10 Tips Lawan Malas Menulis

Nggak ada orang yang nggak pernah menghadapi kebuntuan. Apapun profesinya, pasti ada saat-saat di mana "otak" serasa membeku. Tetiba merasa menjadi manusia paling bodoh sedunia. Gue banget tu! Rasanya mau ngunyah-ngunyah batu- Flinstone kalee. langsung saja, saya sering banget mengalami situasi di mana, otak nggak mau diajak kompromi. Otak mogok dan saya kewalahan. Kalau otak sudah berdemo, saya kangsung mati gaya.

Kadang saya lawan. Saya tetap duduk depan komputer atau hp di tangan dan tetap menulis. Sampai kapan si loe mau mogok? tanya saya dalam tulian saya di blog/catatan fb. Its work-gaya-gaya iklan. Ya itu berhasil karena saya tetap menulis walaupun tulisan saya berupa perlawan terhadap otak yang mogok mikir. Jemari saya, saya paksakan tetap mengetik. Terkadang isinya cuma, Saya bosan, saya jenuh, saya nggak suka dengan situasi seperti ini.

Terus kalau nggak suka, mau apa? 
Ya mau menulis dong!
Tulis saja, emang ada larangan?
Enggak, makanya ini saya menulis, sebodoh dengan otak yang mau beku atau mogok. Saya nggak peduli. 

Seperti sekarang, kok susah amat rasanya mencari solusi atas permasalahan otak yang mogok berpikir? Dan jemari saya tetap mengetik, alhasil, lumayan. Jadi juga kalimat demi kalimat. Sebetulnya 'otak' mogok berpikir tak lepas dari niat dan kemauan kita. Cuma satu kata, lawan! itu seruan penyair hilang yang hingga sekarang belum ditemukan Widji Tukul.

Artinya jangan pernah membiarkan diri dipengaruhi pemikiran sendiri untuk mogok. Ada waktu, di mana saya enggan duduk di depan komputer. Apa itu berarti saya nggak menulis? Nggak juga karena ada hp dalam genggaman. Jadi saya pahami, situasi tempat kita menulis juga cukup mempengaruhi. Kalau ide, bisa datang darimana saja. Dari status kawan, dari obrolan di BBM atau WA atau Telegram. Bahkan dengan BW ke blog kawan-kawan, ide bakal datang sederas air dari langit di musim penghujan.

Jadi kalau otak membeku, saran saya lawan. Inilah 10 Tips Lawan Malas Menulis

1. Jangan pernah gunakan alasan, nggak ada ide
2. Enggan nulis sekarang, tunda saja satu-dua jam
3. Nikmati hidup, makan, baca buku, nonton tv, ngobrol dengan kawan
4. Renungkan pencapaian atau target hidup
5. Blog walking
6. Ngobrol dengan pasangan/saudara/orangtua
7. Bernyanyi, membaca puisi, dll
8. Rilexasi, cuci rambut/creambath, refleksi
9. Main di dapur, eksperimen resep baru
10. Bersenda gurau dengan anak

Kalau sudah melewati 10 tips di atas, masih belum bisa menulis atau belum mendapatkan ide, berarti menulis bukan duniamu, kawan.

5 comments:

  1. terima kasih kak tipsnya,

    mohon masukannya juga buat artikel saya terkait tulis menulis :)

    ReplyDelete
  2. sangat setuju
    kebiasaan saya ada di no 3 (baca)
    salam sehat dan semangat bunda Icha :)

    ReplyDelete
  3. Nice tips mba Elisa ^^ salam kenal

    ReplyDelete
  4. Hahaha... ujungnya mencerahkan mbak. Kalau masih nggak ada ide nulis juga, berarti lebih baik cari dunia lain ya.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih tipsnya Kakak

    ReplyDelete