MITA, Komitmen Bank Mandiri Layani Generasi Milenial



Sebesar 43%  nasabah Bank Mandiri adalah generasi minenial yang serba mobile dan akses informasi dari gadget.   Karena itu Bank Mandiri hadirkan layanan MITA- Mandiri Intelligence Assistant (MITA).   Era digital tak dapat dielakan lagi. Kehadirannya sudah membuktikan banyak membantu berbagai bidang pekerjaan dan layanan jasa. Termasuk layanan jasa keuangan.  Untruk meningkatkan kualitas Layanan, Bank  Mandiri Perbarui Website dan Kenalkan Chatbot “MITA” Mandiri Intelligence Assistant (MITA).  Sebagai bukti   komitmen Bank Mandiri untuk meningkatkan layanan pada generasi milenial dan beradaptasi dengan era digital.

Melalui pembaruan ini, BankMandiri ingin meningkatkan kualitas dan pola komunikasi perusahaan dan seluruh stakeholder, termasuk nasabah dan regulator. Langkah ini dilakukan Bank Mandiri untuk memudahkan masyarakat berinteraksi dan mencari informasi tentang Bank Mandiri, baik produk, layanan maupun informasi lain yang mendukung keterbukaan informasi perusahaan.

Menurut Direktur Operations Bank Mandiri Ogi Prastomiyono, MITA merupakan bentuk adaptasi perseroan terhadap tren dan kebutuhan layanan contact center modern. Kami yakin langkah ini dapat membantu perseroan memenangkan persaingan di industri keuangan. Sebab, layanan ini dapat memberikan kemudahan akses bagi nasabah.

MITA, jawaban Bank Mandiri untuk melayani Generasi Milenial yang serba digital. Jadi kalau ada kendala dan butuh info soal layanan bank Mandiri, bisa bertanya ke Mita. Chatbot MITA adalah salah satu langkah transformasi digital Bank Mandiri utk berikan layanan yg lebih efektif, efisien dan customer-oriented.

Group Head Customer Care Bank Mandiri. Lila Noya mengatakan: “MITA adalah layanan customer service virtual sebagai bentuk peningkatan layanan terhadap nasabah Bank Mandiri dengan teknologi chatbot. MITA layanan virtual 24 jam. Jadi gak perlu panik kalau ATM tertelan mesin di hari libur. atau kecopetan. Semua langsung bisa menghubungi MITA.  Lewat MITA, Bank Mandiri akan memblokir ATM  yang diilaporkan hilang/dicopet. MITA juga bisa mencari informasi fiesta poin.  Serunya lagi MITA bisa diakses dari sosial media, seperti FB, telegram dan Line. Kehadiran  MITA memang salah satu tujuannya untuk  meminimalkan layanan call center.

Rico Usthavia Frans, selaku Direktur Digital Banking & Technology Bank Mandiri, Website mandiri di refresh agar user lebih frendly, dan akan ditambahkan fitur, keluhan untuk customer service. Saat ini Bank Mandiri memiliki 21,9 juta nasabah tabungan dan 1,8 juta nasabah kredit.  Jumlah nasabah Bank Mandiri tersebut terus bertambah, data yang tercatat menunjukkan bahwa visitor website Bank Mandiri mencapai sekitar 155 ribu perharinya. Jumlah yang banyak dan  harus secepatnya memperoleh respon untuk setiap interaksi virtual yang terjadi. Karena itulah MITA hadir- #SaatnyaTanyaMITA

Sebagai nasabahBan Mandiri dan telah beberapa kali bermasalah dengan ATM, baik keilangan/kecopetan, kartu tertelan mesin ATM,  atau ingin memperbarui beberapa layanan, seperti e-banking, hadirnya MITA sungguh sangat membantu. Karena saya nggak perlu ke luar dan datang ke Bank Mandiri terdekat atau terhubung computer saat menelepon call center. Jujur tekan 1 kalau ingin bla…bla…bla atau tekan dua kalau ingin bla…bla…bla. Itu bikin frustasi banget. MITA menjadi solusi bukan hanya untuk  Bank mandiri tapi juga buat nasabah seperti saya.

Layanan MITA dan  tampilan website  yang baru  untuk mengatasi tingginya frekuensi interaksi melalui layanan contact center digital Mandiri seperti email dan media sosial.  Ada kenaikan sekitar 40 % dibanding tahun lalu.  Karena tidak semuanya bisa dilayani lewat email dan sosial media akibat terbatasnya sumber daya manusia.  Terbanyak adalah permintaan informasi sebesar 51%, permintaan bantuan 28% dan keluhan 21%.  Karena itu Chatbot MITA  dengan metode natural languange processing ini, diharapkan  mempercepat dan memudahkan interaksi nasabah.

10 comments:

  1. Widih tambah canggih aja ya Bun. era digital memang membantu semua aktivitas manusia :D

    ReplyDelete
  2. Bagus sekali. Bisa aja nyari padanan nama yang pas. Mau juga sesekali coba layanannya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa identik dng nama cewek ya?

      Delete
  3. Lambat laun peran manusia makin dikurangi ya bund, kini ada bots pengganti human CS yg less cost.

    ReplyDelete
  4. semoga kehadiran layanan MITA bisa membantu nasabah Mandiri ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harapannya gitu. Nasabah terbantu

      Delete
  5. Nah gitu donk bank mandiri, menomorsatukan layanan customer service. Supaya customer puas kalau mau nanya2 atau complain

    ReplyDelete
  6. Bank Mandiri ..sudah sejak dulu berusaha..memudahkan dan membuat nyaman nasabah..,

    ReplyDelete