Alfamart Dukung Bebas Sampah Plastik Lewat Tas Tasini




Alfamart Dukung Bebas Sampah Plastik Lewat Tas Tasini. Alfamart salah satu mini market modern yang turut menggerakan roda perekonimian, juga peduli pada lingkungan hidup. Alfamart selama ini, memberikan tas kresek/tas plastik untuk masyarakat yang belanja secara gratis. Namun kesadaran berpartisipasi dalam mengurangi sampak plastik, membuat Alfamart membuat kebijakan "berbayar" atas tas kresek/tas plastik  sebesar Rp. 200,-.

Sebenarnya kalau dilihat dari nilainya Rp. 200,- kecil banget. Tidak sedikiit masyarakat yang mengiyakan saja ketika tas kresek/tas plastik untuk bawa belanjaan dikenakan harga. Sesungguhnya persoalannya bukan itu. Harga rp. 200,- memang kecil tapi tujuan utamanya mengubah kebiasaan dan pola pikir masyarakat. Untuk apa bayar kalau tas kresek/tas plastik bekas belanja di alfamart ada banyak di rumah. Tas kresek/tas plastik itu bisa dipakai berulang. Tapi karena tipis, jelek ya cuma jadi kantong sampah dan sampah itu sendiri.

Nagita slavina/Mama Rafathar alias istri Rafy Achmad yang juga Brand Ambasador Alfamart membagikan pengalamannya dalam pengurangan penggunaan tas kresek/tas plastik. Ternyata Gigi sudah lama membiasakan membawa tas belanja sendiri. Gigi menyambut senang adanya tas tasini. gigi sudah mengincar si Biru hiu yang namanya Shark untuk anaknya Rafathar  dan Si Oktopus, Olivia yang berwarna pink untuk dirinya sendiri. kali ini diluncurkan tas tasini dalam 3 karakter hewan. Shark, si hiu berwarna biru, Olivia,si  Oktopus berwarna pink dan Theo si kura-kura berwana hijau.



Beberapa tahun lalu memang pecinta lingkungan berhasil mendapat suport dari banyak toko yang bersedia mengurangi sampah plastik dengan menghilangkan fasilitas penyediaan sedotan/straw dan kantong kresek/tas plastik berbayar. Berhasilkah?  ENGGAK.  Lalu apakah para pecinta lingkungan ini berhenti? ENGGAK juga. Mereka tetap peduli dan melanjutkan perjuangan.

Making Ocean Plastic Free, sebuah institusi yang didirkan empat sekawan. dua orang Indonesia dan dua orang Jerman. Mempunya keinginan berpartisipasi membebaskan lautan dari sampah plastik, membuat mereka menciptakan tas tasini. Kabar menyedihkan bagi kita masyarakat Indonesia. karena Indonesia no 2, sebagai negara penyumbang sampah plastik di lautan. Nah kesempatan nih, cek deh plastik-plastik di rumah. Sudah bijakkah kita dalam menggunakan peralatan yang terbuat dari plastik?


Apa sih tas Tasini itu?
Tas Tasini adalah tas /kantong yang terbuat dari bahan daur ulang dalam hal ini botol/kemasan plastik. Jadi bisa dibilang tas tasini terbuat dari bahan tak terpakai (Dalam hal ini plastik) agar jumlah plastik berkurang. Kita tahu, plastik nyaris tidak bisa dihancurkan hingga ribuan tahun. dengan didaur ulang, selain mengurangi penggunaan plastik sekaligus meminimalkan sampah plastik.



Lalu keistimewaannya? Di buat/dikemas dalam bentuk karakter hewan lucu, diberi cantelan/gantungan sehingga bisa digantung di tas. Jadi tas tasini ini bisa digantung di tas, harapannya tas tasini selalu di bawa ke mana-mana. Karena bentuknya hewan lucu, jadi mepercantik tas. secara estetika tas tasini bentuknya cantik dari segi manfaat mempunya manfaat besar yang bisa membuat masyarakat mengurangi penggunaan tas kresek/tas plastik.



Tas Tasini, dikembangkan 4 sekawan   yang berasal dari Jerman dan Indonesia,  yang juga  pendiri inisiatif lingkungan Making Oceans Plastic Free.  terinspirasi oleh latar belakang  yang berbeda. Roger mempelajari cara-cara mengurangi penggunaan kantong plastik dalam proyek penelitian PhD; Pari memegang gelar dalam Biologi dan meneliti masyarakat Indonesia sebagai antropolog budaya; Adith berkonsultasi dengan pemerintah dan bisnis tentang produksi yang lebih bersih; dan Lia merancang produk yang menyenangkan dan kreatif.

Itulah sesungguhnya tujuan dari 4 sekawan yang menginisiasi pembuat tas tasini. Diharapkan tas tasini menjadi solusi pengurangan sampah plastik. Dengan menjadi distributor dan menjual tas tasini di semua store/toko, Alfamart Dukung Bebas Sampah Plastik Lewat Tas Tasini. Harganya sangat terjangkau, cuma Rp. 39.900. Ya mahal dong, dibanding tas kresek/tas plastik yang cuma rp. 200,-. Duh, mak-Emak yang kece, tas tasini tidak mudah rusak, jadi bisa digunakan berulang-ulang. 



Saya beruntung bisa bertemu dan mendengar alasan Roger, salah satu dari 4 Sekawan yang memproduksi tas tasini. Roger menjelaskan proses pemuat tas tasini yang membutuhkan teknologi modern dan memiliki tingkat kerumitan tinggi. Alfamart memfasilitas penjualan tas tasini di semua store alfa dengan nol margin. Artinya tanpa mengambil keuntungan. hal itu memperkuat komitmen Alfamart yang memang ingin mendukung gerakan pengurangan sampah plastik agar tercipta lingkungan hidup yang lebih baik.

Bicara lingkungan hidup maka diperlukan komitmen semua pihak. Bersama-sama kita bisa menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik. mari ikut berpartispasi dan ambil bagian pengurangan sampah plastik dengan membeli dan menggunakan tas tasini. Dukung Making Ocean Plastic Free, kita bisa membeli tas tasini untuk digunakan sendiri atau  menjadikan sovenir. karena pada tas tasini bisa dicetak, nama atau logi perusahaan.










1 comment: