RS Premiere Bintaro, Destinasi Wisata Kesehatan


Berwisata ke rumah sakit? Mengapa tidak?  Melansir magazine.medicaltourism.com, tujuan #wisatakesehatan dan kebugaran adalah perawatan medis dan kesehatan kecantikan, pemulihan relaksasi dan perawatan. Wellness tourism mencakup konsumen yang melakukan perjalanan untuk menjaga kesejahteraan dan kepuasan hidup mereka melalui pengalaman perawatan yang sehat.

Wellness Tourism Association melaporkan wisata kesehatan merupakan segmen yang relatif baru dari industri pariwisata yang sangat luas. Konsep perjalanan kesehatan ini mulai muncul sekitar 2004-2005 dan diluncurkan pada 2008.

Sumber:





Kamis, 9 Juni 2022, saya mengikuti Blogger & Vlogger Ggathering di RS Premiere Bintaro yang diikuti 50 Blogger dan Vlogger untuk diskusi kesehatan seputar Scoliosis. 

Tepat pk. 09.00 pagi kami di bagi menjadi 5 kelompok untuk mengikuti tur RS Premiere Bintaro. Memasuki lobby RS Premiere Bintaro, langsung berhadapan dengan Meja resepsionis yang rapi, bersih dan menarik. Di kiri kanan loby diapit, Klinik rawat jalan dan Skin and laser Clinik.




Memasuki area lobi ada robot Darby, Ikon RS Premiere Bintaro yang berbentuk rusa, lalu lalang siap menyapa dan membantu konsumen yang datang. Robot Darby bisa memberikan banyak informasi seperti yang terdapat pada Website RS. Premiere Bintaro. RS Premiere Bintaro bagian dari Ramsay Sime Darby Health care. Jadi pahamkan dari mana asal nama ikon RS Premiere Bintaro, Darby.

Pada robot Darby, konsumen bisa mencari informasi berbagai layanan, jadwal dan nama dokter sesuai tujuan. Robot Darby juga bisa berjalan dan mengantar konsumen sesuai tujuan. 


Sesuai judul catatan saya, RS Premiere Bintaro, Destinasi Wisata Kesehatan karena memasuki rumah sakit ini, mulai dari halaman, ke lobi lalu ke berbagai fasilitas layanan kesehatan, tidak seperti memasuki rumah sakit. Aroma yang menguar di udarapun lebih ke aroma terapi, sehingga berasa nyaman dan tenang. Menyusuri belakang meja resepsionis, mengantar konsumen pada ruang duduk terbuka dan beberapa merchan resto yang menyajikan aneka kudapan dan minuman. Seperti memasuki mall. Bahkan persis sebelah kiri pintu masuk lobi, ada merchan coffee kekinian yang aroma kopinya sangat menggoda. jadi anda bisa nongkrong cantik bersama bestie di area RS Premiere Bintaro sambil ngopi. Eh di salah satu sudut lobi juga ada ruangan yang melayani pembuatan visa bagi anda yang akan ke luar negeri untuk menindaklanjuti pengobatan. 


RS Premier Bintaro telah siap menjalankan program  Wisata Kesehatan (Health Tourism) di Indonesia dalam hal layanan unggulan Skin & laser serta Sport Clinic. 

Layanan unggulan RS Premier Binatro:

1. Skin and laser Clinic
2. Stroke Center
3. Radiologi Center
4. Vascular Center
5. Sleep Clinik
6. Orthopedic Center:
- Spine Center
- Hand Clinik
- Artroplasty
- Sport Clinik

Karena keterbatasan waktu, para Blogger dan Vlogger tidak bisa melihat semuanya. Saya berkesempatan masuk dan melihat beberapa fasilitas, diantaranya:


Skin & Laser Clinic berfokus pada pelayanan dengan menggunakan teknologi Laser Fotona generasi terbaru. Adapun beberapa manfaat dari penggunaan Laser Fotona generasi terbaru ini, diantaranya peremajaan kulit, mengurangi bekas jerawat, memperbaiki kulit kendur, mengurangi kerutan halus dan pigmentasi, hair removal, varises, snoring / mendengkur, dan vagina rejuvenation.



Sport Clinic  hadir untuk memberikan layanan yang terpadu dan komprehensif untuk penanganan seluruh masalah-masalah yang timbul sehubungan dengan aktivitas olahraga. Menurut dr. Jefri, sport center Rs Premiere Bintaro melayani atlet dan orang-orang yang suka berolahraga dan memerlukan penanganan yang berorientasi untuk dapat berolahraga lagi dengan bugar. Jadi bukan sekadar menangani kesembuhan akibat cedera tapi bagaimana mengoptimalkan pasien sesudah pengobatan agar bisa tetap melakukankan olahraga.



Stroke Center merupakan unit pelayanan komprehensif pasien stroke yang dilakukan oleh tim multidisipliner serta kombinasi terapi untuk perawatan akut dan rehabilitasi dini. Unit stroke tersebut melayani pasien stroke fase akut. Setelah melewati fase akut, pasien stroke akan dipindahkan ke ruang perawatan biasa dan dipersiapkan juga perencanaan saat pasien pulang. Layanan Stroke Unit menangani kegawatdaruratan stroke yang membutuhkan kecepatan waktu penanganan bagi pemulihan pasien atau yang kita kenal dengan istilah Golden Period. Layanan ini akan menjadi salah satu center of excellence dari Rumah Sakit Premier Bintaro.



Radiologi Center dengan peralatan MRI 3 tesla terbaru dengan kemampuan menampilkan citra yang lebih jelas dan lebih detil.

Health Talk:



Usai berkeliling, dilanjutkan ngobrol bersama dr. Asrafi Rizki Gatam, Sp.OT Spesialis Bedah Orthopedi Spine RS Premier Bintaro, seputar scoliosis, yaitu kelainan tulang belakang. Skoliosis itu idiopatik atau tidak bisa bisa dipastikan penyebabnya. Ada juga penderita skoliosis yang kebetulan keadaannya juga terjadi pada keturunannya.

Dikutip dari https://t.co/3pmRpg3hg8 scoliosis,  sebuah kelainan pada tulang belakang yang menyebabkan tulang belakang  melengkung, akan menarik tulang rusuk keluar dari posisinya & membuat otot-otot punggung tegang. Tanda-tanda yang terlihat jika seseorang terkena scoliosis adalah postur tubuh tidak normal, pinggul tidak rata, bahu lebih tinggi dari sebelahnya, dan tulang belakang tidak lurus.

Penderita scoliosis ringan,  dapat diobati dengan fisioterapi atau menggunakan alat bantu braces. Sedangkan untuk penderita skoliosis berat maka bisa ditindak lanjuti dengan operasi. Pasien scoliosis yang harus dioperasi  jika sudah mencapai kurva lima puluh derajat atau jika tulang belakang sudah terlihat berbentuk huruf ‘S’ sempurna. skoliosis bisa terjadi pada siapa saja, namun lebih banyak terjadi pada wanita pada usia pertumbuhan dan khususnya saat menstruasi.



 


Sekarang nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri jika ingin menikmati fasilitas kesehatan dengan layanan dan tenaga medis yang berkualitas. RS Premiere bintaro memberikan layanan dengan mengutamakan kenyaman pasien. 

1 comment: