Google Adsense

Ekspresi Rasa Sayang: Antara Perhatian dan Trend

Jelang 14 Februari 2017, suasana adem dan tentrem. Tidak banyak kampanye anti Valentine day, seperti tahun-tahun sebelumnya. Mungkin karena masyarakat terfokus pada PILKADA DKI. Saya mengenal istilah valentine day sejak masa remaja. Apakah saya merayakan valentine day,?  Masa itu ya, saya saling bertukar kartu ucapan selamat, dengan kawan-kawan perempuan. Kok kawan perempuan? Belum punya pacar waktu itu. tapi andaikan ditanya, apakah kalau sudah punya pacar lalu bertukar kartu dengan pacar? jawabnya iya juga. karena saat punya pacar, saya memberikan kartu dan hadiah di hari Valentin, just simbol.

Pacar saya bukan orang yang romantis, dia tidak pernah mengirimkan saya kartu atau bunga. Tidak di hari Valentin tidak juga di hari ulang tahun atau ulang tahun pernikahan. awalnya agak kecewa tapi hidup ini kan realistis. Saya tidak bisa mengubah sifat dasar seseorang. Maka sayapun menyesuaikan dan menerima. tapi saya tetap memberikan hadiah di hari-hari yang saya anggap istimewa. tidak selalu hari ulang tahun atau hari ulang tahun pernikahan. 

Bisa saja saya memberikan hadiah kaena saya bahagia. Dan untuk bahagia nggak harus ada hari khusus. Saya menjadikan setiap hari istimewa. Pada akhirnya saya dan pacar yang kini sudah menjadi suami, memang berusaha menjadikan setiap hari istimewa. Karena dalam keyakinan agama saya, Tuhan memang menciptakan setiap hari istimewa. tinggal kita, peka atau tidak menikmati tiap-tiap hari. kalau peka, sewajarnya, kita nikmati dengan rasa syukur. karena nggak perlu nunggu bahagia untuk bersyukur. malah dengan bersyukur, dijamin pasti bahagia.

Maka saya dan suami sepakat menjadikan Everyday is valentine day. ya tiap hari adalah hari kasih sayang. karena sejatinya kasih sayang memang harus dipupuk dan dijaga. denagn saling memberi perhatian. Caranya banyak, memberi hadiah cuma salah satu. menguapkan teria kasih karena sudah dibuatkan teh/kopi itu bentuk perhatian dan rasa sayang.

Nah kalau soal judul, tulisan ini, Ekpresi Rasa Sayang: Antara Perhatian dan Trend.  Kok perhatian dan rasa sayang jadi trend? buat saya ini hal positif. ketika kita bisa mempelopori berani mengekpresikan rasa sayan, jadi keren loh. tapi jangan salah kaprah. Bukan ekpresi yang di luar norma umum dan norma sosial loh. Misalnya berpelukan atau berciuman bibir di bukan tempatnya, walau oleh pasangan halal.

Saya sangat senang melihat permandangan pasangan muda di mall, yang saling membagi tugas, saat mereka makan bertiga dengan anak mereka yang masih balita. Si ibu, makan lebih dulu, sayang ayah main dengan anaknya. sesekali si ibu menyuapkan ke balitanya dan sesekali ke suaminya. Ada rasa sayang yang tidak terucap di sana.

Atau sepasang bapak-Ibu lanjut usia yang duduk di bangku dalam sebuh resto. Mungkin anaknya sedang memesan makanan. Sesekali si Bapak, membetulkan hijab yang dipakai si Ibu dan Si Ibu membiarkan hijabnya dibetulkan sang bapak. tangan si ibu ada di paha sang bapak. Ada ekpresi cinta di sana.

Saya yang melihat ikut bahagia. berharap bisa seperti itu. ketimbang melihat dede -dede gemez yang minum segelas berdua. Saya pikir rasa sayang emang harus ditanpakkan. Bukan untuk pamer tapi lebih untuk menebar aura positif. bagaimana menurut kamu?

28 comments:

  1. Kirain pacarnya bukan om Frisch. Ternyata om Frisch. Iya, kita juga gitu bun. Every day hari kasih sayang. Romantis nih. Eciye hehe ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uisa saya usia kritis, memumpuk menjadi keharusan agar cinta itu tidak layu

      Delete
  2. Suami sy jg bukan tipe romantis, tp sy bs membaca rasa sayang yg dia kasih ke sy sampai dgn baik kesaya. Dan bunda jg adalah pasangan romantis loh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cie-cie yang romantis. suami saya nggak romantis. mau bilang apa/ sudah dari sononya he he he

      Delete
  3. Setuju bangat Bunda, bahwa setiap hari adalah hari kasih sayang yang harus dipupuk dan dijaga.

    ReplyDelete
  4. Kasih sayang tak mengenal batas usia ya Bun.. 😍

    ReplyDelete
  5. Aku berharap rasa sayang seperti itu nanti... Hehehe

    ReplyDelete
  6. Klo liat orang bahagia kita ikut bahagia ya

    ReplyDelete
  7. Saya yang melihat ikut bahagia. berharap bisa seperti itu. ketimbang melihat dede -dede gemez yang minum segelas berdua.

    Endingnya menarik banget bun "dede dede emesh". Wkwkwk saya sependapat sama buncha bahwa every day is valentine say. Yuk kita jadikan kasih sayang dan perhatian sebagai trend! :D

    ReplyDelete
  8. Kasih sayang, saling memahami dan saling menghargai juga perlu di pupuk dan dipelihara di dlm keluarga ya

    ReplyDelete
  9. Menurut saya, romantis ituuuu.. ah sudahlah. Sebagey jomblo saya mah pengeeen nantj bs kayak bunda dan suami
    Doain ya bund!

    Saya jg gak suka ngeliat anak sekolahan udah pacaran peluk2an depan umum.

    ReplyDelete
  10. Duh kadang saya emang kurang ekspresif kalau hal beginian. Pdhal tetep sayang sih, eh wait ... Sayang sama siapaaa? *kabuuuur*

    ReplyDelete
  11. Bunda, aku pun ingin sayangnya pasangan ke aku diperlihatkan. Kayak di film-film romantis gitu.

    ReplyDelete
  12. Cinta atau sayang memang tidak hrs show up ya Bun. Agak risih juga liat dede dede gemes masih pake seragam skolah tp manggilnya papi mami 😬😬 Ngomelin org yang kita cinta juga termsk tanda perhatian dan sayang ya Bun

    ReplyDelete
  13. Jadi inspirasi buat saya, every day is Valentine.

    ReplyDelete
  14. Jadi inspirasi buat saya, every day is Valentine.

    ReplyDelete
  15. Every time is love. Eh, ada yg kurang di postingan ini. Fotoooo...

    ReplyDelete
  16. Hehehe... Gak harus nunggu valentine buat bercinta2an. Setiap hari bisa... Makan bareng.... Jalan2 bareng..n

    ReplyDelete
  17. Menunjukkan kasih sayang tiap hari dong ya Bun

    ReplyDelete
  18. Yupss setiap hari itu hari kasih sayang dan ga melulu hanya dihari valentine yang jatuh tgl 14 februari hehe.

    ReplyDelete
  19. Jujur saya suka baper liat keromantisan semacam itu.
    aura kasih sayang yg terpancar tulus g dibuat2, (ga kaya dedek2 gemezzz)

    ReplyDelete
  20. Penasaran sama kisah kasih gue nih mami 😂

    ReplyDelete
  21. Belajar memahami, kasih sayang yang tak kenal batas ruang dan waktu

    ReplyDelete
  22. Memang paling mengharukan lihat pasangan tua yang jalan bergandengan. Semoga cinta Bunda dan suami terus terjaga :)

    ReplyDelete
  23. Memang paling mengharukan lihat pasangan tua yang jalan bergandengan. Semoga cinta Bunda dan suami terus terjaga :)

    ReplyDelete
  24. Hahahha setuju bun,rasa sayang memang harus ditampakkan wkwk, tapi justru yg sering menampakkan kemesraan malah anak2 ABG yg masih pacaran dan ditempat umum pula. Jadi ikutan gemes kalo lihat itu

    ReplyDelete
  25. Minum segelas berdua? Enakan seorang minum dua gelas wkwkwk

    Moga2 aku dan suami jg bisa nih Bun everyday is Valentine day :D

    ReplyDelete
  26. Kadang aku pengen kembali ke masa jadi dedek-dedek gemes wkwkwk. Buatku hari kasih sayang itu setiap hari, natural bukan karena trend

    ReplyDelete