HUT ke-47 Kerukunan Keluarga Kawanua, Menyalurkan Bansos dan Gelar Ibadah On Line


Di masa Pandemi Covid-19, Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) yang tahun 2020 memasuki usia 47 tahun. Dalam rangka mensyukuri usia organisasi menggelar berbagai kegiatan. Mulai dari pembagian bahan kebutuhan pokok (Bansos didistribusikan 12 Juni 2020), ibadah syukur sekaligus, perayaan Paskah, Kenaikan Isa Alamasih dan Pentakosta. Diselenggarakan secara online di akun media sosial, seperti facebook, instagram dan youtube, disiarkan  dari Gereja GPIB Paulus, Jakarta-Pusat, Sabtu 13 Juni 2020.

Penyelenggaraan kegiatan dilaksanakan oleh Panitia yag diketuai Marsma TNI Donald Kasenda, ST, SIP, MM dan Sekretaris Panitia Dr. Donald R. Pokatong, Ir, MSc dan Bendahara Panitia Debby Watuliu-Dumais serta dibawah arahan Brigjen Pol Dr. Winston Tommy Watuliu, MSi selaku Wakil Ketua Umum I DPP KKK. Kegiatan ibadah tersebut sekaligus sebagai puncak acara, terbilang sukses diikuti lebih dari 15 ribu orang. 






Di tengah2 ibadah, ada berita duka, telah meninggal Ibu Juliana Punggu Sompie-Dungus, diusia 88 tahun, almarhumah adalah Ibunda dari Ketum KKK Dr. Ronnie F. Sompie, SH, MH. Seluruh pengurus dari tingkat DPP, DPD, DPC menyampaikan bela sungkawa kepada Bapak Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH dan mendoakan kepada Keluarga Besar Sompie-Dungus yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan penghiburan dari Tuhan.









Selama kegiatan ibadah online berlangsung, banyak kejadian unik dan lucu. Kar
ena himbauan penerapan standar protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker, Panitia dan pihak keamanan mengawasi dengan ketat. Maka tak heran jika agak susah mendapat foto dokumentasi. Bahkan saat penipuan lilin karena tidak boleh ditiup (penyebaran covid-19, salah satunya dari air liur) maka lilin dipadamkan dengan cara dikipas. Begitupun selama kegiatan berlangsung, diwaktu bersamaan hanya boleh dihadiri orang dengan jumlah terbatas.  

Ketum KKK Dr. Ronnie F. Sompie, SH, MH, saat sambutan menginformasikan, bahwa organisasi Kerukunan Keluarga Kawanua sudah memiliki legalitas hukum
Kerukunan Keluarga Kawanua sebagai organisasi berbadan hukum perkumpulan  diakui resmi  pemerintah dan tercatat pada Kementerian Hukum dan HAM sejak September 2014. Juga disampaikan bahwa logo Kerukunan Keluarga Kawanua yang digunakan saat ini sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM sejak bulan September 2013 sebagai 'seni logo' dan pemegang hak cipta adalah atas nama Perkumpulan "Kerukunan Keluarga Kawanua".


Perkumpulan "Kerukunan Keluarga Kawanua". diulang tahunnya yang ke 47 mendapat banyak ucapan selamat,  dari warga Kawanua seluruh dunia dan beberapa tokoh Kawanua dari kalangan TNI-Polri yaitu Marsma TNI Ronny Moningka, ST, MM (Komandan Lanud Roesmin Nuryadin Pekanbaru), Irjen Pol Dr. Petrus Golose (Kapolda Bali), Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, MM (Kapolda Sulut) serta Gubernur Sulawesi Utara, Bpk Olly Dondokambey, SE.



Pada kesempatan tersebut juga diputar videoa lahirnya organisasi KKK. Buat saya ini info penting, agar generasi muda, mereka yang lahir dan tumbuh di luar Kawanua, mengenal asal usul akar budaya asli mereka. Dengan begitu mereka tetap bisa mengenali, mencintai dan memelihara. 

Saya mengikuti ibadah bersama Mama di rumah. beliau sangat senang mendengar musik kolintang dan lagu-lagu berbahasa kawanua. Saya berharap KKK terus bergerak, bertumbuh dan mengasihi sehingga menjadi berkat bagi banyak orang.
#KKKBackturncovid19

Bagi yang tidak sempat mengikuti secara streaming (langsung) tetap dapat menyaksikan di link berikut:

No comments:

Post a Comment