dan berbau asam. Ketiga, pernapasan, mudah sesak napas terutama disekitar area berdeu, penuh asap rokok dan polusi udara lainnya. 

Mengapa Anak Alergi Susu Sapi patut diwaspadai?
Ini untuk mengenali kondisi anak, sehingga bisa diberikan susu yang sesuai dengan kondisi tubuh si anak. Susu adalah bahan utama untuk nutrisi bayi, sebelum bisa mengkonsumsi makanan padat. Setiap orangtua wajib memberikan Air Susu Ibu kepada anaknya. Akan tetapi kondisi anak menjadi prioritas, jika ASI kurang berkualitas, maka orantua harus memberikan susu formula untuk menunjang tumbuh kembang si anak.

Untuk apa bersikukuh tidak memberikan susu tambahan, padahal jelas terlihat tidak adanya penambahan berat badan anak yang siginifikan. anak yang sehat adalah anak yang selalu menunjukan pertambahan berat badan secara fisik dan bertambah kemampuan secara mental sesuai usia.  Kita juga tahu pertumbuhan maksimal otak anak ada pada usia di bawah lima tahun. Bagaimana anak akan bertumbuh dengan optimal jika sejak masa bayi sudah kekurangan nutrisi?


Enfa grow Mead Johnson memberikan solusinya susu khusus untuk anak 1-3 tahun yang pas untuk perutnya yang masih peka seperti Enfagrow A+ Gentle Care karena mengandung protein halus yang sudah dipecah melalui teknologi PHP (Partially Hyrolyzed Protein) yang mudah dicerna sehingga seluruh nutrisi yang masuk bisa terserap dengan baik.

M. Nuh Nasution, Tim ahli Enfa +


Lalu bagaimana kita akan memberikan susu tambahan dan yakin bahwa susu tersebut baik untuk anak kita? Bapak M. Nuh Nasution team ahli Enfa A+, mengajak para hadirin untuk mengenali tanda anak alergi susu sapi kecil lewat tes alergi susu sapi. 



Sangat mudah untuk melakukan test pada anak, apakah alergi susu sapi atau tidak. tahapan jelas dan mudah dipahami untuk diikuti. saya mencoba dan anak saya berdasarkan data/tanda=tanda yang terjadi pada anak lalu dianalisa, anak saya mendapat score 17 yang menunjukan terindikasi alergi susu sapi karena itu disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Enfa memberikan nilai plus dengan menyarankan saya mengikuti tahap selanjutnya, yaitu menunju artikel yang memberi infromasi apa yang harus saya lakukan.

Setelah bapak M. Nuh Nasution , memandu hadirin untuk masuk ke http://www.enfaclub.com/tesalergi-sususapi/ dan saya mendaptkan hasil, anak saya terindikasi alergi susu sapi. kerennya lai, langsung diarahkan untuk mendapatkan informasi tentang tanda anak alergi susu sapi dan cara mengatasinya.

Sebelum acara ditutup dengan buka bersama,  Bapak Parjono Susiono dari Grup Head Digital Zenit Optimedia yang menjelaskan seputa pemahaman SEO dan bagaimana melakukannya agar Blog bisa dikenali mesin pencari goggle. 

Disarankan untuk menuliskan artikel dengan panjang minimal 1000 kata. Ini bertujuan agar  mempunyai keleluasaan menulis/ memberikan tulisan yang bergizi. sarat dengan informasi. Jika jumlah kata sedikit, informasi tidak tertuang dengan jelas. tapi juga jangan menulis panjang namun tidak fokus. Fokus pada tulisan penting, agar pembaca tidak bosan. lamanya pembaca membaca di blog kita, memberi sinyal bagus bagi blog kita.

3 kunci yang harus diperhatikan para blogger dalam menulsikan konten blog adalah, original, unik dan informatif. idak mudah bukan berarti tidak bisa.

4 hal untuk menjaga SEO blog kita adalah
Indeks, ini akan mengarahkan tulisan kita secar tepat kepada mesin pencari.
Content, memberikan apa yang diperlukan pembaca, tulisan menarik, trelevan dan informatif
Authority, Milik sendiri harus bisa dipercaya
Experience, Interaksi kita dengan pembaca akan memberikan ikatan yang membuat pembaca mau kembali datang dan membaca lagi. Dengfan catatan kita memenui 3 hal yang di atas. indeks, content dan Authority.











27 comments:

  1. Waaah, nambah pengetahuan baru soal alergi yang terjadi pada anak-anak kebetulan keponakan ada yang kayak gitu, gampang alergi dan soal penulisan.

    ReplyDelete
  2. Anak aku juga alergi di kulitnya, banyak banget pantangan makanan. Jika sedang parahnya sampe parah banget kulitnya.

    ReplyDelete
  3. Sekarang ini mudah banget untuk mengetes apakah Si Kecil alergi atau tidak. Jd kita dpt berkonsultasi dengan dokter anak lebih efektif dan efisien karena tahu penyebab keluhan Si Kecil.

    ReplyDelete
  4. penjelasannya komplit dan sangat bermanfaat Bun.. terima kasih..

    ReplyDelete
  5. Noted,pembahasannya berguna sekali nih.

    ReplyDelete
  6. Meski tinggal di pelosok gak lagi ketinggalan info nih. Apalagi soal anak sangat rentan secara di sini dokter anak adanya di kota jarak 3 jam kendaraan kebanyakan bidan itu pun gak tau punya spesialis atau gak

    ReplyDelete
  7. Ini bermanfaat benget, dulu keponakan saya juga alergi susu sapi tapi karena pengetahuan kami belum cukup jadi tidak tahu alergi tersebut sampai bidan yabg bilang kl memang terkena alergi. Coba waktu itu tahu ada tes alergi ini pasti bs tahu sejak dini

    ReplyDelete
  8. Makasih infonya Buncha, wkt bayi anakku jg prnah ngalamin alergi, perut kembung dan muntah2,kmgknan memg terkena alergi susu sapi.

    ReplyDelete
  9. Ini bermanfaat benget, dulu keponakan saya juga alergi susu sapi tapi karena pengetahuan kami belum cukup jadi tidak tahu alergi tersebut sampai bidan yabg bilang kl memang terkena alergi. Coba waktu itu tahu ada tes alergi ini pasti bs tahu sejak dini

    ReplyDelete
  10. Orang tua musti upgrade pengetahuan perihal alergi.
    Trimakasih pencerahannya Bun Cha

    ReplyDelete
  11. sekarang saya jadi lebih paham tentang alergi susu sapi, thanks infonya mak.

    ReplyDelete
  12. Info menarik jd byk tau nih tntg alergi, trims infonya Bun :)

    ReplyDelete
  13. Keren Mom infonya. Terima kasih
    Jadi pengen cepet jadi orang tua. Hehe

    ReplyDelete
  14. Informasinya bermanfaat sekali bunda Elisa, untuk ibu-ibu yang anaknya sering bermasalah pencernaannya^^

    ReplyDelete
  15. Infonya keren banget.. Dan kalau anak dibilang alergi jangan juga kita sebagai orangtua langsung panik, krn kita harus cari tau akar permasalahannya dengan tuntas. Nice share mbak

    ReplyDelete
  16. Wahhh tinggal masuk web trus isi kuisioner langsung tau deh anak alergi atau ga.

    ReplyDelete
  17. Cuuuus isi quisionernya ah. . biar tau anakku kena alerghi apa ga

    ReplyDelete
  18. Anak pertama sy sempat alergi susu sapi tp alhamdulillah udah berlalu

    ReplyDelete
  19. Puji Tuhan, udah ada penemuan dengan diadakannya produk ini. Kasian lantaran kondisi organ pencernaan yg msh baby jd ngga bisa nyerap nutrisi selain ASI. Maksudnya buat anak2 yg kepaksa ngga mendapatkan ASI (spt yang ibunya sakit, atau kasus ASI ngga lancar).

    ReplyDelete
  20. Tulisan yang lengkap, Bunchaa. Alergi kalau terdiagnosis sejak awal bisa tertangani lebih baik

    ReplyDelete
  21. Anak saya juga alergi susu sapi, hiks.

    ReplyDelete
  22. anak pertamaku banget ini Buncha, dia alergi susu sapi.. tp skarang sudah enggak 😁

    ReplyDelete
  23. Memang hrs hati2 kalau urusan anak ya, Bun. Terutama masalah pencernaannya.

    ReplyDelete
  24. Anakku ada alergi tapi fine2 aja minum susu, ada makanan lain yg bikin alergi cuma blm tes sih bun

    ReplyDelete
  25. Ortu dan ortunya ortu mesti selalu apdet tentang ilmu tumbuh kembang anak ya.

    ReplyDelete
  26. Anak saya alerginya udara dingin, alhamdulillah minum susunya bagus ..penting nih infonya buat ortu yang anaknya alergi susu..

    ReplyDelete
  27. alhamdulillah dikeluarga saya tidak ada yang terkena alergi susu dan alergi makan dan minuman lainnya

    ReplyDelete