Portal Tokoh Inspiratif, Energi Inspirasi Baru



Setiap hari adalah baru dan setiap hari kita bisa banyak mendapatkan inspirasi untuk berbuat atau menjadi lebih baik dari hari kemarin. Membuka media social, saya menemukan banyak hal yang menginspirasi. hal yang menginspirasi bagi saya serasa energi baru. Seperti Hesteg Jumat berkah.  Saya senang membaca kicauan dengan hesteg jumat berkah karena mampu memberi saya inspirasi yang menghangatkan hati.  Kalau kalian? Darimana bisasnya dapat inspirasi? Eh inspirasi juga bisa kita dapat dari orang-orang terdekat kita. Orangtua adalah tokoh inspiratif yang banyak dijadikan panutan.  Sayang situasi dan keadaan kadang mampu mengubah hal-hal yang menginspirasi menjadi medan “perang”

Di tengah hingar bingar tahun politik, tiba-tiba membuat semua orang menjadi ahli. Ahli komen atau tepatnya menjadi komentator. Komen sana-sini. Komentarnya bukan mengkritisi tapi lebih pada berisi data dan fakta yang sumir. Lebih celaka lagi, banyak yang saling menyerang dengan menyebarkan kebencian yang memancing kemarahan. Seperti tak adalagi sesuatu yang bisa menjadi inspirasi yang baik. Entah tokohnyanya maupun pernyataannya.
Jika menilik makna inspirasi, maka Kamus Besar Bahasa Indonesia/KBBI menuliskan berarti ilham. Jika ditelusurui lebih jauh, salah satu makna ilham adalah sesuatu yang menggerakan hati untuk mencipta.


Maka Tokoh Inspiratif adalah seseoarang yang karena karya dan pemikirannya mampu menggerakan hati orang lain untuk juga berkarya dan menghasilkan sesuatu yang berarti bagi orang lain. Persoalannya semua bergantung pada hati nurani, masing-masing. Apa yang mampu menggerakan hatinya, juga bergantung pada wawasan pengetahuan, keimanan dan karakter dalam diri. Portal Tokoh Inspiratif, Energi Inspirasi Baru. Portal Tokohinspiratif.Id adalah wadah terhubungnya para individual yang telah berbuat baik dan beri Inspirasi bagi Bangsa dan kemanusiaan.  Didirikan sekumpulan individual & organisasi yang memiliki kepedulian terhadap masa depan Bangsa.  Portal ini berisi  profile para tokoh yang sudah berbuat nyata dengan karya dan pemikiran mereka.


Tujuan dan harapan dari portal Tokohinspiratif.ID  agar semakin banyak orang berperan menginspirasi  masyarakat  Indonesia supaya menjadi  lebih baik dan berkarya nyata. Dalam portal ini ada 11 kategori, mulai dari seniman, pejuang lingkungan hidup, pejuang dalam bidang hukum, antropologi dan banyak lagi. Silakan mampir dan bukan orta Tokohinspiratif.ID, anda akan menemukan banyak tokoh. Hebatnya lagi, para tokoh ini banyak yang masih terbilang muda namun karya nyata dan pemikirannya sungguh menginspirasi.

Tokoh inspiratif dunia maupun lokal Indonesia sangat banyak. Sebagian kisah, karya dan pemikirannya yang ada sejak muda namun kita kenal setelah mereka meninggal. Tapi dalam portal TokohInspiratif.ID ini, berisi orang-orang muda yang dengan pemikiran dan karya nyatanya mampu menggerakan orang lain. Saya percaya besar kemungkinan mengubah dunia.



Dalam peluncuran portal TokohInspoiratif.ID di Hotel Moressey, Jakarta ( 9 Agustus 2018) dihadiri para tokoh inspiratif itu sendiri, para penulis profile mereka, dan para penilai yang menyatakan mereka tokoh inspiratif.  Jadi siapakah tokoh inspiratif itu? Bisa siapapun bahkan kita bisa mengusulkan siapa sosok yang dianggapt tokoh inspiratif. Setelah melelaui serangkaian penilaian dari pemikiran dan karya nyatanya dan dinyatakan lolos, maka akan ada penulis yang menuliskan profile mereka.


Yang membuat portal tokohinspiratif.Id ini bermanfaat adalah menghubungkan para tokoh dengan masyarakat luas. Kita bisa menghubungi mereka, baik berkonsultasi maupun berdiskusi. Kalau menurut Sosiolog Imam Prasojo, Portal TokohInspiratif.ID menghubungkan para tokoh inspiratif dengan masyarakat luas. Bahwasannya pemikiran dan karyanyata para tokoh inspiratif dalam portal ini bukan sekadar tulisan untuk dibaca. Tapi bisa mengubungkan dengan masyarakat yang mempunyai persoalan yang sama untuk mencari solusi dari ahlinya.

Sebagian besar tokoh inspiratif dalam portal ini, kita kenal lewat media massa. Bahkan kita kenal dari diskusi-diskuis di ruang-ruang watss app tanpa mengetahui dengan jelas siapa mereka dan apa yanbg sudah dan sedang mereka lakukan. Salah staunya Merah Johan Ismail, dari Koordinatir Nasional Jaringan Advokasi Tambang (Jatam). Kiprahnya saya dengar dari salah seorang kawan di salah satu LBH. Perjuangan Bang Merah, barangkali kalau dilihat dari cakupan wilayah tidak besar. Tapi apa yang dilakukan mempunyai dampak besar mengingat Indonesia mempunyai banyak tambang.


Bang Merah memberikan pernyataan: “Ada ratusan Surat Izin Usaha Pertambangan (SIUP) yang terbit menjelang Pilkada Serentak 2018. Saat ini sudah ada sekitar 171 izin tambang di berbagai daerah sejak tahun 2017 hingga 2018”

Pernyataan Bang Merah langsung menaikan suhu politik. Karena usaha tambang dan kebijakan yang dikeluarkan, selalu lekat denga persoalan politik. Nah loh.  Mau tau lebih jauh dengan gerakan orang muda, ayo, akses semua informasi dari portal ini dan jangan ragu usulkan orang-orang yang mampu nenggerakn perubahan untuk Indonesia yang lebih baik.


Kalau saya tuliskan semua , nggak seru.  Soalnya emang banyak banget kisah yang membuat saya bersemangat dan bertekad ingin melakukan hal-hal lebih baik. Karena lingkaran kebaikan tidak boleh terputus dan mari kita terus menginspirasi orang lain.

5 comments:

  1. Terharu dan salut dengan perjuangan tanpa henti juga tanpa pamrih para tokoh yang tak terekspos ini

    ReplyDelete
  2. saya yakin diluar sana banyak orang-orang keren yang menginpirasi hanya sayang saya ga tau

    ReplyDelete
  3. daripada puyeng liat post di sosmed mendingan ngintip web ini ya bun... lebih bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Berbuat nyatanya itu lho yang kadang kadang sekarang masih jarang kita temui. Orang hanya pintar teori dan ngomong. Lebih baik begini, tak ada bunyinya tapi berprestasi.

    ReplyDelete
  5. Semoga akan semakin banyak tokoh tokoh yang lahir, yang bisa menginspirasi untuk memajukan Indonesia dan terus membawa pada kebaikan orang banyak.

    ReplyDelete