Aplikasi halodoc, Tambah Ahli Kesehatan Jiwa Pada Fitur Kontak Dokter

Data World Health Organisastion/WHO, pada tahun 2016 menunjukan ada sekitar 35 juta orang di dunia yang terkena depresi dan diprediksi tahun 2020 mendatang, depresi akan menjadi beban kesehatan no dua setelah kardiovaskuler. Nah loh? Ngeri nggak sih?  Apa sih depresi? Bagimana mengetahui gejala depresi? Bagaimana mengatasinya? Bersyukurlah saya menjadi blogger, bisa mendapat akses dari ahlinya.

Aplikasi halodoc, Tambah Ahli Kesehatan Jiwa 
Pada Fitur Kontak Dokter . 

Terkait informasi tersebut,  halodoc menyelenggarakan Media dan Blogger Gathering dengan narasumber Dr. Eva Suryani, Sp, KJ. Kepala Divisi Edukasi dan Training Asosiasi Psikiatri Indonesia, wilayah DKI Jkt.

Dr. Eva Suryani, Sp, KJ.-



Definisi sehat Jiwa Menurut Dr. Eva Suryani, Sp, KJ.

Menyadari sepenuhnya kemampuan dirinya
- Mampu menghadapi stress yang wajar
- Mampu bekerja secara produktif dan memenuhi kebutuhannya
- Dapat berperan serta dalam lingkungan hidup
- Menerima dengan baik apa yang ada dalam dirinya
- Merasa nyaman bersama orang lain.


Penggolongan Depresi:
Depresi Ringan, min 2 dari 3 gejala utama + 2 gejala tambahan
. hanya sedikit gangguan dalam pekerjaan dan kegiatan sosial.

Depresi Sedang, min 2 dari 3 gejala utama gejala tambahan + min 3 (sebaiknya 4) gejala tambahan.
Gangguan nyata dalam aspek kehidupan

Depresi berat, semua 3 gejala utama harus ada + min 4 dari gejala tambahan
Biasanya adalah gejala psikiotik (Waham, halusinasi) atau upaya bunuh diri.

 Menurut KBBI, depresi dalam istilah psikologi: 
Gangguan jiwa pada seseorang yang ditandai dengan perasaan yang merosot (seperti muram, sedih, perasaan tertekan)

Persolannya, apakah seseorang bisa atau tahu, kalau dirinya dalam keadaan stress atau tertekan? hal inilah yang banyak ditanyakan saat acara Media dan Blogger gahtering bersama halodoc. 29 Agusuts 2018 di Resto Ocha Bela, Hotel Moressey, Jakarta.


Menurut Dr. Eva Suryani, Sp, KJ, yang kini sudah bergabung dalam Tim Dokter Kesehatan jiwa di halodoc.com. Diperlukan analisa lebih mendalam untuk mengenali tanda/ciri seseorang terkena depresi sebelum memberikan solusi. Dalam banyak pasien yang ditanganinya, kebanyakan pasien tidak merasa ada yang salah. Biasa pembicaraan awal inilah yang harus hati-hati agar pasien tetap merasa nyaman dan mau membuka diri lewat bercerita.

Sesungguhnya hidup di kota metropolitan seperti Jakarta, bisa dibilang hampir semua masyarakat hidup dalam tekanan. Namun semua kembali pada kemampuan masing-masing dalam menghadapi tekanan-tekanan tersebut. Ada yang cuek aja atau bersikap easy going. Biasanya golongan orang-orang ini yang tahan terhadap tekanan.

Tapi bagi sebagian orang tekanan di tempat kerja, di keluarga atau dilingkungan pertemanan dapat membuat seseorang menjadi depresi berat yang pada akhirnya menganggangu aktifitas keseharian bahkan sampai tak mampu beraktifitas. 

Tantangan terbesar mengatasi gangguan mental aalah stigma di benak masyarakat. Orang dan keluarga yang ada anggota keluarganya mengalami stress/deperesi berat, cenderung malu jika ada yang mengetahui. Sehingga kondisinya ditutup-tutupi. Termasuk malu berkomunikasi dengan tenaga ahli seperti psikolog.

Padahal bisa diatasi dengan Terapi Psikologik, 
- Psikoedukasi: 
Pengenalan gejala penyakit
Faktor yang mempengaruhi kekambuhan
Kepatuhan Berobat
-psikoterapi Suportif
ventilasi konflik yang membebani pasien
Rasa aman dan penghiburan.
- Terapi kognitif prilaku. 
Bagaimana mengubah cara berpikir yang bersifat negatif dan irasional menjadi positif dan rasional. Kebanyakan orang yang stress merasa tidak mampu melakukan apa-apa dan merasa orang lain memandang berbeda.




Menurut dr. Eva, baik bagi seseorang untuk mempunyai kawan tempat bercerita/curhat atau berbagai rasa. Namun tidak semua orang sadar kalau dirinya sudah tertekan dan memerlukan saluran untuk mengeluarkan apa yang di rasa. dr. Eva mengatakan, sebagai kawan, kita akan mengenali kebiasaan kawan-kawan kita. Jika ada seseoranga yang berubah sikap dari kebiasaan sikap kesehariannya, sebagai kawan, boleh kok menanyakan. tapi bertanya tidak memaksa atau memojokan. 

Karena jawaban umum, biasanya orang yang berubah sikap akan menjawab, dirinya baik-baik saja. Biarkan dan beri waktu kawan tersebut, yang penting kita tetap memperhatikannya. Pada situasi seseorang mengalami depresi berat yang ditandai tidak mampu melakukan aktifitas kesehariannya, maka tenaga ahli dalam hal ini psikolog atau psikiater bisa jadi dibutuhkan. 


Selain stigma tidak ingin diketahui kalau seseorang mengalami stress, juga kurangnya tenaga ahli yang menangani. Di Indonesia hanya memiliki 773 psikiater dari 250 juta penduduk, atau 1 berbanding 323 ribu. padaal rasio optimal menurut WHO 1 berbanding 30 ribu.

Selain Terapi Psikolotik ada terapi Farmakologi, yaitu terapi dengan pemberian obat.

- Obat anti depresan
Indikasi untuk mengatasi gejala-gejala depresi
Diberikan selama 6 bulan sampai 1 tahun atau lebih
Pada pengobatan episode depresi dari gangguan Bipolar. Perlu diwaspadai karena dapat memicu gejala-gejala manik.
Pola pengobatan episode depresi dengan gejala psikotik dan dikombinasi dengan obat Anti Psikotik


lalu kemana mencari pertolongan? Ini era digital, segala sesuatu bisa permudah. www.halodoc.com adalah sebuah aplikasi kesehatan yang bisa diunduh dari telepon genggam anda.



Ada 4 layanan dalam Fitur aplikasi www.halodoc.com. yaitu Apotik Antar, Official Store, Hubungi Dokter dan Lab Service.
Ke empat fitur tersebut dapat dengan mudah dimanfaatkan masyarakat tanpa harus bersusah melewati kemacetan, cari parkir dan luangkan waktu mengunjungi dokter, menebus resep atau membeli obat lanjutan. Karena semua bisa lewat genggaman telepon di tangan anda. termasuk konsultasi denga dokter. 

Anda bisa memilih dokter dengan mempelajari/mengenali latar beakang dan pengalaman para dokter. Ini info yang jarang bisa diperoleh kalau anda berkonsultasi dengan dokter di Rumah Sakit. Karena terkesan tidak sopan kalau sebelum anda memeriksakan diri/berkonsultasi dan menanyakan latar belakang pendidikan maupun pengalaman sang dokter.




Berbeda jika anda menghubungi dokter di aplikasi halodoc. anda bisa memperlajari dan memilih pada dokter siapa anda akan berkonsultasi. Bahkan harganya jelas tertulis. Nah masih dalam masa promosi, anda bisa memanfaatkan konsultasi dengan dokter kesehatan jiwa secara gratis. Semua percakapan dijamin kerahasiaannya.

Vice Presiden halodoc, Felicia Kawilarang menjelaskan, saat ini sudah ada 10 ahli kesehatan mental,  psikolog dan psikiater  yang bergabung di Fitur Kontak Dokter. dan rencananya akan terus bertambah seiring kebutuhan.

VP halodoc, felicia Kawilarang

Setelah mengunduh aplikasi halodoc, anda bisa memilih Fitur Kontak Dokter. akan terlihat tampilan daftar bidang dokter.

Pilih bidang kedokteran apa yang anda perlukan. Jika psychiatrist, maka akan keluar daftar dokter ahli jiwa seperti berikut


Anda tinggal pilih yang mana anda suka dan kontak mereka.
Apa cuma itu layanan di halodoc? Ya tidak karena  selain 4 fitur yang sudah saya tuliskan di atas, jika anda sudah mengunduh aplikasi halodoc. Anda bisa menemukan banyak informasi. berbagai artikel kesehatan yang memberi banyak pengetahuan bisa anda buka dan baca. Selamat memanfaatkan.







23 comments:

  1. Halodoc aplikasi yang sangat bermanfaat, kita bisa konsultasi gratis dengan dokter, bahkan untuk gangguan kesehatan jiwa juga difasilitasi

    ReplyDelete
  2. Aplikasi favorite ini, Halodoc. Jadi kalau anak sakit atau keluarga sakit ga terlalu panik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak ya, serasa punya dokter pribadi

      Delete
  3. Baru tau ada konsultasi dokter kesehatan jiwa di halodoc, dulu aku pikir cuma bisa konsultasi masalah fisik aja. .,,ahh keren lahbya jadi masyarakat bisa dengan mudah konsultasi mengenai depresi yang dialaminya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu fitur baru. Jadi Kita bisa ngobrol curhat

      Delete
  4. Nah halodoc ini sangat membantu buat kita yang ada di daerah seperti saya. Bayangkan ke RSUD Cianjur waktu nya 2,5 jam kendaraan. Mau konsultasi dokter saja harus sehari pulang pergi. Lama...

    Dengan adanya aplikasi ini. Semua jadi praktis. Beneran...

    Oya, btw ajarin cara bikin animasinya itu deh Bun. Pakai aplikasi apa? Trims infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, bust yh dusah akses foktet off line. Aplikadi halodoc sangat membantu

      Delete
  5. Adanya aplikasi halo dic semakin membuat muda mndptkn info ksehatan aplg ada fitur utk brtanya k dokter y bund

    ReplyDelete
  6. Wah bisa tanya jawab dan konsul sama dokter lewat aplikasi, langsung download Halodoc ah 😁

    ReplyDelete
  7. Wah, keren Ada tambahan until kesehatan jiwa. Memang penting sekali mengetahui apakah seseorang bahkan diri sendiri terkena depresi atau tidak, karena dampaknya luas sekali. Dan pastinya dibutuhkan adanya support dari orang terdekat, keluarga dan lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
  8. Iya ya bun. Disini tuh orang stress selalu diledek sebagai orang gila. Padahal mereka juga butuh pertolongan dokter seperti halnya org yg sakit fisiknya.

    Bersyukur ada dokter jiwa di halodoc ya, bun. Jadi mereka bs konsultasi tanpa takut dikucilkan org2.

    ReplyDelete
  9. Bisa membantu nih karena banyak ibu ibu tekanan psikis gada uang buat ke psikolog, kendala malu, kendala rasa stres yang bikin mager

    ReplyDelete
  10. Yg pasti kalau lagi kesel, stress jgn curhat di medsos, ntr malah tambah stress. Wah aplikasinya bagus banget, bisa curhat via online ya. TFS infonya.

    ReplyDelete
  11. enak ya dari janjian sama dokter sama mau belanja obat aja ada kak di Halodoc ini.

    ReplyDelete
  12. Kayaknya penting nih aplikasinya buat ntar kalau habis hamil lagi dan ternyata mengulang kayak dulu lagi. Hahaha... dulu abis ngelahirin saya depresi Buncha. Alhamdulillah sekarang dah jauh mendingan.

    ReplyDelete
  13. Sebagai alternatif ya jika memang teman curhat sedang tidak ada waktu untuk kitaZz dan biasanya jika curhat dengan orang yang belum dikenal akan lebih terbuka dan lebih objektif

    ReplyDelete
  14. Aplikasi penting untuk jaga jaga terutama yang gampang pamik karena serangan penyakit tertentu. buat keluarga yang memiliki bayi dan orang tua yang rentan penyakit juga penting nih sehingga bisa langsung konsuktasi. mantap

    ReplyDelete
  15. aplikasi halodoc bisa dipakai diwilayah mana saja mbak?

    ReplyDelete
  16. Aplikasi yang bermanfaat nih. Apalagi kalau halodoc ini kan beneran doktr yang jawab ya, bukan dokter2an

    ReplyDelete
  17. Ini aplikasi kesehatan yg user friendly banget. . Kita sebagai pengguna bnr2 dimanjain dengan segala fiturnya. Sampe bisa curhat segala..

    Btw ... Itu beneran free ya bun buat konsultasi nya? Keren banget yaa...

    ReplyDelete
  18. Aku senang ada ini karena kesehatan mental ga kalah penting untuk dijaga selain kesehatan fisik

    ReplyDelete
  19. Aku udah instal aplikasi halo doc ini. Konsultasinya membantu banget.

    ReplyDelete