Hidup Sehat, Berdamai Dengan Diabetes



Berdamai dengan diabetes pastinya tidak akan pernah terbayangkan oleh orang yang terkena diabetes. Sungguh sangat menyenangkan bila kita berdamai dengan diabetes, hal itu akan membuat hidup kita menjadi lebih sehat. Perlu Anda ketahui bahwa diabetes adalah penyakit menahun saat pankreas tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah cukup.

Kurangi semua makanan yang manis-manis termasuk es krim. Sungguh ini suatu siksaan tapi tidak ada cara lain kalau anda ingin Berdamai dengan diabetes. sesekali dalam jumlah terbatas, boleh

Atau hal itu dapat terjadi ketika tubuh tidak bisa secara efektif menggunakan insulin. Penyakit diabetes ditandai dengan kadar gula darah di atas normal. Jadi  hidup sehat dengan diabetes bukanlah hal yang mustahil di lakukan. Dalam hal ini Pada intinya, si penderita mesti menjaga kadar gula darahnya yang di konsumsinya. Apa saja sih yang perlu dilakukan oleh penderita diabetes ? Yuk simak penjelasannya berikut ini :  

Ada Dua tipe diabetes yang perlu Anda ketahui :
Dalam pembahasan ini ada dua tipe diabetes, yakni diabetes tipe 1 dan tipe dua. Pada diabetes tipe 1, kekebalan tubuh penderita menyerang pankreas yang memproduksi insulin. Apabila Tanpa adanya insulin, tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energy dalam tubuh. Maka oleh sebab itu, penderita diabetes tipe ini bergantung pada insulin yang disuntikkan secara berkala.

Sedangkan pada diabetes tipe yang ke 2 ini. untuk yang kedua ini pankreas masih memproduksi insulin hanya saja jumlahnya tidak mencukupi dalam tubuh. Diabetes tipe ini yang paling umum terjadi dan dapat dikendalikan dengan pola makan yang sehat dan hidup yang teratur.  Untuk berdamai dengan diabetes, terapkan CERDIK dalam kehidupan keseharian.

Cek Kesehatan secara teratur, dengan rutin mengeck kadar gula darah, maka kita bisa selalu waspada
Enyahkan asap rokok, rokok sudah terbukti tidak bermanfaat dan menjadi pencetus berbagai penyakit
Rajin berolahraga. Olahraga yang cocok bagi penderita diabetes adalah yang tidak terlalu berat dan ekstrem. Akan tetapi harus rajin dan rutin berolahraga, hal ini bertujuan supaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Olah raga yang bisa dilakukan seperti halnya Jalan kaki, kemudian joging, lau senam.selain itu Anda bisa olah raga renanang sebab renang adalah olahraga yang direkomendasikan oleh para dokter.
Diet seimbang. Aturlah pola makan yan baik. Perbanyak buah dan sayuran. Porsi karbohidrat yang terukur.
Istirahat Cukup. Ini penting agar tubuh tetap segar.
Kelola stress. Tak ada orang yang terbebas dari stress tapi dengan mengeali sumber stress, maka kita dapat mengelolanya dan mengarahkan ke hal positif.

Untuk Berdamai dengan diabetes  maka aturan makan penderita diabetes memang agak ketat. Dalam hal ini makanlah tiga kali sehari dengan porsi  yang tak berlebihan. Apabila Anda masih lapar, maka makanlah kudapan yang tidak mengandung banyak gula. Misalnya saja buah semangka atau camilan yang rendah gula. Hal ini khusus bagi Anda penderita diabetes. Kemudian juga Anda perlu  hindari makanan yang banyak mengandung gula. Makanan tersebut seperti kue-kue dan es krim atau minuman manis instan.

Hal paling penting ialah tetap hidup sehat Berdamai dengan diabetes. Maka jagalah pola hidup yang sehat. 

No comments:

Post a Comment