Mudik Lancar Guyub Rukun


Mudik adalah salah satu kegiatan tahunan yang melibatkan semua komponen bangsa. Saya pernah membaca, kegiatan mudik sebuah kegiatan ritual yang terkait banyak aspek emosi dan sosial. Mudik biasanya terjadi jelang hari raya Idul Fitri. 7 hari sebelum dan sesudah idul Fitri menjadi kegiatan yang menghebohkan seluruh bangsa Indonesia.

Menurut cerita kawan-kawan, mudik itu bukan sekedar agar bisa berkumpul dengan sanak keluarga dan orangtua. Tapi menikmati keseruan mulai dari hunting tiket bus,kapal laut, kereta hingga pesawat, sampai menjalani perjalanan mudiknya. Termasuk persiapan oleh-oleh untuk di kampung.

Saya berkesempatan bertemu dengan Mentri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan jajarannya. Di acara Ngobrol dan Bukber bersama Menhub, seputar persiapan mudik. Sama seperti beberapa tahun terakahir pemerintah lewat kementrian perhubungan memfasilitasi MUDIK GRATIS dengan Moda transportasi Kapal Laut, Bis dan Kereta Api. Pemerintah baik banget ya? Tujuan mudik gratis ini, sebagai upaya pemerintah memfasilitasi kebutuhan masyarakat dan meminimalkan kecelakaan. 

Acara dibuka oleh Sekjen Kemenhub Djoko sasono yang mengatakan Acara Bukber dan Ngborol kemenhub dengan Influencer diperlukan karena Influencer baik blogger/netizen maupun Vloger mempunya akses untuk menginformasikan ke masyarakat. Dengan bantuan Influencer, kemenhub berharap informasi seputar mudik maupun sarana jalan dan transportasi bisa didistribusikan dengan baik.

Dilanjutkan dengan tausiah dari ustad yang juga vloger dan gaul. Tausia berisi bagaimana kita menjaga puasa dan disampaikan dengan gaya yang menyenangkan. alhasil nggak berasa tau-tau tiba saat berbuka. maka kamipun menyerbu takjil dan makanan yang sudah disiapkan. Sampai akhirnya, acara dilanjutkan dengan Ngobrol barenga Pak menhub Budi karya Sumadi.

Pemerintah memfasilitasi mudik bukan cuma penumpang tapi juga untuk motor. masyarakat pasti belum lupa, tingginya kecelakaan pemudik yang menggunakan motor. Maka memfasilitasi pengiriman motor ke tujuan mudik untuk mengurangi kecelakaan.  Pokoknya masyarakat, silahkan naik Kapal laut. Bis atau Kereta Api dan di sana motornya juga akan tiba. Jadi untuk menghemat di kampung tetap bisa  menggunakan motor. Baik banget sih pemerintah.

Itu karena Pemerintah ingin masyarakat menikmati mudik yang lebih baik. Menurut Menhub Budi karya Sumadi: "Tahun ke tahun, pemerintah terus melakukan evaluasi dan koordinasi untuk memfasilitasi masyarakat agar dapat  mudik nyaman dan lancar. Apalagi tahun ini Seluruh Jawa sudah tersambung dengan jalan tol. Dengan adanya jalan tol, jalanannya enak karena mulus dan lurus dan itu berdampak dengan waktu tempuh jadi lebih singkat. Waktu tempuh yang singkat akan meminimalkan kelelahan sehingga resiko kecelakaan karena faktor manusia juga bisa dikurangi".

Pada kesempatan ngobrol dan bukber, Menhub Budi karya S, juga berbincang-bincang dengan Kapten Pilot Pesawat Udara, Kapten Kapal laut, dan Masinis. Umumnya berbicara kesiapan angkutan jelang mudik. Sayang saya orang jakarta, jadi nggak mudik tapi saya bertekad suatu hari akan mencoba tol seluruh Jawa. Nggak mudik gak apa-apa. Masih ada kesempatan lain. Mudik nyaman, bikin masyarakat juga bisa menikmati mudik sebagai kegiatan berwisata. Bisa foto-foto maupun mencoba berbagai kuliner, pasti asyik dan seru. 



Oh ya pemerintah juga memfasilitasi mudik buat saudara-saudara kita penyandang disabilitas, baik ke Lampung maupun ke Jawa. memang masih terbatas karena transportasi yang digunakan ramah anak dan disabilitas. termasuk toilet di rest area di sepanjang jalan tol. Menhub Budi Karya Sumadi juga menjelaskan bahwa Kemenhub juga sudah memperkerjakan penyandang disabilitas. 

BKS, biasanya begitu penyebutan nama menhub dikalangan kawan-kawan blogger. memang mentri yang keren dan gaul. Beliau aktif di Sosmed, suka bernyanyi tergabung di Elek yo band yang anggota para mentri kabinet Jokowi dan hobi ngevlog. silakan subcribe youtube chanel, beliau untuk melihat aktiftasnya.




Oh Ya Pak BKS juga merekomendasikan kawan-kawan yang mau mudik ke Sumatera, wajib coba Tol Terbangi-Kayu Agung. Dulu Lampung-Palembang ditempuh jalan darat 15 jam, lewat tol cuma 7 jam. Wajib dicoba karena masih fungsional dan gratis.

Oh  iya, sebelum mudik persipakan segala sesuatu dengan teliti. Persiapan kondisi fisik dan mental tetap sehat. Kalau membawa kendaraan roda empat, pastikan kondisinya ok, Cek kebengkel agar tidak terjadi kerusakan yang bisa mengganggu perjalanan mudik. jangan lupa berbagi keseruan mudik kalian di sosmed ya. selamat mudik

No comments:

Post a Comment