Google Adsense

Kerjasama Bank Sinarmas dan Nurbaya Inistiative untuk UMKM

Dok. Rahab Ganendra


Pertumbuhan ekonomi sebuah negara dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi. Salah satu yang menjadi indikator adalah UMKM/ Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Sebagai sebuah negara berkembang, industri UMKM menjadi salah satu kekuatan dalam pertumbuhan ekonomi. Hal ini di dukung pernyataan Direktur Utama Bank Sinarmas Freeyan Liwang: Bahwa 99% pelaku ekonomi di Indonesia adalah UMKM.

Karena itu Bank Sinarmas bekerja sama dengan Nurbaya Initiative memfailitasi dan memonitoring calon debitur para peserta UMKIM yang sudah mendapatkan modal. Hal ini juga terkait dengan prinsip kehati-hatian Bank Sinarmas, yang mengucurkan bantuan modal hingga maksimal Rp. 300.000.000.

Menurut Andi Syarif dari Nurbaya Initiative, tujuan kerjasma dengan bank Sinarmas bukan sekedar memberikan batuan modal tapi juga mmebuka pasar yang lebih luas dan membangun ekosistem online dari UMKM. Hal ini dilakukan agar kemampuan e-commerce atau perdagangan melalui digital bisa lebih luas bukan sekadar berjualan atau beriklan.

Nurbaya Initiative sebagai ekosistem online memfokuskan kepada pengembangan teknologi untuk para peserta UMKM sehingga mereka juga memiliki pasar On Line. Tahun 2015, pasar online ditargetkan mencapai 106 trilyun. Tentu saja hal ini menjadi angin segar bagi pelaku UMKM, diharapklan lahir sifat kompetitif yang akan meningkatkan kualitas hasil produksi.


Direktur Utama Bank Sinarmas Freeyan Liwang mengatakan, Hingga akhir Desember 2015 akan menyalurkan dana hingga  Rp. 400 miliar engan suku bunga yang kompetitif dan bersaing.  Semoga bantuan fasilitas dan modal usaha dapat meningkatkan petumbuhan dan perkembangan pelaku UMKM di Indonesia yang kelak akan menjadi satu tonggak kekuatan ekonomi bangsa. Karena UMKM merupakan salah satu penyedia tenaga kerja yang besar. Kita tahu tingkat penganggura yang tinggi akan menjadi masalah besar. Dengan lahirnya usahawan-usahawan disektor UMKM, akan membantu menurunkan tingkat pengangguran

No comments:

Post a Comment