Google Adsense

Nutrisi Penting bagi Kecerdasan Otak Anak





Memiliki anak sehat dan cerdas adalah keinginan semua orang tua. Berbagai cara akan dilakukan para orang tua agar bisa memberikan yang terbaik bagi anaknya. Keinginan dan kerja keras tanpa pengetahuan tidak dapat memberikan yang terbaik. karena itu selain keinginan dan kerja keras, para orangtua perlu mengetahui berbagai informasi, mengenai berbagai hal yang dapat diberikan kepada anak, agar anak tumbuh sehat dan cerdas.

Kini dengan banyak akses informasi, para orangtua sudah lebih mudah mendapatkan informasi, termasuk informasi seputar makanan yang baik bagi pertumbuhan fisik dan kecerdasan otak anak.Untuk pertumbuhan yang optimal, setiap anak memerlukan makanan yang bernutrisi. Nutrisi adalah makanan bergizi yang diperlukan bagi pertumbuhan, perkembangan fisik dan kecerdasan  otak anak. Cara sederhana untuk mengetahui kecukupan makanan/gizi anak adalah dari pertambahan berat badan/ tinggi tubuh si anak. Jika anak mengkonsumsi makanan yang sesuai dengan porsinya maka akan ada pertambahan berat badan dan tinggi badan yang dapat dilihat secara nyata. 

Namun nutrisi yang dikonsumsi anak bukan hanya untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik saja, nutrisi juga diperlukan untuk perkembangan otak anak. Dalam siaran pers yang diberikan saat acara blogger community gathering Mead Johnson,  Ahli syaraf Dr. Dwi Putro Widodo, mengatakan: terdapat dua tahap utama dalam proses perkembangan otak dalam anak, yaitu tahap produksi sel sel otak kemudian dilanjutkan oleh tahap transmisi sel otak, yang juga dikenal  sebagai proses diferensiasi korteks.

Tahap pertama adalah produksi sel otak yang membentuk koneksi sel-sel otak, di mana pada tahap ini sel-sel otak membentuk sinaps, yaitu penghubung antara dua ujung dari sel-sel otak yang berbeda sebagai jembatan penghubung. Sinaps ,memungkinkan sel-sel otak tersebut untuk saling mengirimkan sinyal atau berkomunikasi.

Tahap kedua adalah diferensiasi korteks, di mana komunikasi sel-sel otak mengalami transmisi atau penyampaian pesan antar sel-sel otak. Semakin sering otak distimulasi pada tahap ini akan lebih baik. satu sel syaraf otak dapat mencapai 2500 jaringan sel otak. Proses ini berkembang paling pesat pada masa anak-anak dan berlangsung seumur hidup.

Untuk itu diperlukan asupan bernutrisi. Makanan bernutrisi yang diperlukan seorang anak haruslah memenuhi 3B, Bergizi, Berimbang dan Beragam. 

- Bergizi berarti mengandung semua zat-zat penting yang diperlukan    
   pertumbuhan fisik dan otak. 
- Berimbang, berati dalam porsi yang cukup sesuai usia dan berat badan 
  anak.
- Beragam, berati bermacam-macam sumber makanan (Sayur, buah, susu, 
  daging, ikan, dll)

Bicara kecerdasan maka erat kaitannya dengan otak. Menurut Pakar Nutrisi Emilia Achmadi: "Otak adalah salah satu organ utama dari tubuh yang membutuhkan dan menyerap nutrisi dari makanan yang disantap setiap hari. Untuk itu, sangat penting memberikan asupan nutrisi yang tepat kepada anaka-anak dalam membantu perkembangan fungsi otak mereka agar maksimal. Agar asupan nutrisi anak tercukupi dengan baik, dibutuhkan kualitas asupan gizi yang sesuai dengan tumbuh kembang dan usia anak. ini diperlukan untuk mendukung perkembangan motorik, berbicara, emosional, sosial, logika dan bahasa.


1. Produk susu
Susu sapi merupakan sumber yang kaya protein, kalsium, kalium dan vitamin D. Semua nutrisi penting ini adalah sumber kunci untuk pengembangan sistem neuromuskuler, neurotransmiter, enzim dan jaringan otak. Selain Anak-anak dan orang dalam kelompok usia remaja yang sedang dalam tahap tumbuh juga membutuhkan nutrisi ini. 

Selain susu sapi, masyarakat umum mengenal susu dari soya atau kacang kedelai. Perlu diluruskan sebenarnya itu bukan susu tapi sari kacang kedelai. Diberikan kepada anak-anak yang mempunyai masalah dengan pencernaan. Kalau anak tidak bermasalah dengan pencernaannya, maka susu sapi tetap yang terbaik.

2. Semua jenis buah berry
Dulu, saya hanya mengenal buah strawbery. Ternyata strawbery hanya salah satu jenis dari berry. Masih ada, ceri, blueberry dan blackberry dikenal sebagai 'brainberries'. Buah-buah ini menyediakan hampir semua nutrisi penting untuk otak. Buah berri merupakan sumber antioksidan dan vitamin C yang membantu dalam mengurangi stres oksidatif. (Ini juga diperlukan orang dewasa untuk mengatasi polusi udara)

3. Telur dan kacang
Kedua bahan makanan ini mengandung kolin, satu unsur penting  untuk perkembangan sel-sel batang memori. Kolin dapat meningkatkan produksi sel induk memori di otak, juga meminimalkan kelelahan. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber vitamin D, yang mampu mengurangi penurunan fungsi kognitif/ fungsi berpikir.

4. Gandum utuh
Vitamin B dan glukosa yang ditemukan dalam biji-bijian seperti oat meal dan beras merah, adalah bahan makanan otak yang sehat untuk anak. Tubuh membutuhkan pasokan reguler dari glukosa yang disediakan oleh biji-bijian. Vitamin B meningkatkan aliran darah sistem saraf yang merupakan salah satu faktor utama dalam menjaga semua organ tubuh untuk aktif, termasuk otak.

5. Salmon
Ikan dengan tingkat lemak tinggi seperti salmon merupakan sumber yang kaya asam lemak omega-3 seperti DHA dan EPA. Ini adalah nutrisi penting untuk pengembangan otak yang tepat. Ikan salmon adalah jenis ikan yang disarankan, namun demikian ikan-ikan yang lain juga baik. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi ikan memiliki memori lebih tajam daripada yang tidak. -

Persoalannya adalah bagaimana mengenalkan dan memberikan bahan makanan tersebut pada anak. Sebagai ibu, saya sempat mengalami persoalan anak sulit makan. Saya sadar betul pentingnya asupan bergizi. Karenanya saya berusaha dengan berbagai cara mengenalkan dan mengolah bahan makanan yang saya ketahui penting bagi kecerdasan otak. 

-. Memperkenalkan bahan-bahan makan tersebut secara bertahap dan dalam porsi kecil.
- Mengolah bahan-bahan makanan tersebut sesuai selera anak.
- Mengolah dan mengatur saat menyajikan dengan gaya yang menarik.
- Memberikan makanan tersebut  dengan wadah/tempat yang lucu dan menarik (bergambar karakter kesukaan anak dan warna yang cerah)
- Saat memberi makan sambil bercerita dengan bahasa yang sederhana jenis-jenis makan yang sedang dimakan anak. 

Dari dulu hingga sekarang ASI adalah makanan utama dan yang pertama bagi anak. Telah diketahui ASI mengandung AHA dan DHA yang penting bagi pertumbuhan otak anak. Dalam upaya mendukung pertumbuhan dan kecerdasan anak,  Mead johnson, sebuah perusahaan yang berusia lebih dari 100 tahun terus melakukan berbagai penelitian.  Sudah  lebih dari 30 study ilmiah mengenai tumbuh kembang anak, salah satunya perkembangan otak anak. Berbagai study ini dilakukan Mead Johnson untuk mendukung pengembangan produk-produknya untuk memastikan manfaat optimal dari produk-produknya.


Usia balita atau 1365 hari pertama dalam kehidupan anak adalah critical period yang mempengaruhi dan menentukan tumbuh kembang anak. Sehingga kondisi ini memerlukan perhatian khusus dan serius. Saat anak berusia tiga tahun, otak bertumbuh dengan cepat, dengan memproduksi jutaan sel, koneksi atau sinaps diantara sel-sel tersebut. karena itu dibutuhkan asupan gizi yang baik, stimulasi yang optimal dan eliminasi faktor-faktor lingkungan yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak.



External &Medical Affairs Director Mead Johnson, Cecep Fathoni  menambahkan, ASI penting di awal kehidupan anak. Dengan kesungguhan yang diberikan oleh Mead Johnson, sangat diharapkan dapat mejadi partner ibu untuk terus dukung tumbuh kembang anak. Berkaitan untuk pemberian nutrisi untuk bayi yang tepat sejak dini. karena Mead Johnson percaya, ASI merupakan sumber yang terbaik dan para ibu di Indonesia dianjurkan memberikan ASI kepada bayi mereka secara ekslusif hingga 6 bulan.

Mead Johnson mewujudkan komitmennya melalui produk-produknya, salah satunya Enfagrow  A+. Enfagwow A+ juga memiliki program Enfa Smart System yang terdiri dari Smart Nutrition mengenai pemberian nutrisi yang tepat. Smart Stimulation, yaitu pemberian simulasi yang tepat dan Smart Nurturing yaitu mengenai kasih sayang dan peran aktif ibu. Enfa Smart System memberikan panduan prakatis bagi ibu hamil untuk menstimulasi potensi belajar si kecil dan mendukung hebatnya si anak.

Saya sebagai ibu dari dua anak percaya, makanan bergizi, disempurnakan dengan kasih sayang, rasa aman, pengertian, perhatian,mau mendengarkan dan memberi apresiasi pada apa yang sudah dilakukan anak-anak, maka anak-anak akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Sudah sepantasnya setiap orangtua mendukung anak berprestasi. Mari terus dukung hebatnya anak dengan memberikan asupan gizi yang diperlukan anak. Agar anak bisa tumbuh sehat dan memiliki kecerdasan otak yang optimal.





2 comments: