Kunci Sukses Mengatur Keuangan


Salah satu permasalahan dalam kehidupan secara umum maupun secara khusus dalam sebuah rumah tangga, adalah perekonomian. Faktor ekonomi memang menentukan hajat hidup orang banyak. Jangan bilang mau menikah karena cinta. Besok kalau nggak ada uang, cintanya bisa hilang dipatok ayam. makanya  Hidup ini harus realistis.  Kalau kata orang bijak bestari:

 Uang bukan segala-galanya tapi segala-galanya perlu uang.

Ada sebagian orang yang menyalahkan nasib sebagai penyebab ketidakmampuan dalam ekonomi. Padahal nasib nggak akan berubah kalau kita sang pemilik nasib nggak mengubah. maka untuk menghindari hal semacam itu harus tahu Kunci Sukses Mengatur Keuangan

Saat ini saya pekerja bebas. Saya bebas menentukan pekerjaan apa yang ingin saya ambil dan berapa jumlah uang yang ingin saya kumpulkan. Kesannya enak banget ya? Ya memang enak, semua bergantung pada diri saya sendiri. Enaknya karena saya bukan pencari nafkah utama, maka besar uang yang ingin saya raih bebas-bebas saja. Jumlah uang yang saya inginkan akan berdampak pada pekerjaan yang harus saya kerjakan.

Karena saya bukan pencari nafkah utama, saya agak-agak bebas dalam menggunakan uang yang saya hasilkan. tapi karena saya terbiasa memiliki uang, saya enggan minta uang pada suami. Suaminya enak dong. Nggak juga. Kadang ini jadi pangkal keributan. Ya, karena saya nggak mau minta uang, saya dianggap sombong. Ups...jadi curhat.

Padahal ini cuma karena kebiasaan. Saya terbiasa memiliki uang dan saya nggak merasa perlu minta uang. Sejak menikah, saya nggak pernah minta uang sama suami. Suami memberi saya menerima. Uang yang saya terima yang diatur untuk keperluan rumah tangga.

Dok. https://indonesiaexpat.biz/wp-content/uploads/2016/10/uang-rupiah.jpg

Buat saya kunci sukses mengatur keuangan, adalah komitmen dan disiplin. Saya dan suami sering ngobrol sambil membuat rencana keuangan. Rencana keuangan bisa dievaluasi setiap saat. Biasanya kami mendata semua pengeluaran. Memilah berdasarkan prioritas.

Berikut pos-pos pengeluaran:

1. Tabungan dan asuransi Asuransi adalah investasi kami. Dengan memiliki polis asuransi, kami memiliki pengeluaran rutin. yang dimasukan bersama dengan tabungan. Tabungan dan asuransi, adalah kebutuhan rutin yang selalu disiapkan dalam pos tersendiri. Besarnya tabungan disesuaikan dengan kebutuhan. Artinya tabungan itu digunakan untuk apa? kalau hanya untuk simpanan rutin, besarnya bebas-bebas saja.

2. Kebutuhan Rutin RT, Listrik, Air, Internet/TV Kabel, Pulsa, transport, iuran BPJS, Les anak-anak, uang bulanan untuk ortu, uang bulanan anak-anak.

3. Kebutuhan makan, dapur dan kamar mandi 

4. Cicilan rumah/kendaraan/kartu kredit/KTA

5. Dana darurat, untuk perbaikan rumah, sumbangan/hadiah

6. Hiburan

Seperti yang saya bilang, kunci sukses dalam pengaturan keuangan adalah komitmen dan disiplin. Uang yang di dapat harus diatur sesuai peruntukannya. Untuk asuransi misalnya. Penting banget karena membuat kehidupan keluarga saya lebih aman dan nyaman.


Saya mau info ni. Pilihlah Asuransi HappyOne.id. ini asuransi kekinian banget karena bisa diakses secara online. Memiliki produk yang kita perlukan. mengusung jargon All in One ID, happyOne.Id memiliki produk yang membuat semua orang happy.

Ke 4 produknya adalah 

#HappyMe, Asuransi jaminan kecelakaan diri
#HappyEdu, Asuransi jaminan santunan pendidikan jika tertanggung mengalami musibah, atau bisa juga asuransi jaminan pendidikan khusus untuk anak
#HappyHome, Asuransi jaminan perlindungan atas rumah kalau terjadi kebakaran
#HappyTrip, asuransi jaminan yang melindungi kita selama melakukan perjalanan.

Dengan satu ID kita bisa mengakses ke empat produk tersebut. Kelebihan dari HappyOne.ID semua bisa disesuaikan kebutuhan konsumen. Besarnya premi dan manfaat yang kita inginkan bisa diatur.

Dengan menyisihkan secara rutin dana untuk membayar polis asuransi, saya yakin sudah memberikan yang terbaik bagi keluarga saya. Bukankah uang bisa dicari? tapi kebahagiaan harus kita ciptakan. Bahagia itu sederhana, jalani kehidupan dan bersyukur untuk semua yang sudah dimiliki.

Catatan Pengeluaran rutin adalah salah satu pagar yang menjaga agar keuangan kita tidak lebih besar dari pemasukan. Jika ada pemasukan yang lebih, maka bisa dimasukan dalam pos tabungan. yang harus dijaga dan diwaspadai adalah saat belanja. Biasakan membawa catatan belanja dan belanja sesuai catatan. Membayar tunai lebih baik.  Kartu kredit hanya untuk membayaran cicilan.

Jika menggunakan kartu kredit untuk membayar belanja kebutuhan rutin, biasakan saat tagihan datang, langsung bayarkan sesuai jumlah belanjaan. jangan di cicil karena bisa mnejadi beban saat bayar kartu kreditnya.

Oh ya adanya pengaturan keuangan secara online juga membantu berhemat. manfaatkan belanja saat ada promo cash back, biasanya mulai dari 10%-50%. Ini lumayan banget. Termasuk belanja di tempat-tempat yang rutin mengadakan diskon. Jadi sekali lagi, saya ingatkan kunci kesuksesan menatur keuangan adalah Komitmen dan disiplin.

10 comments:

  1. Dengan komitmen dan disiplin yang kuat, saya juga bisa mengajarkan anak tidak sembarang beli apa yang ia mau, tapi beli apa yang ia butuh. Semoga anak juga bisa diajak "kerjasama" dalam soal mengatur keuangan ini. Amin...

    ReplyDelete
  2. Iya nih peer besar saya menekan keinginan jalan2..hahaha...kadang kebutuhan dan keinginan tipis banget pembedanya. Mudah2an next saya makin pinter atur uang nya..

    ReplyDelete
  3. Saya paling tertarik dengan happyEdu-nya. Preminya bisa dipilih yang paling terjangkau, manfaatnya juga. Belinya pun gampang. Bisa secara online.

    ReplyDelete
  4. Inovasi asuransi HappyTrip unik ya bun, apalagi buat yg mau jalan-jalan jauh jadi nggak kelabakan kalau terjadi hal yg ga terduga

    ReplyDelete
  5. Memiliki asuransi sekarang memang bagian penting dalam perencanaan keuangan. Dan HappyOne ini bisa jadi salah satu pilihan yang tepat, saya tertarik sama produk HappyMe dan juga HappyTrip.

    ReplyDelete
  6. Setuju banget Bun... Uang bukan segala-galanya tapi segala-galanya perlu uang. Untuk itu, kita memang perlu banget mengetahui manajemen keuangan agar keuangan keluarga tetap stabil dan terjaga. Salah satunya adalah dengan ikut berasuransi seperti HappyTrip. Jalan oke, keuangan terjaga

    ReplyDelete
  7. Komitmen dan disiplin memang penting dalam sebuah pengelolaan keuangan keluarga.. tanpa keduanya pengelolaan keuangan tidak dapat berjalan dengan baik, kompak ya keluarga buncha ini.. saling melengkapi dan semoga semua pengelolaan keuangan keluarga tetap berjalan dengan baik ya.. disempurnakan dengan kebutuhan proteksi agar masa depan keluarga lebih baik lagi lagi dan lagi

    ReplyDelete
  8. Tanpa uang, cinta hilang dipatok ayam. Hahahaha...lucu bunCha. Memang kita harus dispilin kalau soal uang karena itu menentukan masa depan. Tambah lagi asuransi sebagai proteksi.

    ReplyDelete
  9. Faktor ekonomi kerap menjadi titik permasalahan yang muncul di tengah keluarga. Kunci lainnya memang harus pandai memanage keuangan dan salah satu yang saat ini tengah di galakan adalah proteksi asuransi yang tepat

    ReplyDelete
  10. Ngomongin kebutuhan tak akan ada habisnya, dan mayoritas perlu uang. pengelolaan keuangan yang baik sangat diperlukan. salah satunya dengan proteksi dengan ikut asuransi

    ReplyDelete