Google Adsense

Blogger Community Gathering Mead Johnson: Berbagi Info untuk dukung hebatnya anak

Pembicara  yang berbagi ilmu dengan para blogger



Blogger Community Gathering Mead Johnson, sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi orangtua khususnya para ibu. Kepedulian Mead Johnson pada pertumbuhan dan kecerdasan anak dibuktikan bukan hanya lewat kualitas produknya. Blogger community gathering Mead Johnson, sebuah kegiatan yang mempertemukan para ahli di bidangnya dengan para ibu yang memang memerlukan banyak informasi untuk menciptakan anak sehat dan cerdas.

 Akhir November lalu saya hadir diacara blogger community gathering Mead Johnson, menimba ilmu dari ahlinya. Undangan hadir tak sampai 20 tapi diskusi berjalan ramai. Ada External & Medical Affairs Director Mead Johnson, Cecep Fathoni, menemani  Dokter spesialis syaraf Dr. Dwi Putro Widodo, SpA dan Pakar nutrisi, Emilia Achmadi. Dari ketiga ahli para ibu yang hadir mendapat pencerahan. Kegiatan ini menurut saya sangat baik. Lewat kegiatan semacam ini, pengetahuan para ibu bisa ditingkatkan yang pada ahirnya diharapkan bisa  berperan maksimal dalam mendukung hebatnya anak secara optimal.

Benarkah anak sehat dan cerdas diciptakan? Siapa yang menciptakan? Kok kesannya sombong? Kecerdasan anakkan tergantung pada faktor keturunan. Kalau orang tuanya pandai, anaknya pasti pandai. Benarkah demikian? Apakah anak seorang professor otomatis akan menjadi professor juga? Atau apakah anak seorang penjahat otomatis akan menjadi penjahat juga?

Sebenarnya Ada 3 hal yang mempengaruhi pertumbuhan  dankecerdasan anak.

1.     Faktor keturunan/genetis.

Adalah sebuah fakta bahwa faktor keturunan akan sangat mempengaruhi kecerdasan anak. Jika orangtuanya pandai, besar kemungkinan si anak akan menurunkan sifat pandai orangtuanya. Tapi itu bukan faktor satu-satunya. Jika orangtua cerdas, namun anak yang lahir dibiarkan tumbuh sendiri tanpa bimbingan dan perhatian si orangtua, jangan heran kalau si anak tidak menjadi seperti si orangtua. Dan kenyataannya dalam persaiangan ke depan, kecerdasan tidak dapat berdiri sendiri, kecerdasan emotional dan kecerdasan sosial juga sangat diperlukan bagi seseorang untuk menjadi pribadi yang unggul.

2.     Faktor gizi.

Gizi adalah faktor lain yang mempunyai peranan penting juga dalam perkembangan kecerdasan anak. Gizi yang dikonsumsi anak selain untuk kesehatan dan pertumbuhan fisik, juga mempunyai pernan penting dalam tumbuh kembang anak dan optimalkanperkembangan fungsi otak.

Sejak Ibu hamil sudah harus mengkonsumsi makanan yang mengandung 3B.

Dulu kita mengenai istilah 4 sehat 5 sempurna, sekarang menjadi 3 B yaitu

-         Beragam. Perlu variasi baik bahan maupun menu makanan

-         Bergizi. Sudah pasti harus mengandung gizi (termasuk vitamin dan mineral)

-        Berimbang. Maksudnya dalam porsi yang sesuai kebutuhan. (Semua yang 
berlebihan kurang baik). Selain bisa mengakibatkan obesitas juga bisa menjadi sumber   penyakit.

Asupan gizi optimal penting bagi ibu hamil dan  ibu menyusui.  Karena sel-sel otak anak sudah mulai tumbuh dan berkembang sejak anak masih berada dalam kandungan. Gizi yang baik sangat berperan dalam pertumbuhan sel-sel otak si jabang bayi.

Pertumbuhan kesehatan dan kecerdasan anak adalah harapan semua orang tua. Mead Johnson Nutrition yang sudah berusia 100 tahun lebih sudah mengembangkan lebih dari 30 study ilmiah yang meneliti peranan nutrisi (DHA, ARA dan prebiotics) dan pengaruhnya. Salah satu study ilmiahnya adalah perkembangan fungsi otak anak.

Masa puncak pertumbuhan otak anak ada pada usia balita. Pada masa ini dikenal dengan istilah golden year, dimana sel-sel otak anak tumbuh dengan optimal danmaksimal. Sesudah masa itu pertumbuhan sel otak anak tidak secepat pada masa balita. Maka bisa dikatakan 1365 hari pertama kehidupan anak merupakan masa yang kritis (Critical period) yang akan mempengaruhi dan menentukan tumbuh kembang  anak dan optimalisasi fungsi otak. Maka pada masa inilah diperlukan perhatian khusus dan serius.

Dapat di mulai dengan pemberian asupan gizi yang baik. Stimulasi yang optimal dan mengurangi atau meminimalkan faktor-faktor yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak.

Sejalan dengan misi memberikan awal terbaik bagi kehidupan anak, Mead Johnson sebagai perusahaan internasional berbasis ilmiah dalam industry nutrisi bayi dan anak-anak, terus berinovasi mendukung para ibu dalam pemberian nutrisi dan stimulasi yang optimal bagi anak sejak dini.

Menurut Pakar Gizi Emilia Achmad, Otak adalah salah satu organ utama dari tubuh yang membutuhkan dan menyerap nutrisi dari makanan yang disantap setiap hari. Untuk itu, sangat penting memberikan asupan nutrisi yang tepat kepada anak-anak dalam membantu perkembangan fungsi otak mereka agar maksimal. Agar asupan nutrisi anak tercukupi dengan baik, dibutuhkan kuantitas asupan nutrisi yang sesuai dengan tumbuh kembang dan usia anak, untuk mendukung perkembangan motorik, berbicara, emosional, logika dan bahasa anak.

Hal itu juga didukung pernyataan External & Medical Affairs Director Mead Johnson, Cecep Fathoni yang mengatakan ASI sebagai faktor awal kehidupan yang baik bagi si bayi. Dengan kesungguhan Mead Johnson, diharapkan dapat menjadi partner ibu untuk terus mendukung tumbuh kembang anak. Mead Johnson percaya, ASI merupaka sumber gizi yang terbaik, maka para ibu di Indonesia sangat dianjurkan memberikan ASI kepada bayi mereka secara ekslusif hingga bayi berusia 6 bulan. Karena ASI mengandung DHA, ARA, yaitu zat penting untuk pertumbuhan optimalisasi fungsi otak.

Apa sih DHA, ARA ? mengapa  sering menjadi bahan perbincangan. DHA adalah kepanjangan dari Docosahexaenoic Acid, dan ARA atau AA adalah kepanjangan dari Arachidonic Acid adalah kandungan dalam ASI (Air Susu Ibu) yang mempengaruhi tingkat kecerdasan otak pada bayi. Unsur tersebut merupakan asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang yang merupakan komponen penting untuk membangun jaringan saraf di retina dan otak. DHA dan ARA dalam ASI memiliki kemampuan diserap dengan baik oleh darah, mempengaruhi ketajaman penglihatan, dan perkembangan otak pada bayi.

Empat study klinis yang dilakukan terhadap bayi dan anak, terbukti secara klinis bahwa pemberian nutrisi denga kadar DHA 17mg/100 kkal dan ARA 34 mg/100 kkal pada bayi dan anak bisa meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, meningkatkan kemampuan verbal dan meningkatkan mental development index sebanyak tujuh point pada tiga tahun pertama usia anak.

Lalu bagaimana dengan anak-anak yang terlanjur tidak mendapatkan asupan gizi optimal pada saat dalam kandungan, selama proses menyusui? Menurut Emilia Achmad, asupan gizi hanya salah satu faktor. Bukan berarti anak-anak yang dalam kandungan dan saat proses menyusui tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup lalu tidak bisa menjadi anak yang hebat.




Setiap anak bisa menjadi anak yang hebat. Peranan dan dukungan orangtua sangat besar dalam mendukung hebatnya anak. Karena itu tidak ada kata terlambat untuk memberikan gizi yang terbaik walau anak sudah melewati masa keemasannya. Dalam pertumbuhannya anak tetap bisa diberikan makanan bergizi terutama susu yang memang menjadi makanan yang dikenal sejak bayi.
  
Menurut Ahli Syaraf , dr. Dwi Putro Widodo yang juga ketua Divisi nerurologi , Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI: Sebenarnya ada dua tahap utama proses perkembangan otak anak, yaitu tahap produksi sel otak kemudian dilanjutkan oleh tahap transmisi sel otak yang juga dikenal sebagai proses diferensiasi korteks.

Selain faktor genetik dan stimulasi, agar otak anak tumbuh optimal kebutuhan tubuh anak akan nutrisi khususnya nutrisi yang membantu meningkatkan pertumbuhan otak seperti DHA dan ARA. Penelitian membuktikan DHA dapat memperkuat keutuhan sel otak dan menjamin komunikasi antar sel-sel otak secara efektif dan dapat membangun daya ingat (memori) dan daya tangkap (Konsentrasi) anak untuk menyelesaikan masalah secara optimal.

3.     Faktor lingkungan.

Lingkungan yang sehat/baik adalah lingkungan yang mendukung pertumbuhan mental dan fisik anak. Artinya anak dibesarkan di lingkungan yang penuh perhatian, pengertian, kasih sayang, perlindungan (rasa aman) juga penghargaan. Selain itu diperlukan juga lingkungan yang memberikan rangsangan intelektual. Rangsangan intelektual sangat diperlukan untuk melatih kecerdasan dan aktifitas anak dalam merespon situasi.

Jelaslah bahwasannya faktor keturunan bukan satu-satunya penentu pertumbuhan dan kecerdasan anak. Gizi yang tepat dan optimal akan menjadi “bahan bakar” yang sangat dibutuhkan anak dalam masa pertumbuhannya. Baik tumbuh kembang fisik dantumbuh kembang otak anak. Anak akan melesat dengan cepat dan sampai digaris finish sebagai pribadi yang unggul karena mendapatkan asupan gizi yang memang diperlukan bagi pertumbuhan tubuh dan otak anak.

Cecep Fathoni  menambahkan, Mead Johnson mewujudkan komitmennya melalui produk-produknya, salah satunya Enfagrow  A+. Yaitu  produk susu yang diproduksi Mead Johnson Nutristion dan sangat direkomendasikan untuk melengkapi  asupan gizi yang optimal.

Adapun komposisi yang terkandung dalan Enfagrow A+, yaitu :

    - Kolin sebagai bahan pembentuk fosfatidikolin bagian terpenting membrane sel
    - LA dan ALA, Asam linoleat dan asam linolenat merupakan asam lemak esensial
    - Makronutrien dan Mikronutrien, membantu pertumbuhan anak mengandung 
      protein   dan mineral seperti seng yodium dan zat besi.
    - Prebiotik Fos & GOS, membantu mempertahankan saluran pencernaan
    - Vitamin C & E, Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang bekerja bersama 
      anti oksidan lain terutama Vitamin E.
    -Kalsium, kalsium berperan dalam pembentukan tulang dan mempertahankan 
     kepadatan tulang dan gigi. Enfagrow A+ juga mengandung tinggi kalsium, fosfor   
     dan  Magnesium.

EnfagwowA+ juga memiliki program Enfa Smart System yang terdiri dari:
Smart Nutrition mengenai pemberian nutrisi yang tepat. 
Smart Stimulation, yaitu pemberian stimulasi yang tepat. 
Smart Nurturing yaitu mengenai kasih sayang dan peran aktif ibu. 
Enfa Smart System memberikan panduan praktis bagi ibu hamil untuk menstimulasi potensi belajar si kecil dan mendukung hebatnya si anak.

Usai diskusi, kami diundang ke kantor Mead Johnson yang terletak di lantai 43. Cuma bisa bilang wow. Tinggi sekali. Kami di terima salah satu staf HRD yang bernama Bu Vivit, kami diajak keliling kantor. Pokoknya terpesona deh, melihat ruang kantor yang ditata simple tapi terkesan modern dan mewah.

Kami melalui ruangan demi ruangan. Ketika kaki kami melangkahke ruangan, kami disambut gambar lukisan dongeng kisah Timun Mas. membuktikan komitmen Mead Johnson yang memang peduli pada dunia anak. Selanjutnya kami diajak keliling dan melihat ruangan demi ruangan. Ada ruang meeting, ada klinik, dan di dinding tertempel, misi dan visi Mead Jonson sebagai sebuah perusahaan yang mendukung dunia anak. Ada juga rak sample produk yang di susun sesuai tampilan produk di outlet penjualan. Ini untuk informasi team marketing. Ada juga panel di dinding yang memperlihatkan report penjualan tiap hari. Produk Mead Johnson ada hampir di semua kota besar.


 

Usai keliling kantor kami diajak ke sebuah ruangan tempat makan atau istirahat. Di sini kami menikmati tea/coffe time and snack. Dari ruangan ini pula kami bisa meliaht sebgian kota Jakarta, bahkan pantai Ancol. Soalnya kantor Mead Johnson yang terletak di lantai 43 ini lebih tinggi dari Monas, maka jarak pandang kamipun semakin jauh dan luas. Buat yang taku ketinggian, lebih baik jangan memandang ke luar jendela. 

Sambil menikmati sajian,  di selingi dengan tanya jawab seputar materi diskusi dengan iming-iming voucher belanja. Ibu-ibu mana yang menolak? Maka kamipun semangat  dan heboh berebut menjawab. kami benar-benar dimanjakan. setelah mendapat ilmu, menikmati tea/coffe time, dapat voucher belanja dan sebelum pulang masih menerima goodie bag dan voucher untuk ngegym di Rock gym  sebuah sarana gym khusus anak-anak dan remaja. Tidak tanggung-tanggung senilai Rp. 2.1 jt/voucher dan tiap orang mendapat 2 lembar.

 Pokoknya para ibu-ibu benar-benar dipuaskan. Saya berharap dalam hati, semoga ada kesempatan lain, ada ilmu dan informasi lain yang bisa saya dapati. Semoga akan banyak lagi program gathering community bersama Mead Johnson, hingga banyak informasi yang bisa didapat masyarakat secara umum dan para ibu secara khusus, sehingga  berguna dalam mendukung hebatnya anak.

No comments:

Post a Comment