Google Adsense

Motorola TLKR T60, Solusi Tepat Komunikasi Hemat


Saat Si Papa menjemput Van, sepulang Bimbel

Memiliki sepasang anak usia jelang remaja, adalah ekstra pengeluaran untuk pembelian pulsa. Kami sekeluarga, mengeluarkan dana yang lumayan besar untuk pembelian pulsa dan paket data internet. Kami sekeluarga termasuk kelompok masyarakat urban dengan mobilitas tinggi.  Demikian juga kedua anak saya, keduanya memiliki jadual aktifitas yang sama tingginya. Selain sekolah, kegiatan ekstra sekolah seperti olahraga, paduan suara, drama, belajar kelompok, dan bimbingan belajar. Aktifitas mereka nyaris menyamakan aktifitas kedua orangtuanya, maka kemunikasi menggunakan telepon genggam sangat diperlukan. Selain untuk mengetahui jadual mereka, mengontrol kegiatan mereka sesekali berkomunikasi dengan guru dan pihak sekolah.

Beberapa waktu lalu saya diundang Media dan Blogger gathering oleh Motorola. Sebuah perusahaan yang memproduksi alat-alat mobile communication. Salah satu keunggulan produksi Motorola adalah Hand Talkie atau biasa disebut HT. 



Aha, anda sepemikiran dengan saya, iya alat  komunikasi dua arah ini,  biasa digunakan petugas keamanan termasuk aparat kepolisian. Selain mereka pengguna HT adalah mereka yang bekerja di event organizer. Perhatikan deh kalau ada event di JCC, misalanya. pasti banyak sekali petugas/panitia yang ke sana ke mari sambil berbicara menggunakan HT. Karena HT ini memang solusi hemat berkomunikasi. Kalau selalu menggunakan telepon genggam untuk komunikasi jarak dekat (dalam satu bangunan) ya jangan heran kalau tinggi biaya pulsanya.




TLKR T60
Dengan kisaran harga Rp. 1 jutaan, T60 memiliki fitur lengkap. Bentuknya mungil, ringan, nyaman dalam genggaman.  Bisa digunakan berkomunikasidalam atau luar ruangan. Di taman/di lapangan terbuka bisa hingga radius 8 Km dengan situasi dan kondisi tertentu. Artinya tidak terhalangan pepeohonan atau bangunan tinggi. Sulung saya menggunakannya T60 untuk berkomunikasi dengan tim sekolahnya saat ada pertandingan futsal di tingkat kotamadya Tangerang. Sepasang T60, yang kami miliki satu dipnjamkan pada koordinator tim dan satu digunakan anak saya sebagai koordinator sporter (pendukung)

TLKR T80
Harganya kisaran Rp 1,5 jutaan. T80 memiliki spesifikasi lebih unggul dibanding T60. T80,  tinggi, kuat mudah digunakan, bisa memenuhi kebutuhan komunikasi  pada lingkungan yang lebih luas. Misalnya, pasti pernah dong pergi konvoi dengan beberapa kendaraan. Tunggu-tungguan paling nggak enak. Bisa jadi salah satu mobil terhalang lampu merah hingga tertinggal. T80 ini menawarkan semua fitur yang Anda butuhkan untuk kondisi mobile seperti jalan tol memang bisa 10 KM tapi, pastinya kalau konvoi tidak akan terpisah sejauh itu. Cuma bisa jadi tidak terlihat karena terhalang mobil yang lain. Nah untuk berkomunikasi dengan kawan yang erbeda kendaraan T80 bisa jadi solusinya.

TLKR T80 Extreme
Harganya berkisar Rp. 1,8 jutaan. Dengan warna kuning terang, bentuknya aerodinamis hingga nyaman dalam genggaman, T80 extreme, sesuai namanya bisa digunakan untuk berpetualang yang extreme juga. Suka bungee jumping atau  arung jeram? Pasti anda nggak rela kalau HP anda basah. T80 extreme diproduksi untuk jadi kawan perjalanan yang extreme. Bisa digunakan saat memyusuri sungai atau mendakim gunung. Tahan air tapi bukan untuk di bawah menyelam apalagi menyelam di lautan. Yang dimaksud tahan air di sini, T80Extreme tetap aman digunakan dalam keadaan hujan. Tidak akan mempengaruhi kondisi HT juga frekwensi dan suara. suara tetap jernih hingga komunikasi tetap nyaman.


Tapi sebenarnya HT nggak cuma petugas keamanan, petugas event organizer. Dalam keseharian kita juga bisa menggunakannya. Motorola mengeluarkan banyak jenis dan masing-masing jenis memiliki spesifikasi dan keunggulan masing-masing. Jadi anda bisa memilih yang sesuai dengan kegiatan.

Saya sudah membuktikan. Sejak menggunakan HT jenis Motorla TLKR T60, biaya pulsa bisa di hemat. Saya tinggal di perumahan dengan jarak minimarket sekitar 500 m. Sebelum menggunakan HT, anak-anak sangat mudah menelepon saya untuk konfirmasi belanjaan. Saya memang membiasakan anak-anak belanja baik keperluan mereka maupun keperluan rumah. Mereka enggan menggunakan whats up mesengger. hanya untuk menanyakan merk sabun cuci lain karena merk sabun cuci yang biasa digunakan habis. Bisa dipahami sih, bicara langsung lebih cepat timbang berkirim pesan tertulis.

HT juga sangat membantu saat kami ke supermarket besar. cari-carian, adalah hal yang menyebalkan dan menghabiskan waktu. Kadang dalam supermarket nggak ada sinyal. Adanya si Motorola TLKR T60 ini meminimalkan darah tinggi dan emosi jiwa. Karena jadi sangat mudah menghubungi suami atau anak-anak yang sibuk dengan pilihan belanja masing-masing.

Hal lain yang juga suka bikin pulsa jebol, telepon berulang-ulang karena tidak sabar. Misalnya saat si bungsu bimbingan belajar, sudah selesai tapi belum di jemput. itu teleponnya bisa berkali-kali. Sebaliknya saat si kakak yang jemput tapi si bungsu belum keluar. Telepon juga akan terus berdering. Maka ketika memiliki HT, saya yang paling happy. Sejak kecil anak-anak suka bermain HT, jadi mereka tahu persis kegunaannya. Tak perlu waktu lama untuk mempelajari fungsi dan kegunaannya. Bahkan sejak ada HT, saat mereka main ke rumah kawan yang satu perumahan. Mereka memilih membawa HT ketimbang HP. Bagi keduanya dan juga kawan-kawannya HT terlihat lebih keren. Mungkin karena mereka tidak mengenal HT.

Padahal di era 70-80 sudah ada komunikasi radio amatir. Dulu disebutnya Radio CB (Citizen Band) dan merk Motorola adalah merk yang paling banyak digunakan. Saya  suka menggunakan CB milik kawan. Jaman itu pengguna CB memiliki nama panggilan. Nama-nama nya semacam nama samaran. Dulu saya menggunakan Black Rose, rasanya sudah paling keren deh. Dan di jam-jam tertentu saya bisa asyik ngobrol dengan lawan bicara yang juga menggunakan nama samaran. Tinggal menyamakan frekwensi, kami bisa ngobrol asyik. Apakah kami pernah bertemu? jawabnya:  ya, karena pertemuan antara pengguna radio CB inilah maka lahir istilah Kopdar atau kopi darat.

Tapi karena penggunaan radio amatir ini suka mengganggu frekwensi radio siaran bahkan hubungan radio petugas pengatur lalu lintas pesawat udara, maka pemerinta melalui kementrian perhubungan mengeluarkan peraturan yang mengharuskan setiap pemilik radio amatir mendaftarkan radio komunikasinya dan pemerintah memberikan call sign. Untuk mendapatkan call sign, pemilik radio harus lulus test yang diadakan oleh Kementrian Perhubungan dan Organisasi Radio Amatir Repoblik Indonesia atau ORARI.

ORARI banyak membantu dalam proses pengawasan keamanan atau bantuan saat terjadi bencana alam, di mana tidak ada alat komunikasi yang bisa menjangkau pelosok. Umumnya hanya satu nama merk yang di kenal, yaitu motorola. Sebenarnya kalau melihat sejarah Motorla, ini sebuah perusahaan yang sudah teruji dalam berbagai situasi bahkan kontribusinya pada dunia komunikasi memegang peranan penting. Termasuk catatan sejarah penggunaan motorola sebagai alat komnikasi pada pendaratan manusia pertama di bulan tahun 1969 oleh Neil Amsrong.

Hingga saat ini, hampir semua petugas ke amanan di dunia dalam kerja keseharian mereka menggunakan HT Motorola. Kepolisian Inggris, misalnya. Jadi sebetulnya siapa sih yang perlu atau bisa menggunakan HT dan disituasi atau dikegiatan yang seperti apa? Jawabnya semua orang, semua profesi di mana saja. 

HT bisa digunakan oleh siapa saja, profesi apa saja,
 di mana saja dan kapan saja


Satu hal yang menyenangkan buat saya, HT ini sangat user friendly, mudah digunakan. Jauh lebih mudah menggunakan HT ketimbang HP. Cukup memasang baterai pada bagian belakang. Untuk membuka bagian belakang klip harus dilepas dulu, baru ada bagian yang harus ditekan sehingga membuka. Pasang batere lalu tutup dan pasang kembali klip. Untuk menghidupkan radio, cukup putar bagian atas, nanti ada indikator lampu yang menyala, sama frekwensi. Untuk berbicara, cukup menekan, tombol yang ada di sebelah kiri radio. Cap cus, radio langsung bisa digunakan. Ya...di sini kijang satu, apa di kopi? ganti.
.


Berikut spesifikasi Motorola TLKR T 60


Fitur utama 

• radio PMR446 - lisensi gratis 

• Sampai 8km kisaran (tergantung medan dan kondisi) 

• Panggilan Gratis 
• Baterai isi ulang NiMH (disediakan) 
• 8 Saluran 121 Kode 
• Pindai / Monitor 
• 5 nada panggilan 
• Hands free 
• Monitor Room 
• Konektor Headset 

Mekanis 
• layar LCD dengan backlight 
• Kunci tombol 
• Indikator tingkat Baterai 
• klip Belt dan membawa lingkaran 
• 500mW Transmit 
• Single Pin Headset Connector 

Alerts 
• 5 Panggilan Tone 
• Nada Keypad 
• Bicara Konfirmasi Tone / Roger Beep 

Motorola TLKR T 60 dalam keadaan  terpasang



Motorola TLKR T 60 dalam keadaan tidak terpasang
Dalam rapat RT, suami saya mengusulkan melengkapi petugas keamanan dengan HT. Jadi biaya pulsa bulanan di hapus. Di perumahan kami petugas kemanan ada cukup banyak, karena lebih dari 5 jalan keluar masuk perumahan. Maka di 5 jalur keluar masuk tersebut ada pos keamanan. Investasi 5 set HT Motorola emang lumayan tapi sebanding dengan jaminan keamana yang lebih baik. Toh budget pulsa bulanan untuk petugas keamanan bisa dihilangkan. HT Motorola, solusi tepatt komunikasi hemat.

15 comments:

  1. Lkeren ya alatnya,pasti seru banget kalau berpetualang sama anak2 bawa ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mel, kita sebagai emak y\nggak perlu teriak-teriak manggil anak-anak yang pada menjauh dari kita.

      Delete
  2. Dulu aku pura2 pake HT kalo main. Ternyata HT byk bgt jenisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, saya juga nggak mengira kalau jenisnya banyak.

      Delete
  3. Wah kudu langsung beli motorolla HT nih buat property wo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu investasi, apalagi kamu Wedding Planner

      Delete
  4. Keren.klo aku ngbayanginnya punya ala kayak variety show runningman bun.
    Tapi bener bgt si fungsi bgt klo lg di supermarket yg gada sinyal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya ngerasain banget saat dalam supermarket di Jakarta yang luas-kuas. HT Motorola ini solusi ok banget.

      Delete
  5. Yayaya... Tetangga kosanku kemaren pake HT mulu Mbak Icha. Aku mikirnya, "Norak banget sih."
    Wkwk.. Ternyata setelah baca ini... Aku yang norak.. Wkwkwk... Bisa juga nih dipake buat jemput ponaan d rumah.. G perlu beli pulsa...

    ReplyDelete
  6. Jadi inget pas jaga keamananan pondok. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ketauan deh, pernah jadi satpam ya?

      Delete
  7. Ini berguna banget kalo pergi2 utk tahu posisi juga. Pas hp off, walky talky Ok juga neh.

    ReplyDelete
  8. Betul Jun, secara kta orang yg sering banget beraktifitas di luar ruang atau di ruangan yang segede lapangan bola.

    ReplyDelete
  9. Wow... wow..wow...
    Luar biasa bunda, terima kasih atas informasinya, sangat membantu sekali, kebetuan untuk akhir bulan ini ujang dan teman-teman di Garut mau mengadakan event camping, dan pas banget untuk memudahkan komunikasi dilapangan menggunakan motorola t60 ini, oh iya untuk pemasarannya sendiri apakah sudah tersebar di seluruh kota/kabupaten? Ataua hanya di Jakarta saja bund?

    ReplyDelete
  10. Wahhh keren juga bunda Icha, sepertinya perlu juga punya alat ini di untuk untuk di rumah atau di lapangan pekerjaan untuk mempermudah komunikasi dan tidak mengandalkan hp ya jadi bisa menghemat pulsa hp

    ReplyDelete