Tips Pindah Rumah Nyaman Tanpa Stress



Ayo, kamu masuk tim yang mana/ beli rumah kemudian nikah atau nikah dulu baru beli rumah? Saya  beli rumah dulu baru nikah. Nah ceritanya, dengan uang yang ada, saya membeli rumah di kawasan nun jauh di Tangerang. Belinya sekitar 3 tahun sebelum menikah. Di beli dengan cara mencicil. Tapi saya jual kembali, rumah itu belum pernah ditempati.

Sejak menikah hingga sekarang, saya tetap seorang kontraktor. kontrak sana-kontrak . Karena ternyata rumah yang saya beli dengan keuangan yang saya miliki saat itu, hingga sekarangpun tetap terasa jauh. Karena aktifitas keseharian saya tetap arahnya kota Jakarta. Dulu saat masih berkantor, bahkan saya harus keliling Indonesia. Sehingga pilihan mengontrak rumah yang letaknya dekat keluarga. Artinya dekat rumah orangtua saya dan kakak-adik. Ini untuk memperlancar sistim back up. Saat saya ke luar kota. saya sangat membutuhkan keluarga untuk ikut mengawasi dan menjaga anak-aak yang saat itu berusia balita.

Sejak menikah, saya sudah 3 kali pindah rumah. Pertama kali pindahan dari rumah orangtua ke kontrakan, usai 1 bulan menikah. Nggak repot karena nggak ada barangnya. Pindah rumah kedua, sudah ada anak dua. Barang sudah lumayan punya. Karena saya sudah sering melihat orang pindah rumah, santai aja. 

Ini beberapa tips pindah rumah yang nggak bikin stress.

1. Sediakan banyak karung plastik, kardus, tali rafia, spidol.
2. Masukkan buku-buku, peralatan RT, pajangan dinding, baju ke karung atau kardus. Lalu berikan judul dengan spidol. Misalnya Baju dari lemari coklat. baju dari lemari hitam, Buku dari rak kamar 1, Peralatan dapur-Piring dan gelas. Perlatan dapur-panci, wajan dll.
3. Saat pindahan, tentukan barang-barang untuk kamar dan dapur lebih dulu diangkut.
4. Ketika barang tiba di rumah baru, saat diturunkan langsung letakan ditempat yang ditentukan. Tempat tidur, lemari baju, meja rias langsung di kamar. Meja belajar dan rak buku langsung di kamar masing-masing anak. peralatan dapur langsung di dapur. Meja makan langsung di ruang makan. Sofa langsung di ruang tamu.

Pindahan itu melelahkan tapi nggak bikin saya stress. Karena saya orang yang tipe easy going. yang penting kamar tidur dan dapur langsung berfungsi. jadi saat lelah, sudah bisa tidur nyaman. mau makan dan minumpun tidak susah.

membereskan yang lain-lain santai saja. nggak ada yang perlu cepat-cepat. menata baju ke lemari, menata ruang tamu, seiring hari berlalu. Jika harus pergi meninggalkan rumah, ya pergi saja. Toh lemari baju sudah beres.

Dengan cara seperti yang saya tulisakan di atas, rumah bisa rapi kurang dari seminggu. Bahkan saya sekalian bisa menyortir barang tak terpakai. Biasanya isi gudibag. Berupa payung, blok note, bolpoint. Bisa sekaraung. nah itu saya berikan kepada yang membantu saya pindahan. Termasuk baju dan sepatu yang baru sadar sudah tidak dipakai lagi.

walau cuma rumah kontakan, saya tetap menganggap rumah sendiri dan merawatnya dengan baik. Karena My home is my castle. Kenyamanan di rumah, saya dan keluarga yang membuatnya. salah satunya dengan perlindungan asuransi.

Dok: https://images.freeimages.com/images/large-previews/37f/house-fire-3-1519596.jpg


HappyOne.id, jasa asuransi yang memiliki 4 produk sesuai kebutuhan. Kita bebas memilih mana yang diprioritaskan. Ke 4 produk tersebut adalah
1. Happy Me
2. Happy Edu
3. Happy Home
4. Happy Trip.

Sekilas saya sudah pernah mengulasnya di sini

Walau cuma rumah kontrakan saya tetap harus melindungi. karena sebagai pengontrak saya menangung resiko besar jika terjadi kecelakaan. Harus membayar ganti rugi secara keseluruhan. ya, karena itu bukan rumah saya. makanya saya bersyukur ada asuransi, sehingga beban resiko bisa saya pindahkan ke asuransi.


Saya pernah mengulasnya di sini

Pada dasarnya kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Jangan merasa jika berada di rumah, maka semuanya aman. Lupa mematikan kompor, lupa mencabut setrikaan, ada dua kejadian membahayakan yang sering saya dan suami lakukan. Entah sudah bearpa banyak panci yang harus di buang. Sejak itu, saya takut banget kelalaian bisa menghangus rumah. #HappyHomes, produk asuransi dari HappyOne.ID menjadi pilihan perlindungan buat rumah yang kami kontrak.




HappyHome FIT

Memberikan perlindungan bagi rumah tinggal akibat terjadinya FLEXAS (Fire, Lightning, Explosion, Impact of Aircraft, Smoke) berupa biaya penggantian risiko.

Dilengkapi manfaat tambahan lainnya, yaitu:

Biaya tempat tinggal sementara.
Biaya pembersihan puing.
Biaya pemadam kebakaran.

Santunan pembelian perabotan kembali akibat kebakaran.

Mau yang lebih lengkap bisa ambil manfaat paket


HappyHome PLUS

Memberikan perlindungan lebih lengkap dan menyeluruh untuk rumah akibat risiko FLEXAS dengan memberikan manfaat tambahan lainnya berupa:

Jaminan atas risiko Riot, Strike, Malicious Damage, dan Civil Commotion (RSMDCC).
Jaminan atas risiko tertabrak kendaraan .
Tanggung Jawab Hukum (TJH) pihak ketiga.
Jaminan atas risiko kecelakaan diri akibat kebakaran.
Biaya pengobatan akibat kebakaran.
Santunan biaya pemakaman akibat kebakaran.
Biaya tempat tinggal sementara.
Biaya pembersihan puing.
Biaya pemadam kebakaran.
Biaya arsitek, surveyor, dan konsultan.
Santunan pembelian perabotan kembali akibat kebakaran (minimum kerusakan 50%).

Syarat dan Ketentuan Umum

Berlaku untuk rumah tinggal, maksimum 3 lantai
Harga Bangunan yang dapat dijamin minumum 250juta dan maksimum 1M.
Bangunan termasuk kategori Kelas 1, yaitu apabila dinding, lantai dan semua komponen penunjang strukturalnya terbuat seluruhnya dan sepenuhnya dari bahan- bahan yang tidak mudah terbakar, seperti terbuat dari batu bata, beton, baja ringan. Jendela, pintu dan kerangkanya, dinding partisi, dan penutup lantai boleh diabaikan.
Rumah didirikan sesuai dengan ketentuan hukum, memiliki IMB.
Minumum jarak (jalan/tanah kosong) dengan pasar/pom bensin/industrial (manufacturing) adalah 15 meter.
Polis asuransi kebakaran happyHome hanya bisa dibeli satu kali untuk satu periode yang sama.

Nah dengan memiliki asuransi perlindungan rumah, di rumah atau saat meninggalkan rumah, saya bisa tetap merasa tenang dan nyaman. Karena saya sudah meiindahkan resiko ke asuransi. Rumah bukan tempat berlindung dari panas dan hujan tapi rumah juga tempat kita pulang dan berkumpul membangun kehangatan keluarga.

No comments:

Post a Comment