Ngeblog Happy Bonus Materi



Saya istri dan Ibu dari sepasang anak jelang remaja. Saya pernah bekerja berkantor selama 18 tahun dan sudah mengunjungi lebih dari 30 propinsi di Indonesia. Tinggal  beberapa  propinsi lagi yang belum saya kunjungi, Yaitu  Propinsi Nangro Aceh Darusalam, Maluku Utara, Maluku dan Kalimantan Utara. Sudah lebih dari 7 tahun saya berhenti berkantor, bukan berhenti bekerja. Tapi saya berhenti berkantor, tepatnya  sejak Januari 2011. Saya bersyukur bisa menikmati alam Indonesia dan saya menuliskan di Catatan Harian Digital alias Website/Blog pribadi.

Saya senang menulis catatan harian sejak masa remaja. Ketika mulai memasuki era internet/ digital, catatan harian sayapun mengikuti. jika dulu saya menuliskan di lembar-lembar kertas, kini saya menuliskan di handphone atau  ke komputer lalu dengan jaringan internet posting di website/blog. Saya menulis di website/blog sejak tahun 2006.  website/Blog adalah sebuah platform menulis. Orang yang menulis di blog di sebut blogger dan pekerjaan menulis di Blog disebut Ngeblog .

Pekerjaan ngeblog buat saya adalah pekerjaan yang menyenangkan. Prinsip saya Ngeblog Happy Bonus Materi. Saya bebas menuliskan pemikiran maupun pendapat saya tentang banyak hal di blog yang saya miliki. website/Blog sebagai tempat menulis terbagi dua. Gratisan dan blog berbayar. Kita bebas membuat website atau blog, bebas mau menggunakan yang mana saja. Namun karena saya ingin serius mengelola website/blog, maka saya memilih website/blog berbayar sehingga saya bisa menggunakan blog dengan nama sendiri, yaitu www.elisakoraag.com. Mulanya saya menggunakan website/blog gartisan, juga dengan nama sendiri tapi belakangnya bukan dotcom., melainkan www.elisakoraag.blogspot.co.id. Oh ya, dalam membeli domain kita bisa membeli di Niagahoster atau penyedia lainnya.


Apa keuntungannya menggunakan website/blog berbayar?
menurut saya:
1. Lebih keren
2. Lebih serius/profesional
3. lebih mudah mendapatkan job

Seiring perkembangan dunia teknologi dan komunikasi, khususnya di bidang internet, melahirkan media sosial. Seperti website/blog, facebook, Instagram, tumblr, twitter,  Pinterest, youtube dan masih banyak lagi.  Pada awalnya media sosial digunakan untuk pertemanan. Namun perkembangan komunikasi, menjadikan media sosial sebagai media promosi dan publikasi untuk produk dan jasa. Bicara promosi dan publikasi produk dan jasa dan media sosial, berdampak pada transaksi ekonomi. 

Siapa yang tidak senang ,jika apa yang kita lakukan dengan senang hati eh berujung transaksi ekonomi? Kalau saya, pastinya senang banget. Maka sejak saya menekuni penulisan di website/blog dan menyebarkan banyak informasi di media sosial, saya sudah mendapatkan imbalan materi yang cukup banyak. Termasuk jalan-jalan ke luar kota.

Bagaimana dengan penyebaran informasi terkait masalah sosial dan politik? Pemilik media sosial bebas menginformasikan apa saja, asal bisa dipertanggung jawabkan. Bagaimana jika dibayar? ya nggak apa-apa, selama informasi tadi tetap berdasarkan fakta dan bisa  dipertanggungjawabkan. Pemilik akun media sosial bersifat pribadi. Memang ada media sosial milik departemen, perusahaan dan lembaga sosial yang bukan atas nama pribadi tapi biasanya yang digunakan untuk promosi dan publikasi adalah media sosial milik perorangan/pribadi. 

Bagaimana caranya orang memiliki website/blog pribadi?
Buat saja, cari di google, semua ada. Siapa yang perlu atau harus mempunyai website/blog pribadi. Website/blog pribadi boleh dan bisa dimiliki siapa saja, sesuai tujuan yang ingin dicapai. Seperti yang sudah tuliskan di atas, saya memiliki website/blog pribadi awalnya sebagai catatan harian, tujuannya menyalurkan uneg-uneg, tempat curhat. 

Namun saya tidak mengira, pesatnya perkembangan teknologi komunikasi khususnya internet, membuka peluang pemilik website/blog mendapatkan materi. Sekarang banyak orang membuat website/blog dan memiliki website/ blog untuk tujuan mendapatkan uang. .Salah? Nggak. Bebas-bebas dan sah-sah saja. karena website/blog yang berpeluang menjadi sumber pendapat adalah website/blog dengan isi menarik dan memiliki manfaat bagi banyak orang. 

Jadi kalau anda memiliki passion menulis dan suka berbagi lewat tulisan, maka saatnya anda memiliki website/blog. Karena lewat website/blog pribadi kita bisa menyebarkan banyak informasi yang barangkali tidak terpikirkan orang lain. pesan-pesan positif, dan menarik  akan membuat website/blog anda berbeda. Tapi yang pastikan tentukan terlebih dahulu apa  tujuan anda menulis dan yakin informasi dari tulisan anda diperlukan atau disukai orang lain. karena kalau sesuatu yang diperlukan atau disuaki, maka akan banyak di cari. Jadi Ayo kita Ngeblog dengan happy, maka materi akan datang sebagai bonus.



18 comments:

  1. Tapi saya sudah lama ngeblog kok rasanya masih sepi aja itu job dan materi. Apa mungkin kurang promosinya ya? Dan sampai saat ini saya masih menggunakan domain gratisan omkoodok dot blogspot dot com.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingung jawabnya. Kamu Cari nggak? Karena Kita Juga harus rajin jemput bola.

      Delete
  2. usia tidak menghalangi mendapatkan duit. dari blog maka bonus materi juga persahabatan

    ReplyDelete
  3. Bener banget. Selain dengan ngeblog seorang buruh migran kaya saya ini bisa upgrade diri dan pulang seolah punya pensiunan eh penghasilan. Darimana? Ya dari menulis eh ngeblog ini...

    ReplyDelete
  4. Wah menarik nih tulisannya. Saya banyak tambahan ilmu ngeblog dari tulisan Buncha, makasih ya Bun...

    Salam,
    Bunda Sitti Rabiah

    ReplyDelete
  5. Bener banget, Buncha. Aku dulu ngeblog cuma hepi-hepi buat curhat. Gak nyangka banget bisa dapet rezeki dari ngeblog. Makin hepi aja deh curhatnya. Hehehehe...

    ReplyDelete
  6. Saya ngeblog sebenarnya udah lumayan lama, Bun. Tapi baru tau, kalau blog bisa mendatangkan bonus materi baru 2 tahunan ini. Suka banget dengan mottonya Bunda, "Ngeblog Happy Bonus Materi". Semoga tetep eksis berbagi inspirasi lewat tulisan ya Bun..

    ReplyDelete
  7. Waw...buncha keren banget. Hampir semua daerah di Indonesia di pijak.
    Iya bun, ngeblog emang harus dibuat happy...sekali happy kadang rezeki pun tak terduga...hehehehe

    ReplyDelete
  8. Hehe iya Bun..saya jg ga nyangka kalau ternyata blog ini bisa menghasilkan pendapatan yg lumayan..padahal awalnya gak kepikiran sama sekali :)

    ReplyDelete
  9. bener banget Buncha, awal ngeblog memang untuk senang-senang, kalau materi sih bonus ya, kalau udah selesaikan satu artikel berbayar/tidaktetap terasa happy-nya

    ReplyDelete
  10. Betul bund.. semakin kita membenahi blog dn konten bnyk yg mngunjungi blog kita...

    ReplyDelete
  11. Sepakat banget bunda, dulu saya juga ngeblog buat katarsis diri aja, buang unek unek. Sekarang Alhamdulillah, justru passion ini jadi hal yang menyenangkan banget. Hobi yang dibayar hehe thanks untuk inspirasi nya bun

    ReplyDelete
  12. Kalau bicara ngeblog. Ingat wawancara dirimu melalui KEB, yang akhirnya terinspirasi ngeblog. Setuju kak rejeki akan selalu mengikuti ya.

    ReplyDelete
  13. wah..buat yang hobi menulis dan pengen serius ngeblog, bisa baca nih tulisan bundCha

    ReplyDelete
  14. Sudah saatnya berbagi tulisan yang menarik melalui blog. Kalau happy ngeblog pasti dengan senriinya berbonus materi. Sepakat!

    ReplyDelete
  15. Sepakat banget buncha. Blog berbayar lebih terlihat elit dan menambah elegan yg punya. Apalagi harga domain skrg beragam dan terjangkau

    ReplyDelete
  16. Setuju banget mama Icha dengan blog berbayara kita lebih pede aja gitu nulisnya terus ya alhamdulillah dipercaya brand jadinya hehe.

    ReplyDelete
  17. bener juga sih buncha. Ngeblog juga harus modal ya. Kita harus menampilkan terbaik buat pengundang

    ReplyDelete